Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan
DAPODIK.co.id - Penilaian
adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai
teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai
sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif.
PanduanPenilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidikdan Satuan Pendidikan
|
Oleh karena itu, meskipun informasi
dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi
tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus
akurat untuk menghasilkan keputusan.
Pengumpulan
informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan
instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masingmasing.
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai
kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik.
Panduan
penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan
hal-hal berikut.
1.
Merencanakan,
mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian
hasil belajar;
hasil belajar;
2.
Menganalisis
dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta
memanfaatkan hasil penilaian;
memanfaatkan hasil penilaian;
3.
Menerapkan
program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai
KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai
KKM; dan
KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai
KKM; dan
4.
Melaksanakan
supervisi penilaian.
Demikian
yang dapat admin bagikan kali ini, jika bapak/ ibu guru ingin mendapatkan file
panduan penilaian kurikulum 2013 ini, silahkan kunjungin link yang tersedia di
bawa ini.
AYE |
Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.