Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan

DAPODIK.co.id - Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. 

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan
PanduanPenilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidikdan Satuan Pendidikan

Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.

Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masingmasing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik.

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut.

1.    Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian
hasil belajar;


2.    Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta
memanfaatkan hasil penilaian;


3.    Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai
KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai
KKM; dan


4.    Melaksanakan supervisi penilaian.

Demikian yang dapat admin bagikan kali ini, jika bapak/ ibu guru ingin mendapatkan file panduan penilaian kurikulum 2013 ini, silahkan kunjungin link yang tersedia di bawa ini.

https://drive.google.com/open?id=1JKhFCpSWpWdbszQ6GlSN5xeU-a5Aiv7I
AYE

Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan"