Cara Mudah Bagi Guru Untuk Mengumpulkan Tugas Siswa Secara Online
DAPODIK.co.id, Cara Mudah Bagi Guru Untuk Mengumpulkan Tugas Siswa Secara Online. Sahabat guru dimanapun anda berada, tahun new merupakan tahun yang boleh dikatakan tahun modern abad 21 kenapa dikatakan tersebut, karena tahun ini pemerintah baik dari pusat, propinsi bahkan kabupaten semuanya menggunakan internet. khusus di bidang pendidikan, banyaknya lahir aplikasi-aplikasi pendidikan ini di berikan dengan kebijakan agar guru dapat melaksanakan pendidikan dengan mudah melalui internet.
Cara Mudah Bagi Guru Untuk Mengumpulkan Tugas Siswa Secara Online |
Pembelajaran jaman sekarang yang serba berbasis internet
seharusnya memberikan kemudahan bagi guru dan siswa. Perkembangan fasilitas
yang diberikan oleh pengembang situs semakin disempurnakan dan bisa
dimanfaatkan dengan lebih maksimal.
Kali ini admin akan berbagi untuk sahabat-sahabat yang berprofesi sebagai
pendidik untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh google dalam rangka
mengumpulkan tugas siswa secara online.
Mungkin sudah banyak diantara guru yang memanfaatkan
internet atau email untuk mengumpulkan tugas siswa, sehingga tidak perlu
dokumen dikumpulkan secara manual. Disamping tidak efisien juga menghemat
waktu.
Bayangkan kalau dulu sebelum ada internet setiap
pekerjaan/tugas siswa yang dikumpulkan dalam bentuk print out atau tulisan tangan oleh guru akan menjadikan meja guru penuh tumpukan kertas, belum lagi kalau tulisan anak
yang sulit dibaca, akhirnya guru tidak bisa memeriksa pekerjaan siswa secara
teliti.
Setelah adanya internet, banyakk guru memanfaatkan email
dalam mengumpulkan tugas siswa. Ini lumayan efisien, tetapi masih juga guru
harus repot untuk membuka dan download satu persatu setiap email masuk dari
siswa dan menyimpanya dalam kumputer/laptop pribadi.
Sekarang dengan pengembangan fasilitas google
memberikan tambahan fitur untuk upload dokumen dalam form google. Fasilitas ini
dapat dimanfaatkan oleh guru dalam mengumpulkan setiap tugas siswa, sehingga
ketika para siswa mengupload file/dokumen maka akan terkumpul dalam satu folder
pada drive.google. Guru tinggal buka atau download semua file.
Cara ini jauh lebih efisien dan mudah.
Berikut ini admin akan memberikan bagaimana cara membuat form
untuk mengumpulkan tugas siswa.
Langkah-langkahnya adalah :
- Buka http://drive.google.com
- Login dengan akun @gmail sahabat, jika sebelumnya anda sudah posisi login
pada @gmail.com maka ketika membuka laman drive.google.com tidak perlu
login, karena secara otomatis sudah login. Jika sahabat ingin meletakkan form
pada My Drive / Drive Saya langsung bisa dibuat formnya disini. Tapi jika
ingin meletakkan form pada folder khusus, maka langkah pertama harus buat
folder dulu.
- Cara membuat folder adalah cukup klik +New/+Baru di
pojok kiri atas kemudian pilih Folder , beri nama folder kemudian
klik Create/Buat
- Selanjutnya sahabat bisa membuka folder tersebut sehingga posisinya
adalah My Dive/Tugas Siswa
Pada Folder ini sahabat buat form dengan langka sebagai berikut :
- Selanjutnya
Klik +New/+Baru di kiri atas
- Pilih Lainnya/More kemudian
pilih Google Formulir/Google Form
- Berikutnya
akan tampil halaman untuk membuat form. Isi judul form pada kolom Untitle
Form, misalkan Tugas Siswa, kemudian klik tulisan Untitle form di pojok
kiri atas, maka judul form otomatis akan tampil
- Tulis
penjelasan singkat pada kolom Form discription tentang penggunaan form
ini, misalkan Silahkan kumpulkan tugas melalui form ini
Berikutnya membuat pertanyaan atau perintah caranya :
- Tulis
pertanyaan/perintah pada kolom Question misalkan Nama
- Pilih
jenis jawaban Short answer
- Aktifkan Required (wajib diisi)
Tambah pertanyaan/perintah baru untuk pilihan kelas,
caranya:
- Klik
add question
- Isi
pertanyaan/perintah dengan Kelas
- pilih
jawaban Multiple choice
- Isi
Option dengan kelas misalkan XI AK1 dan seterusnya
- Aktifkan
Required (wajib diisi)
Tambahkan form untuk upload file buat form baru:
- Tambahkan
form baru
- Isi
perintah, misalkan Silahkan upload file disini
- Pilih
jenis jawaban File upload
- Tentukan
jumlah maksimum jumlah file yang bisa diupload
- Tentukan
maksimum ukuran file yang diupload
- Aktifkan
wajib isi, catatan; jika diijinkan upload file lebih dari satu maka
sebaiknya required dimatikan/tidak aktif. karena jika aktif maka isian
tidak bisa dikirim/submit jika jumlah file yang diupload belum mencapai
jumlah maksimum
D. MENGATUR PESAN
Berikan catatan pesan yang tampil setelah siswa mengirim dokumen/file. Caranya
1. Klik Setting/Setelan di bagian kanan atas
2. Pada setelan klik PRESENTASI
3. Isi pesan Konfirmasi di bagian bawah
4. Kemudian klik SIMPAN
5. Untuk kembali klik tanda X di bagian kiri atas
Berikan catatan pesan yang tampil setelah siswa mengirim dokumen/file. Caranya
1. Klik Setting/Setelan di bagian kanan atas
2. Pada setelan klik PRESENTASI
3. Isi pesan Konfirmasi di bagian bawah
4. Kemudian klik SIMPAN
5. Untuk kembali klik tanda X di bagian kiri atas
E. MENGIRIM LINK
Setelah Form selesai, sekarang kirim link kepada siswa, bisa melalui email, sosmed seperti facebook, massanger atau whatsapp, atau tautkan pada blog/web sekolah.
Untuk mendapatkan link/tautannya caranya sebagai berikut :
1. Klik Kirim di pojok kanan atas
2. Pada halaman Kirim Formulis Klik tanda hyperlink maka akan tampil tautan url yang panjang
3. Untuk memperpendek tautan klik Perpendek URL di bagian bawah
4. Selanjutnya Klik SALIN/COPY untuk mengirim link/tautan kepada siswa
5. Setelah selesai tutup halaman kirim forlmulir dengan klik tanda X di bagian kiri atas
F. MELIHAT HASIL RESPONEN
Jika form sudah dikirim dan siswa sudah mengirimkan tugas, guru dapat memantau , membuka atau mengunduh file yang dikirim siswa. Ada dua jenisnya yaitu data response yaitu siapa saja yang mengirim tugas, dilihat dalam tampilan spreadsheet google. Sedangkan file yang dikirim terkumpul dalam folder Response.
Untuk melihatnya dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Klik TANGGAPAN/RESPONSE
Setelah Form selesai, sekarang kirim link kepada siswa, bisa melalui email, sosmed seperti facebook, massanger atau whatsapp, atau tautkan pada blog/web sekolah.
Untuk mendapatkan link/tautannya caranya sebagai berikut :
1. Klik Kirim di pojok kanan atas
2. Pada halaman Kirim Formulis Klik tanda hyperlink maka akan tampil tautan url yang panjang
3. Untuk memperpendek tautan klik Perpendek URL di bagian bawah
4. Selanjutnya Klik SALIN/COPY untuk mengirim link/tautan kepada siswa
5. Setelah selesai tutup halaman kirim forlmulir dengan klik tanda X di bagian kiri atas
F. MELIHAT HASIL RESPONEN
Jika form sudah dikirim dan siswa sudah mengirimkan tugas, guru dapat memantau , membuka atau mengunduh file yang dikirim siswa. Ada dua jenisnya yaitu data response yaitu siapa saja yang mengirim tugas, dilihat dalam tampilan spreadsheet google. Sedangkan file yang dikirim terkumpul dalam folder Response.
Untuk melihatnya dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Klik TANGGAPAN/RESPONSE
- Klik tanda Membuat Spreedsheet di bagian kanan
- Klik BUAT/CREATE di bagian kanan atas
Untuk melihat renpon/tangapan ada dua cara :
1. Melalui Form Google
1. Melalui Form Google
- Pada Form klik TANGGAPAN/RESPONSE
- Klik Lihat tanggapan di spreadsheet, maka akan tampil jendela respon
dalam bentuk spreadsheet google
2. Melalui Folder Drive Googel
- pada folder drive google carilah nama file spreadsheet responses ,
dalam hal ini contohnya Tugas Siswa (Responses)
- Buka/dobel klik maka akan tampil jendela Melalui(Tangapan)/(Responses) dan akan tampil datanya respon dalam bentuk spreadsheet google
Untuk melihat file yang diupload siswa cukup
membuka folder nama form yang dilengkapi dengan (File Responses) maka semua ada
disana.
Demikian cara yang muda yang bisa di gunakan sahabat guru-guru terkait tutorial bagaimana Cara Muda Mengumpulkan Tugas Siswa Secara Online Bagi Guru. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Demikian cara yang muda yang bisa di gunakan sahabat guru-guru terkait tutorial bagaimana Cara Muda Mengumpulkan Tugas Siswa Secara Online Bagi Guru. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Terima kasih.
BalasHapusSangat membantu
sama-sama juga
HapusTerima Kasih banyak
BalasHapussama-sama dan semoga bisa bermanfaat
HapusJOSSS semoga yang lain bissa..!
BalasHapussip, semoga bermanfaat artikel kami ini
Hapus