Cara Login Aplikasi SISPENA BAN S/M dan BAP S/M (Akreditasi Sekolah) Untuk Sekolah Dasar (SD)
DAPODIK.co.id - Cara Login Aplikasi SISPENA BAN
S/M dan BAP S/M (Akreditasi Sekolah) Untuk Sekolah Dasar (SD). Sispena adalah sistem informasi penilaian akreditasi sekolah berbasis
web, aplikasi sispena bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat
pengguna terhubung dengan internet.
1.
Buka Website Aplikasi Sispena
Ketiklah alamat/ url http://sispena.bansm.or.id ke
browser atau sispena yang bisa digunakan.
2.
Registrasi Akun Sekolah
Setelah terbuka halaman login
Sispena silakan masukkan username serta password standar berupa NPSN “nantinya
pasword dapat diubah saat sudah login”. Pada bagian level pengguna pilih
sebagai sekolah.
Selanjutnya, jika muncul kotak
ceklis / verifikasi gambar maka harus dijawab, kemudian baru bisa login
aplikasi Sispena.
3.
Isi Identitas Sekolah Secara Lengkap
4.
Login ke Beranda Aplikasi Sispena
Setelah melengkapi identitas
sekolah, maka akan masuk ke area penilaian evaluasi diri sekolah, jika pada
menu ini tidak terdapat data atau kosong artinya belum di maping sebagai
sasaran akreditasi tahun berjalan “yang melakukan mapping bukan kita ya, tapi
BAP”. Namun jika terdapat menu penilaian berarti telah disasar sebagai peserta
akreditasi pada aplikasi Sispena.
Bagi yang belum termasuk sasaran
akreditasi jangan khawatir, karena masih tetap dapat mencoba penilaian
berdasarkan instrumen baru dengan memanfaatkan Fitur Simulasi Sispena pada
bagian kiri.
5.
Isi dan Lengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah
Dalam tabel evaluasi
diri sekolah terdapat 6 menu yang harus dilengkapi yaitu Pernyataan
Kepala Sekolah, Prasyarat Akreditasi, Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi
Pendukung (IPDIP), Photo Pendukung, Penilaian EDS dan Kartu Kendali.
Pernyataan Kepala Sekolah
Prasyarat Akreditasi
Photo Pendukung
Input Evaluasi Diri Sekolah
Kartu Kendali
Cara Login Aplikasi SISPENA BAN S/M dan BAP S/M (Akreditasi Sekolah) Untuk Sekolah Dasar (SD) |
Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional
Sekolah/ Madrasah (BAN S/M). Aplikasi sispena BAN-BAP SM dapat diakses tidak
hanya menggunakan komputer PC/Laptop aplikasi tetapi juga dapat menggunakan
Ponsel Pintar (Smartphone) dan Tablet.
Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP S/M merupakan sebuah sistem yang
menggunakan multilevel user. Dimana dalam penggunaanya setiap user akan
dibedakan menjadi 4 Level. diantaranya adalah 1) Level Sekolah : yaitu
digunakan oleh user yang mewakili masing-masing sekolah, dimana pada level ini
konten yang ada didalamnya berbagai menu untuk input data dari pihak sekolah/ madrasah
serta untuk melakukan simulasi penilaian evaluasi dan lain sebagainya. 2) Level
Asesor : yaitu akun yang dimiliki oleh seorang assesor. 3) Level BAP : yaitu
akun/ hak akses yang dimiliki oleh admin BAP. 4) Level Admin : yaitu level
tertinggi pada hak akses di situs sispena, pada tataran level ini seorang admin
mampu mengakses seluruh isi/ konten website, termasuk melakukan control web dan
maintance web.
Bagaimana Cara Login Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP S/ M (Akreditasi
Sekolah) untuk SD. Meskipun caranya cukup mudah namun masih ada diantara kita
yang belum sepenuhnya paham langkah-langkah login di sispena BAN SM. Berikut
ini cara login sispena BAN SM atau BAP.
Panduan Cara Login Aplikasi Bansm untuk Akreditasi Sekolah dan Madrasah
ini ditujukan bagi pengelola pendataan sekolah guna memberikan simulasi sispena
dan cara penggunaannya dalam mewujudkan akreditasi sekolah berkualitas oleh
Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM).
Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah/ Sispena merupakan
aplikasi berbasis web, artinya dapat diakses kapan saja, dimana saja selama
mendapatkan akses internet. Pada aplikasi Sispena, terdapat dua kategori yaitu
sekolah sasaran dan bukan sasaran.
Untuk melihatnya harus login terlebih dahulu pada Aplikasi Sispena
dengan mengikuti panduan cara registrasi/ login aplikasi Sispena berikut ini:
1.
Buka Website Aplikasi Sispena
Ketiklah alamat/ url http://sispena.bansm.or.id ke
browser atau sispena yang bisa digunakan.
2.
Registrasi Akun Sekolah
Setelah terbuka halaman login
Sispena silakan masukkan username serta password standar berupa NPSN “nantinya
pasword dapat diubah saat sudah login”. Pada bagian level pengguna pilih
sebagai sekolah.
Selanjutnya, jika muncul kotak
ceklis / verifikasi gambar maka harus dijawab, kemudian baru bisa login
aplikasi Sispena.
3.
Isi Identitas Sekolah Secara Lengkap
Saat
pertama kali login Sispena. Sistem otomatis menampilkan jendela form isian
identitas sekolah. Lengkapi form tersebut sampai selesai, pastikan form email
sudah terisi, karena email ini nantinya digunakan sebagai akun recovery akun
sispena jika lupa password.
4.
Login ke Beranda Aplikasi Sispena
Setelah melengkapi identitas
sekolah, maka akan masuk ke area penilaian evaluasi diri sekolah, jika pada
menu ini tidak terdapat data atau kosong artinya belum di maping sebagai
sasaran akreditasi tahun berjalan “yang melakukan mapping bukan kita ya, tapi
BAP”. Namun jika terdapat menu penilaian berarti telah disasar sebagai peserta
akreditasi pada aplikasi Sispena.
Bagi yang belum termasuk sasaran
akreditasi jangan khawatir, karena masih tetap dapat mencoba penilaian
berdasarkan instrumen baru dengan memanfaatkan Fitur Simulasi Sispena pada
bagian kiri.
5.
Isi dan Lengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah
Dalam tabel evaluasi
diri sekolah terdapat 6 menu yang harus dilengkapi yaitu Pernyataan
Kepala Sekolah, Prasyarat Akreditasi, Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi
Pendukung (IPDIP), Photo Pendukung, Penilaian EDS dan Kartu Kendali.
TAMBAHAN
PENGETAHUAN
Pernyataan Kepala Sekolah
Unggahlah surat pernyataan KS,
jika belum memiliki formatnya dapat diunduh didalamnya, di isi lalu diunggah.
Prasyarat Akreditasi
Menampilkan 6 tombol untuk
memasukkan dokumen berbentuk PDF/ DOC (Dokumen). Keenam dokumen dimaksud adalah
Surat Ijin Operasional, Daftar Siswa Tiap Kelas, Data PTK,
Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum, Daftar Lulusan 1 Tahun Terakhir dan Data
Sarana Prasarana. Dokumen yang diunggah berukuran maksima 1 MB.
Jika dokumen berhasil dikirim
muncul tombol sudah terunggah, jika terdapat kesalahan dapat melakukan
perubahan data dengan cara me-replace file.
Instrumen Pengumpulan Data dan
Informasi Pendukung (IPDIP).
Pada fitur ketiga ini kita
mengunduh contoh instrumen pengunpulan data berbentuk doc/ pdf. Setelah
diunduh, serahkan ke penanggungjawab pengisian atau ke KS untuk di isi. Setelah
selesai selanjutnya upload dokumen IPDIP tersebut, pastikan ukuran maksimalnya
3 Mb, Simpan.
Photo Pendukung
Unggahlah photo terkait sekolah
disini dengan format JPG, ada 5 buah photo yang harus diunggah seperti Plang
Sekolah, Sarpras, Kegiatan Sekolah dan foto lainnya yang mewakili kondisi
sekolah.
Input Evaluasi Diri Sekolah
Bagian yang sangat penting dari aplikasi
Sispena adalah pengisian EDS. Pada menu ini terdapat jendela penilaian
akreditasi, sistem penilaian ditampilkan butir demi butir dan sesuai 8 standar
secara berurutan. Sebelum melakukan pengisian silakan tekan tombol Petunjuk
Teknis pada bagian kanan atas untuk memahami tatacara pengisiannya.
Untuk memberikan penilaian
langsung pilihan opsi a,b,c,d,e. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna
hijau. Jika sudah, pilih tombol selanjutnya untuk mengisi instrumen lain sampai
semua instrumen terisi.
Penilaian bisa dilakukan secara
acak dari satu standar ke standar lainnya. Data penilaian akan tersimpan secara
otomatis jika admin keluar dari sistem guna mengantisipasi terjadi insiden
seperti mati lampu ketika proses penilaian
Proses penilaian EDS dianggap
selesai saat semua butir telah dinilai, ditandai munculnya tombol Simpan
dibagian paling bawah. Apabila sudah yakin dengan penilaiannya, pilih tombol
Simpan lalu bisa langsung melihat hasil penilaiannya dengan memilih tombol
Lihat Hasil Penilaian.
Pada jendela Hasil Penilaian akan
muncul Nilai Setiap Standar, Nilai akhir dan Peringkat. Jika terdapat warna
merah artinya nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, dengan kata lain
tidak lulus akreditasi. Karenanya jika terdapat nilai merah admin sekolah dapat
merubah data evaluasi diri sekolah dengan menekan tombol menu Edit EDS. Untuk
merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai pertama kali.
Kartu Kendali
Langkah terakhir ini sangat
Penting….!!. Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses
visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan. Perlu di ingat bahwa
kartu ini hanya sekali dan tak bisa di rubah, jadi pastikan data sudah
benar-benar sesuai.
Selanjutnya cetak kartu pada
tombol Print, lalu lembar isian sesuai dengan format lalu di tanda tangani oleh
kepala sekolah. Scan kartu lalu kirim dengan menglik upload lalu pilih filenya.
Demikian pemaparan tentang panduan
Cara Login Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP S/M (Akreditasi Sekolah) untuk SD beserta
penggunaannya dan bagi sekolah yang sudah dimapping selamat bekerja.
Posting Komentar untuk " Cara Login Aplikasi SISPENA BAN S/M dan BAP S/M (Akreditasi Sekolah) Untuk Sekolah Dasar (SD)"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.