CARA MENGECEK APLIKASI DAPODIK KEMENDIKBUD
Dapodik juga berguna untuk
melakukan verifikasi data guru yang erat kaitannya dengan berbagai tunjangan
dan beasiswa.
Dan terkait dengan dapodik,
seperti judul di atas, pada kesempatan ini kami akan bagikan informasi mengenai
cara mengecek Dapodik Kemendikbud untuk pembaca semua.
Terdapat beberapa cara
untuk melakukan cek data yang sudah dikirim atau dientri oleh operator Dapodik
Sekolah. Cek data dilakukan untuk memastikan apakah data yang telah dikirim
berhasil diterima oleh server pusat Dapodik ataukah belum.
Melalui software (aplikasi)
yang telah disediakan oleh Pendataan Dikdas Kemendikbud, data pendidikan bisa
dientri. Software/ aplikasi tersebut juga bisa diunduh secara gratis. Proses
berlangsung dengan mengirimkan data pendidikan tiap-tiap sekolah ke server
pusat Dapodik secara online.
Nah, berikut ini kami
sajikan cara mengecek dapodik Kemendikbud terbaru melalui info
pendataan dikdas dan sistem manajemen pendataan.
CARA MENGECEK DAPODIK MELALUI PENDATAAN DIKDAS
Cara mengecek dapodik Kemendikbud melalui Info pendataan dikdas
1.
Pertama
kunjungi situs dengan alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ Anda akan
menemukan tampilan laporan pendataan pendidikan dasar.
2.
Selanjutnya
klik tanda plus (+) yang berada di samping kiri nama propinsi yang telah
dipilih.
3.
Setelah
memilih nama provinsi, nantinya akan muncul nama-nama kota/kabupaten.
4.
Langkah
berikutnya klik tanda plus (+) yang terletak di samping kiri nama
kabupaten/kota Anda.
5.
Lalu,
pilih kecamatan dan nama sekolah Anda. Pada tahap ini Anda akan melihat tabel
sekolah. Tabel sekolah muncul bersama dengan keterangan:
6.
Apabila
telah diterima, akan ada keterangan status dan tanggal diterima.
7.
Jika
dalam tabel muncul keterangan berhasil diproses berarti data sudah diterima
server.
8.
Jika
muncul tulisan cek konversi, ini menandakan bahwa data masih berada dalam
proses sinkronisasi.
9.
Apabila
status masih kosong, artinya sekolah belum melakukan pengiriman data atau
proses pengiriman data ke server mengalami kegagalan.
CARA MENGECEK DAPODIK MELALUI SISTEM MANAJEMEN PENDATAAN
Cara mengecek dapodik
kemendikbud melalui sistem manajemen pendataan
1.
Pertama,
kunjungi situs dengan alamat http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/
2.
Selanjutnya,
masukkan username dan password sesuai dengan password dan username yang sering
digunakan oleh operator sekolah.
3.
Sesudah
berhasil login, Anda akan melihat tampilan menu beranda, serta menu register
pengiriman.
4.
Langkah
selanjutnya, klik menu sekolah di sebelah kiri atau lakukan tab data sekolah
pada bagian atas untuk melihat data siswa, data PTK dan data sekolah.
5.
Berikutnya,
klik nama sekolah Anda yang telah tercantum pada daftar sekolah untuk melakukan
pengecekan data. Melalui proses ini, Anda juga dapat melakukan cek data sarana
parasarana sekolah, daftar PTK, daftar nama dan profil siswa.
Berdasarkan manajemen
pendataan pendidikan tersebut, Anda bisa memperoleh berbagai informasi tentang
input data yang telah dilakukan baik data sekolah, siswa, PTK hingga sarana dan
prasarana sekolah. Dalam laman tersebut juga tersedia informasi tentang daftar
register pengiriman untuk melakukan cek status verifikasi.
MANFAAT DAPODIK BAGI PESERTA DIDIK
Keseluruhan data siswa yang
masuk dalam database dapodik akan menjadi acuan berbagai hal yang erat
kaitannya dengan keberlangsungan studinya. Data peserta didik nantinya
diperlukan dalam proses persiapan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UNAS).
Dari data siswa tersebut,
pemerintah akan memperoleh gambaran tentang profil siswa sehingga dapat
membantu pemerintah dalam mencanangkan berbagai program sesuai dengan kebutuhan
peserta didik. Dengan data dapodik, siswa juga dapat mengikuti program beasiswa
khususnya bagi mereka yang kurang mampu.
Dapodik merupakan
instrument penting yang dijadikan dasar dalam banyak hal di dunia pendidikan
nasional. Tunjangan profesi guru, pemberian bantuan sekolah, program beasiswa
serta penerapan kurikulum baru berkaitan erat dengan keberadan dapodik.
Keseluruhan data sekolah meliputi sarana prasarana, data peserta didik hingga
tenaga pendidik dapat Anda dapatkan di Dapodik.
SISTEM PENGELOLAAN DAPODIK
Secara keseluruhan Dapodik
diluncurkan oleh Kemendikbud sehingga tanggung jawab pengelolaannya dibebankan
pada pemerintah. Dalam prakteknya di lapangan, Kemendikbud bekerjasama dengan
direktorat jendral melakukan fungsi Mendikbud.
Misalnya: Ditjen PAUDNI,
Ditjen GTK, Direktorat Jendral Guru dan tenaga pendidik.
Untuk tingkat sekolah,
tugas pengelolaan Dapodik diberikan kepada seorang operator atau admin yang
sangat kompeten dalam bidang IT. Hal ini disebabkan karena tugas admin atau
opretor sering berhubungan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi
komunikasi yang berkaitan erat dengan perkembangan Dapodik.
KEWAJIBAN GURU AKAN DAPODIK
Tanggung jawab dan tugas
melakukan entri data Dapodik secara tidak mutlak dibebankan pada operator
sekolah atau admin. Guru yang bersangkutan hendaknya tetap aktif dalam
melakukan proses validasi data-data yang masuk ke Dapodik. Masing-masing guru
berperan penting dalam menyampaikan data yang lengkap dan detail kepada oprator
atau admin guna proses pengisian dapodik.
Selanjutnya, guru dapat
melakukan pengecekan untuk memastikan data yang telah diinput valid atau tidak.
Posting Komentar untuk "CARA MENGECEK APLIKASI DAPODIK KEMENDIKBUD"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.