Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK
Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK |
Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan
mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik yang natural maupun artifisial
yang secara khusus walau tidak eksklusif berkaitan dengan studi,
perancangan, dan implementasi dari sistem komputer, dan pemahaman
terhadap prinsip-prinsip yang mendasari perancangan tersebut. Istilah
informatika dipakai sebagai padanan istilah Informatics, Computer
Science, dan Computing.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah terminologi yang mencakup pemanfaatan semua peralatan teknis untuk memroses dan menyampaikan informasi. Fokus TIK adalah bagaimana memanfaatkan produk-produk teknologi informasi dalam menunjang tugas-tugas profesional maupun kegiatan sehari-hari agar lebih kreatif, efisien, dan optimal.
Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK
Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran (ICT for learning) yang terintegrasi pada semua mata pelajaran karena pada hakikatnya, saat ini semua kegiatan kehidupan termasuk pembelajaran, berbasis TIK.
Untuk mewujudkannya warga sekolah seyogyanya memahami dan menerapkan TIK dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah. Pedoman implementasi ini memiliki ruang lingkup sebagai berikut. 1. Pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan informatika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. 2. Syarat implementasi. 3. Muatan kurikulum Informatika. 4. Mekanisme implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah. 5. Strategi implementasi.
Oleh karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengatur peran guru TIK sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, yaitu membimbing peserta didik untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan/fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan/fasilitasi kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.
Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK ditulis dengan tujuan agar dapat membantu semua pemangku kepentingan agar: 1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah; 2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya; 3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan; 4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika; dan 5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.
Silahkan Unduh Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah terminologi yang mencakup pemanfaatan semua peralatan teknis untuk memroses dan menyampaikan informasi. Fokus TIK adalah bagaimana memanfaatkan produk-produk teknologi informasi dalam menunjang tugas-tugas profesional maupun kegiatan sehari-hari agar lebih kreatif, efisien, dan optimal.
Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK
Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran (ICT for learning) yang terintegrasi pada semua mata pelajaran karena pada hakikatnya, saat ini semua kegiatan kehidupan termasuk pembelajaran, berbasis TIK.
Untuk mewujudkannya warga sekolah seyogyanya memahami dan menerapkan TIK dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah. Pedoman implementasi ini memiliki ruang lingkup sebagai berikut. 1. Pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan informatika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. 2. Syarat implementasi. 3. Muatan kurikulum Informatika. 4. Mekanisme implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah. 5. Strategi implementasi.
Oleh karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengatur peran guru TIK sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013, yaitu membimbing peserta didik untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan/fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan/fasilitasi kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.
Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK ditulis dengan tujuan agar dapat membantu semua pemangku kepentingan agar: 1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah; 2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya; 3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan; 4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika; dan 5. memahami prinsip, tahapan, dan strategi implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.
Silahkan Unduh Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK.
Posting Komentar untuk "Buku Pedoman Penerapan Mapel Informatika Kurikulum 2013 Di SD SMP/MTs SMA/Ma SMK"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.