Download Gratis 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences (Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa)
DAPODIK.co.id - Download Gratis 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences (Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa). Strategi
pembelajaran multiple
intelligencesmenjadikan siswa sebagai sang juara pada bidang-bidang
tertentu sesuai dengan kecerdasan yang menonjol pada dirinya, karena pada dasarnya
dalam diri setiap siswa selalu ada satu atau lebih kecerdasan yang menonjol
yang dimilikinya.
Strategi pembelajaran multiple intelligencesmendorong para guru melakukan inovasi dalam cara mengajarnya. Oleh karena itu, setiap guru dituntut agar lebih kreatif mencari terobosan untuk mengoptimalkan semua jenis kecerdasan yang ada.
Strategi pembelajaran multiple intelligencesmendorong para guru melakukan inovasi dalam cara mengajarnya. Oleh karena itu, setiap guru dituntut agar lebih kreatif mencari terobosan untuk mengoptimalkan semua jenis kecerdasan yang ada.
Download Gratis 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences (Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa)
Download Gratis 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences (Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa) |
Sebagai
stra tegi pembelajaran, asalkan memiliki prosedural aktivitas yang tertuang
dalam lesson plan. Strategi multiple intelligencesadalah seperti sebuah konteks
yang luas. Apa pun nama strateginya, saya berusaha menamakan sebagai strategi
multiple intelligence, contoh, strategi sosio drama (role play) sah-sah saja
saya masukkan dalam keluarga besar strategi
multiple intelligences. Demikian juga tebak kata, konser, simulasi, dan
lain-lain.
Buku
ini telah melatih level kesabaran kami, disebabkan buku ini akibat human error kami hilang dari file dan
hampir-hampir tak bisa diselamatkan lagi. Namun berkat izin Allah, lewat
pertolongan Bung Komar, buku ini bisa dimunculkan kembali setelah menggunakan
softwarecanggih. Thanks Bung Komar, Anda memang top markotop.
Hikmah lain dari kami menulis buku ini adalah tuntutan out of the box thinkingdan kami berhasil melakukannya, sehingga buku ini dapat selesai. Kami harus memunculkan daya kreativitas strategi-strategi pengajaran, yang kami klasifikasikan berdasarkan dominasi multiple intelligencessiswa.
Hikmah lain dari kami menulis buku ini adalah tuntutan out of the box thinkingdan kami berhasil melakukannya, sehingga buku ini dapat selesai. Kami harus memunculkan daya kreativitas strategi-strategi pengajaran, yang kami klasifikasikan berdasarkan dominasi multiple intelligencessiswa.
Kita
tidak menafikan jika selama ini dominan metode (paling umum) yang digunakan
guru saat mengajar adalah ceramah, selain disuksi dan tanya jawab. Tentu, hal
yang digunakan guru tersebut adalah benar, namun apakah sebagian besar siswa
merasa “bahagia dan nyaman” ketika siswa belajar dengan metode ceramah atau
metode itu-itu saja? Marilah kita
flashbackkembali, ketika kita mengalami proses belajar di mana sang guru
berceramah dari assalamu’alaikum/selamat pagi sampai wassalamu’alaikum/sampai ketemu
besok, kebanyakan dari kita adalah tidak merespons dengan baik, kita mungkin
menunjukkan dengan bercerita di belakang dengan siswa lain, kita menulis
kalimat tertentu yang sering kali diucapkan guru secara berulang sampai kita
menyimpulkan telah 50x guru itu mengatakan “ya” selama ia mengajar, atau kita
menggambar wajah guru dengan sedikit parodi. Benar-benar terjadi... bahwa saat
guru mengajar (kita sebagai siswa) belum tentu belajar. Ini mengacaukan kita
untuk berproses menjadi pandai.
Pada
Bab Pertama, kami ingin menyadarkan kepada para guru dan orangtua mengenai pen-
tingnya mengetahui fungsi kerja otak dan tumbuh kembang otak pada objek didik
kita. Sebab pada dasarnya, sepanjang anak atau siswa kita memiliki otak dalam
batok kepalanya dan sehat secara medis PASTI anak/siswa itu CERDAS. Dalam
melakukan aktivitas pembelajaran, penting jika harus mengetahui jenis
kecerdasan terbaiknya sebelum kita memilih strategi pengajaran. Intinya dalam
Bab Pertama adalah tak ada kecerdasan tanpa otak, siswa bodoh itu mitos, dan
mengajarlah dengan cara masukkan informasi lewat pintu kecerdasan siswa yang
“terbuka lebar”.
Di
Bab Kedua, sebagaimana pada bab pertama, bahwa guru dan orangtua yang mengajar
siswa dan anaknya dengan cara masukkan informasi lewat pintu kecerdasan siswa
yang “terbuka lebar”, adalah suatu kesadaran bagi guru untuk memenuhi hakikat
filosofis bahwa mengajar sesuai cara kerja otak adalah suatu pemenuhan hak
asasi siswa dalam proses pendidikan. Sahabat guru... Pengajaran yang disukai siswa
adalah rahasia menjadi Guru Super.
Di
Bab Ketiga, kami ingin mengonfirmasi dan menegaskan bahwa belajar adalah sebuah
upaya dan proses untuk mencapai indikator hasil belajar pada setiap kompetensi.
Sejatinya pengajaran yang menyesuaikan dengan pola kerja otak sesuai gaya
belajar siswa adalah mementingkan usaha yang menyeluruh (the best process), di
mana konsekuensi logis dari usaha menyeluruh dan proses terbaik belajar siswa
harus dinilai secara autentik (penilaian berbasis proses). Proses terbaik sepertinya
akan menghasilkan hasil (produk) terbaik. Dan pada bab ini juga diberikan
contoh praktis dan mudah
membuat rubrik penilaian autentik.
Pada
Bab Keempat, kami membantu para guru dan orangtua mengenai strategi mengajar
multiple intelligencesyang diklasifikasikan berdasarkan jenis-jenis dominan
kecerdasan jamak atau multiple intelligences.
Dalam bab ini juga kami secara lengkap memberi definisi pada setiap strategi strategi untuk memudahkan guru dan orangtua memahami konteks strategi yang akan digunakan.
Termasuk prosedur penerapan setiap strategi, rekomendasi penerapan suatu strategi pada jenjang pengajaran siswa, pendekatan multiple intelligencesserta modalitas belajar terhadap strategi yang digunakan, contoh rubrik penilaian strategi serta contoh hasil penilaian berbasis proses (penilaian autentik) siswa pada setiap strategi.
Dalam bab ini juga kami secara lengkap memberi definisi pada setiap strategi strategi untuk memudahkan guru dan orangtua memahami konteks strategi yang akan digunakan.
Termasuk prosedur penerapan setiap strategi, rekomendasi penerapan suatu strategi pada jenjang pengajaran siswa, pendekatan multiple intelligencesserta modalitas belajar terhadap strategi yang digunakan, contoh rubrik penilaian strategi serta contoh hasil penilaian berbasis proses (penilaian autentik) siswa pada setiap strategi.
Tentu
saja, seperti yang dikatakan Thomas Armstrong, strategi pembelajaran multiple intelligencesmendorong para guru
melakukan inovasi dalam cara mengajarnya. Oleh karena itu, setiap guru dituntut
agar lebih kreatif mencari terobosan untuk mengoptimalkan semua jenis
kecerdasan yang ada.
Sehingga, kreativitas guru menjadi kata kunci untuk memunculkan strategi mengajar multiple intelligences. Sahabat Guru Super, buku ini memuat 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences, artinya ... Anda bisa menjadikan 1001 strategi mengajar multiple intelligences... Anda pasti bisa, sepanjang Anda kreatif dan pembelajar.
Sehingga, kreativitas guru menjadi kata kunci untuk memunculkan strategi mengajar multiple intelligences. Sahabat Guru Super, buku ini memuat 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences, artinya ... Anda bisa menjadikan 1001 strategi mengajar multiple intelligences... Anda pasti bisa, sepanjang Anda kreatif dan pembelajar.
Demikian
Artikel Terbaru Terkait Download Gratis 95 Strategi Mengajar Multiple
Intelligences (Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa), Semoga Ada
Manfaatnya.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Sangat cocok untuk pendidikan saat ini..
BalasHapusmantap
Hapusmantapp
BalasHapusterimakasih sudah berkunjung
Hapus