Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi
DAPODIK.co.id - Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi. Kelas
Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk
memfasilitasi terjadinya pembelajaran
dalam jaringan (online)
antara peserta didik
dan pendidik kapan
saja, di mana
saja. Pada waktu tertentu
yang terjadwal oleh pendidik,
peserta didik dapat
mengikuti pembelajaran virtual
dengan pendidik melalui alat
komunikasi synkronous (chat,
video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard).
Strategi pembelajaran
di Kelas Maya
lebih bersifat konstruktivistik yang
menuntut pembelajaran aktif dan
berpusat pada peserta
didik sehingga mendorong
keterampilan peserta didik. Pembelajaran kelas maya ini menggunakan
teknologi pembelajaran (Rumah Belajar) untuk merancang,
menyampaikan, dan mengatur
pembelajaran formal dan informal
serta berbagi pengetahuan,
sehingga model pembelajaran
kelas maya ini dirancang
sebagai pelengkap kegiatan
pembelajaran di kelas
dengan lebih banyak
pada aktivitas asynkronous berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di
sekolah.
Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi
Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi |
Komponen Pendukung Pembelajaran Kelas Maya Yaitu:
ü Konten untuk
pembelajaran, berhubung pembelajaran
dilakukan tanpa tatap
muka, jadi pendidik harus memberikan materi (konten) untuk peserta
didiknya.
ü Perangkat
keras (hardware), berupa komputer, laptop, tablet, maupun smartphone.
ü Perangkat
lunak (software), seperti LMS, dll
ü Strategi komunikasi,
menyangkut bagaimana peserta
didik mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, dan
mengikuti ujian.
ü Jaringan internet,
kelas maya tidak
bisa berjalan tanpa
internet. Jadi ketersediaan internet adalah wajib.
Implementasi
pemanfaatan TIK dalam pembelajaran melibatkan pihak sekolah dalam hal ini kepala
sekolah, pendidik, peserta
didik, admin (operator)
dan orang tua.
Sekolah sebagai
penyelenggara kelas maya,
sehingga sekolah melalui
kepala sekolah membuat kebijakan untuk
membuka kelas maya,
mengatur, merencanakan, dan
melaksanakan pembelajaran melalui kelas maya.
Pendidik sebagai
pengelola kelas maya
memiliki peran dalam
keberhasilan pelaksanaan
kelas maya. Hal
ini terkait tugas-tugas
yang harus dilakukan
pendidik dalam merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan
dan mengevaluasi proses
pembelajaran melalui kelas maya.
Peserta didik
sebagai peserta kelas
maya mendapatkan fasilitas
pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman terhadap
suatu materi. Peserta
didik kelas maya
dituntut kemandirian dan kesungguhan dalam mengikuti kelas maya ini.
Administrator memiliki
hak akses dalam
mengelola keseluruhan sistem
diantaranya mengelola master data sistem (mata pelajaran, kelas,
statistik), mengelola akses seluruh pengguna sistem (penyelenggara, pendidik,
peserta didik), mengatur pengelolaan seluruh kelas, monitoring
seluruh aktivitas sistem
pembelajaran, monitoring seluruh
aktivitas pengguna sistem. Administrator dari Pustekkom dan sekolah.
Berdasarkan
hal tersebut, untuk memberikan panduan langkah-langkah pemanfaatan fitur
kelas maya Rumah
Belajar dalam penerapan
model pembelajaran Kelas
Maya melalui Rumah Belajar
sebagai program remedial
baik untuk sekolah
sebagai penyelenggara, pendidik,
dan peserta didik disusunlah petunjuk pemanfaatan kelas maya.
Tujuan Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan
Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi
Tujuan penyusunan
petunjuk pemanfaatan kelas
maya dalam penerapan
model pembelajaran Kelas Maya
melalui Rumah Belajar
sebagai program remedial
ini yaitu sebagai panduan
bagi sekolah dan pendidik yang akan memanfaatkan kelas maya
dalam penerapan model pembelajaran
kelas maya melalui
Rumah Belajar sebagai
program remedial.
Sasaran Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam
Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi
Sasaran penyusunan
petunjuk pemanfaatan kelas
maya dalam penerapan
model pembelajaran Kelas Maya melalui Rumah Belajar sebagai program
remedial adalah sekolah, pendidik dan
peserta didik jenjang SMP.
Ruang Lingkup Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam
Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi
Ruang
lingkup petunjuk pemanfaatan kelas maya dalam penerapan model pembelajaran
Kelas Maya melalui
Rumah Belajar sebagai
program remedial meliputi
langkah-langkah pemanfaatan fitur kelas maya di Rumah Belajar mulai dari
pendaftaran, penyelenggaraan kelas
maya dimana sekolah
sebagai admin penyelenggara, pemanfaatan
oleh pendidik mulai dari
persiapan, pelaksanaan dan evaluasi,
serta pemanfaatan oleh peserta didik mulai dari tahap pembelajaran dan ujian.
Deskripsi Petunjuk Pemanfaatan Petunjuk Pemanfaatan
Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah
Belajar Edisi Revisi
Sebelum
pemanfaatan fitur kelas maya, sekolah
dan pendidik telah melakukan persiapan
dan memperoleh data materi apa saja yang akan dibuat kelas maya dan daftar
siswa yang akan ikut remedial.
Berikut ini alur
penerapan model pembelajaran
kelas maya melalui Rumah Belajar sebagai program
remedial.
Selengkapnya,
Unduh Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas
Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi.
Posting Komentar untuk "Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.