Panduan Lengkap Aplikasi e-Rapor Sekolah Dasar (SD) Official Kemdikbud Edisi Revisi
DAPODIK.CO.ID - E-Rapor SD adalah aplikasi/ perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD). Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada Sekolah Dasar (SD) yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Dit. PSD) dan dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Kurikulum 2013.
Persyaratan Teknis Server
1. Langkah Persiapan
2. Login Sebagai Admin Kemudian Lakukan Hal-Hal Sebagai Berikut:
3. Login
Panduan Lengkap Aplikasi e-Rapor Sekolah Dasar (SD) Official Kemdikbud Edisi Revisi |
Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen). Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor SD yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru.
Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang eRapor SD.
Aplikasi ini tentu masih jauh dari sempurna. Untuk itu, demi kesempurnaan aplikasi ini, Masukkan dari stakeholder sangat kami perlukan. Jika ada masukan terkait aplikasi ini, silahkan menghubungi kami melalui kontak tim pengembang atau tim suport sebagaimana ditampilkan dalam aplikasi ini.
Panduan Lengkap Aplikasi e-Rapor Sekolah Dasar (SD) Official Kemdikbud Edisi Revisi
Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik. Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru.
Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang eRapor SD.
Persyaratan Teknis Server
Untuk mendukung instalasi Aplikasi Analisis Soal versi 1.0 diperlukan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:
1) Prosesor minimal setara dual core.
2) OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.
3) RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB.
4) Ruang kosong pada drive C minimal 1 GB.
5) Disarankan menggunakan browser “Chrome”
1. Langkah Persiapan
Agar instalasi dapat berjalan dengan baik, beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:
a. Server ataucomputer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik
b. Non aktifkan windows firewall.
c. Non aktifkan antivirus yang terpasang pada server atau computer
2. Login Sebagai Admin Kemudian Lakukan Hal-Hal Sebagai Berikut:
1. Ambil data-data dari Dapodik.
2. Generate data user melaluimenu Data User.
3. Ubah Password Admin.
4. Tambah Admin (Jikadiperlukan) melalui menu Data Administrator-tambah Administrator
5. Ringkas Nama Mata Pelajaran
6. Mapping Mapel Rapor.
7. Input KKM Mata Pelajaran
8. Input Tanggal Rapor
9. Mencetak Leger,Rapor setelah semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
10. Sinkron Nilai ke Dapodik.
11. Backup Data e-Rapor
3. Login
Buka browser pada computer client, kemudian pada URL ketikkan IP server disertai dengan port erapor.
Misalnya, bila IP Komputer server adalah 192.168.1.254, maka pada url client adalah: http://192.168.1.254:2689 atau dapat pula diakses menggunakan URL http://192.168.1.254:3689
Username: admin
Password: admin123456
Level User: Sekolah
Semester seseuai semester berjalan
Klik tombol “Masuk”
Untuk lebih jelasnya silahkan unduh aplikasi dan panduan e-Raport SD tersebut pada link dibawah ini :
Bisa tidak instal di labtob lain.. Tanpa menggunakan labtob dapodik
BalasHapusBisa tidak instal di labtob lain
Hapussangat bisa