Solusi Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru
DAPODIK.CO.ID - Dengan resmi rilisnya Aplikasi Dapodik sebagai langkah
menindak lanjut penyatuhan Aplikasi Dapodik untuk jenjang Pendidikan
Dasar ( Dapodik SD/ SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah Dapodik SMA/SMK).
Pada Aplikasi Dapodik terbaru ini terdapat beberapa perubahan dan pembenahan
yang cukup segnifikan dalam hal referensi, registrasi, mekanisme memasukkan
data GTK baru, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan ini dilakukan
sebagai upaya sinkronasi aturan/regulasi, prosedur dan mekanisme.
Solusi Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru |
Namun apalah dikata, Operator Sekolah adalah juga
seorang manusia biasa yang pastinya tidak memiliki kesempurnaan pengetahuan
seperti pencipta manusia yaitu Tuhan Yang Masa Esa. Oleh karena itu, ada
beberapa masalah yang begitu ramai dipertanyakan dan diperbincangkan yang admin melihat diberbagai media masa, maka dalam kesempatan ini admin akan memberikan beberapa solusi terkait permasalahan
tengtang Gagal Login Di Aplikasi Dapodik Terbaru.
Silahkan
simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :
INTERMESO
:
Sudah
berhasil reset,
Sudah
bisa login manajemen,
Sudah
bisa berhasil generate prefil,
Sudah
berhasil login pelaporan bos,
Sudah
bisa login pembelian buku,
Dan
semua yang terintegrasi SSO Dapodik.
PERTANYAANNYA
:
Setelah
melakukan intermeso di atas namun masih tetap gagal login ke aplikasi, apa
penyebabnya ???
Masalah
ini disebabkan karena ada pengguna dengan email yang SAMA pada
sekolah tersebut dan statusnya aktif namun paswordnya berbeda (disebabkan
dahulu pernah melakukan registrasi berkali-kali dengan email yang sama namun
password beda) sedangkan pada database dapodik sekolah hanya dibatasi 1
pengguna unik (1 username/ email) sehingga ada kemungkinan pengguna dengan
email yang baru saja direset itu tidak berhasil masuk karena problem duplikasi.
SOLUSI
:
1. Lakukan penonaktifan
pengguna untuk sekolah tersebut (oleh operator dinas kab/kota) dan hanya
menyisakan 1 pengguna aktif saja.
2. Solusi kedua adalah
tambahkan pengguna baru dengan email BARU yang belum pernah
digunaka sebelumnya (ditambahkan oleh dinas kab/kota).
3. Solusi ketiga diingat-ingat
kembali semua password yang pernah digunakan sebelumnya untuk registrasi
aplikasi.
Padahal yg email yg lama sudah di non aktifkan sama dinas dan pihak dinas sendiri yg mengganti, tapi tetap saja ketika buka SSO selalu gagal karena email dan pasword tidak sesuai
BalasHapusemail dan password sudah diganti oleh operator kabupaten tetapi ketika login sso selalu saja gagal (email atau password tidak sesuai) mohon solusinya..
BalasHapussetelah kami sinkron, DAPODIK tidak bisa kami akses lagi dan muncul tampilan password salah.Mohon solusi
BalasHapus