49 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi Terbaru
DAPODIK.CO.ID - Sebelum kita mengetahui permasalahan dan yang sudah di jawab
pada artikel ini,ada baiknya bapak/ibu guru mengetahui dulu beberapa perubahan
yang seknifikan pada aplikasi dapodik.
Dari perubahan pada aplikasi dapodik maka muncullah permasalahan yang akan admin jawab sebagai berikut:
Pembaruan Aplikasi Dapodik
Setiap pembaruan aplikasi
dapodik baik setiap semester maupun secara tiba-tiba memiliki tujuan tertentu
dan memiliki dasar yang jelas. Beberapa pembaruan karena ada permintaan
tertentu oleh bagian di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
terkait pemanfaatan data. Beberapa perbaikan dilakukan karena ada optimasi dari
segi keamanan data dan update referensi yang belum terakomodir di versi
sebelumnya. Berikut adalah beberapa pembaruan pada aplikasi dapodik versi
terbaru.
- [Pembaruan] Penambahan informasi
Nama Bendahara BOS pada menu Beranda
- [Perbaikan] Bugs login untuk
peran Peserta Didik
- [Perbaikan] Bugs pada pengiriman
sinkronisasi
- [Perbaikan] Bugs pada validasi
khusus sekolah di bawah naungan Kementerian Agama
- [Perbaikan] Perbaikan aturan pada login operator sekolah dapat mengubah semua email GTK yang terdaftar pada menu Edit GTK
49 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi Terbaru |
Dari perubahan pada aplikasi dapodik maka muncullah permasalahan yang akan admin jawab sebagai berikut:
[Pembaruan]
Perubahan metode perhitungan pada kondisi Ruang dan Bangunan
1. Komponen kerusakan
seperti apa yang melekat pada bangunan dan ruangan?
Untuk dapat melihat kerusakan apa saja yang melekat pada bangunan
dan ruangan dapat dicek melalui tombol kondisi ruang.Terdapat
perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan memahami cara perhitungan
komponen tersebut
2. Bagaimana alur
penambahan tanah, bangunan dan ruang ?
Dalam proses pengisian tanah
bangunan dan ruang, pertama kali yang harus dimasukan adalah data tanah.
Pastikan mengisikan data tanah dengan lengkap beserta nomor sertifikat
tanahnya. Setelah data tanah tersimpan, lakukan penambahan banguanapa
saja yang berdiri diatas tanah yang dibuatkan. Setelah
data banguan dibuat maka langkah selanjutnya menambahkan ruangan apa saja yang
ada dalam bangunan tersebut.
[Pembaruan]
Perubahan alur manajemen akses pengguna
3. Bagaimana cara
menambah/ mengubah password PTK ?
Cara mengubah password pertama kali ketika login aplikasi dapodik versi terbaru. Akan diminta
perubahan password untuk memastikan aktifasi setiap akun yang terdaftar dengan
peran pengguna operator sekolah. Adapun manajemen pengguna selanjutnya dapat dilakukan melalui menu
pengaturan pilih manajemen pengguna.
[Pembaruan]
Pemutahiran validasi pada saat sebelum sinkronisasi
4. Apa pengaruhnya
jika di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid ?
Validasi papaun terkait dengan
warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi
dapodik hanya dapat dilakukan jika semua data sudah valid, dan tidak ada lagi
data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi
baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.
5. Apa pengaruhnya jika
di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?
Validasi dengan warna kuning
berarti warning, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari
akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan dapat dipertanggungjawabkan
kualitas serta kebenaran datanya
[Pembaruan]
Penambahan atribut jarak ke sumber listrik terdekat jika sumber listrik memilih
Tidak Ada pada tabulasi Data Periodik Sekolah
6. Jika sekolah
tidak memiliki listrik, apa yang harus diisi di kolom sumber listrik?
Data rincian sekolah terkait
dengan sumber listrik menjadi kewajiban untuk diisi jika sekolah tidak memiliki
sumber listrik pastikan memilih “Tidak Ada”. untuk pilihan lainnya jika sumber
listrik yang tersedia tidak tercantum dalam pilihan tersebut.
[Pembaruan]
Penambahan atribut No KK pada peserta didik
7. Jika peserta
didik belum memiliki KK, apa pengaruh nya di dapodik ?
Peserta didik yang belum memiliki KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi
dapodik terbaru maka masih berstatus warning.
8. Apakah wajib
mengisi KK ?
Belum menjadi kewajiban, namun
disarankan untuk melengkapi data isian peserta didik dengan
selengkap-lengkapnya.
[Pembaruan]
Penambahan atribut lingkar kepala pada data periodik peserta didik
9. Apa maksud pengisian
data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?
sebagai data untuk mengetahui
tumbuh kembang anak dan memetakan permasalah/ isu stunting.
10. Jika siswa belum mengisikan
data lingkar kepala, apa dampak nya di dapodik ?
dapat dilengkapi selanjutnya.
Masih belum di lakukan validasi kelengkapan.
[Pembaruan]
Pemecahan formulir sarpras menjadi 3 bagian
11. Apa saja pemisahan data di
prasarana ?
Aplikasi dapodik pembuatan sarpras diharuskan memiliki induknya seperti pada saat
akan membuat Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatanruang sekolah diharuskan membuat terlebih dahulu bangunan. Maka sekolah membuat tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, jika sekolah memiliki
sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada
aplikasi dapodik harus 2 (record).
12. Apa saja pemisahan data di
tabel sarana ?
Untuk tabel sarana tidak
terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk
dibuatkan pada setiap keberadaan alat pada ruang.
13. Isian record tanah
berdasarkan apa ?
Status dokumen tanah
(sertifikat), Contohnya sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunyai 3
dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah
pada aplikasi dapodik.
14. Ada data dummy tanah dengan
nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya ?
Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan
bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.
15. Ada data dummy bangunan
dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?
Data dummy bangunan dengan nama
sekolah dimaksud adalah untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat
dalam banguan tersebut.
16. Bagaimana cara memperbaiki
tanah / bangunan dummy tersebut ?
Klik 2x pada isian tersebut,
data dummy bisa dirubah dan bisa menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya
masing-masing. Untuk berpindah ke kolom selanjutnya bisa menggunakan tombol
tab. Pastikan mengisi dengan data yang sesuai pada berkas yang dimiliki.
[Pembaruan]
Penambahan sub menu Tanah dan Bangunan
17. Apa saja isian pada sub
menu tanah ?
Berbagai isian pada sub menu
tanah adalah penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud adalah luas tanah tersebut,
lahan kosong, lapangan. Setiap jenis tersebut
jika ada, disarankan untuk
melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak)
pun harus dilengkapi. Menu lainnya adalah apakah tanah tersebut dihasilkan dari
blogrant ? jika iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant
pada menu aksi.
18. Apa saja isian pada sub
menu bangunan ?
Berbagai isian pada sub menu
bagunan adalah penambahan bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman,
tempat bermain. Setiap jenis tersebut jika ada, diharuskan sekolah untuk
melengkapi datanya seperti kondisi kerusakan bangunan. Menu lainnya adalah
bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan
bangunan terdadap blogrant pada menu dihasilkan dari blogrant.
[Pembaruan]
Penambahan sub menu Ruang
19. Apa saja isian pada sub
menu ruang ?
Ruang di aplikasi di bagi menjadi beberapa jenis ruang yaitu ruang kelas, ruang kepsek/ guru, ruang
laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/ praktek dan ruang penunjang.
Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi kerusakan sesuai dengan kerusakan
ruangan masingmasing.
[Pembaruan]
Penambahan sub menu Alat, Angkutan dan Buku
20. Apa yang di maksud dengan
buku teks ?
Buku teks adalah buku referensi
yang dijadikan acuan sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah
disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.
21. Apa yang di maksud dengan
buku non teks ?
Buku non teks adalah katalog
buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan
dalam buku teks.
22. Apa yang di maksud dengan
angkutan ?
Angkutan adalah kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiridar:
sepeda, motor, mobil, perahu.
23. Apa yang di maksud dengan
alat ?
Alat adalah segala sarana yang
dimiliki oleh sekolah.
[Pembaruan]
Penambahan tabulasi Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah
24. Apa yang di maksud dengan
Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?
Pendidikan keluarga adalah
kelas tambahan yang diselenggarakan oleh sekolah untuk melibatkan
keluarga dalam tanggungjawab mendidik anak secara bersama sama dengan sekolah, terdiri dari
kelas inspirasi dan kelas parenting.
[Pembaruan]
Penambahan tampilan baris berwarna jingga jika pada Menu Alat sarana tidak
sesuai dengan Standar Sarpras yang berlaku
25. Bagaimana cara memperbaiki
Penambahan tampilan baris berwarna jingga ?
Isikan jumlah yang sesuai atau
abaikan jika memang tidak memiliki sarana tersebut, hal ini sebagai sarana
edukasi ke sekolah antara data dan standar.
[Pembaruan]
Penambahan tabel Kitas, Paspor pada Menu GTK
26. Pengisian KITAS/passport
untuk GTK bukan WNI apakah wajib diisi ?
Ya, wajib. Untuk mengetahui izin
kerja dan tanggal beralku izin kerja WNA di Indonesia.
27. Apa dampaknya jika tidak
diisi ?
Dapodik sekolah tidak bisa
melakukan sinkronisasi karena bersifat mandatory, invalid/ mencegah
sinkronisasi jika tidak diisi.
[Pembaruan]
Penambahan tabel Kitas, Paspor dan Kesejahteraan pada Menu Peserta Didik
28. Pengisian KITAS untuk
Peserta didik bukan WNI apakah wajib diisi?
Untuk peserta didik bersifat
warning.
29. Apa dampaknya jika KITAS
tidak diisi ?
Masih dapat melakukan
sinkronisasiIntegrasi hasil output PPDB untuk siswa baru ke dalam database
dapodik.
30. Apa yang dimaksud dengan
integrasi output PPDB ke dapodik ?
Sebagai upaya percepatan dan
optimasi output/ hasil PPDB yang ada di daerah dapat di masukkan ke dalam
database dapodik pusat secara otomatis.
31. Apa manfaatnya integrasi
PPDB ke dapodik ?
Mempercepat proses penginputan data khususnya data siswa baru, meningkatkan
mutu data keberlanjutan siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya,
dan meningkatkan efektivitas pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara
proses PPDB dan Dapodik.
32. Bagimana caranya integrasi
PPDB ke dalam dapodik ?
Difasilitasi oleh dinas
pendidikan setempat.
33. Apa dampaknya hasil
integrasi PPDB ke dapodik ?
Data siswa baru dari PPDB akan
muncul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu -
persatu lagi siswa baru dari sekolah asalnya. Kelulusan bersama siswa tingkat
ahir, 6, 9, 12 dan 13.
34. Apa yang di maksud dengan
bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13 ?
Siswa tersebut di keluarkan
dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2019. Hal ini
dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan.
35. Jika ada siswa tidak lulus
sekolah, apa yang harus dilakukan ?
Lapor ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan pembatalan siswa keluar,
kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya
di sekolah tersebut.
36. Bagaimana cara menambah/
menarik siswa baru ke dalam aplikasi dapodik ?
Dengan menggunakan web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari
siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan
cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi.
Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.
Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.
37. Penguncian kolom SK
Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK, untuk apa ?
Hal ini untuk menjaga konsistensi keterisian
data tersebut. Karena yang mengeluarkan
SK pengangkatan adalah dinas
pendidikan setempat.
38. Bagaimana jika ada
kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga
pengangkat di tabel PTK ?
Hubungi admin dapodik di dinas
pendidikan setempat, data yang terkunci hanya dapat diperbaiki oleh admin dinas
pendidikan Penambahan Tabel Kesejahteraan_PD dan migrasi data KIP, KPS, PKH.
39. Kenapa Data No KIP, KPS,
dll tidak muncul lagi di tabel peserta didik ?
Data tersebut sudah dipindahkan
ke tabel kesejahteraan peserta didik.
40. Jika ada data nomor yang
baru, apa yang harus dilakukan di app dapodik ?
Buka tabel kesejahteraan
peserta didik, lalu inputkan nomor kartu di tabel tersebut.
Penambahan referensi mata pelajaran informatika dan penentuan sekolah yang melaksanakan
pelajaran tersebut.
41. Apa dasar sekolah yang
menyelenggarakan mapel Informatika ?
Sekolah yang bisa
menyelenggarakan mapel informatika pada rombongan belajar adalah sekolah yang
terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 005/P/2019.
42. Bagaimana pembagian jam
informatika dengan mapel prakarya untuk SMP ?
Jika dalam 1 rombel terdapat guru yang mengampu mata pelajaran Informatika maka mapel
prakarya tidak bisa diampu oleh guru yang lain di rombongan belajar yang sama.
43. Di rombel apa informatika
diajarkan untuk jenjang SMA ?
Untuk mata pelajaran Informatika pada jenjang SMA pengentriannya pada rombongan belajar
Lintas Minat.
44. Mapel informatika akan
linear dengan PTK sertifikasi apa ?
Mata pelajaran Informatika
linier dengan guru yang bersertifikasi TIK
45. Pada jenjang SMK, pemilihan
jurusan/ kompetensi yang dilayani dalam menu sekolah terdapat bisnis proses
yang berbeda, apa itu?
Pemilihan jurusan/kompetensi
yang dilayani oleh sekolah sekarang dilakukan melalui Manajemen Dapodikdasmen
oleh Admin Dinas Provinsi.
46. Jika SMK ingin membuka
jurusan/ kompetensi baru, yang semester sebelumnya tidak ada, apa yang harus
dilakukan ?
Penambahan jurusan/kompetensi
baru pada Aplikasi Dapodikdasmen dilakukan melalui manajemen dinas
oleh Admin Dapodikdasmen provinsi.
47. Jika kompetensi/jurusan SMK
sudah pernah dibuka tahun sebelumnya, apakah perlu ke dinas pendidikan provinsi
lagi ?
Jika SMK sudah pernah membuka
jurusan sebelumnya maka tidak perlu lapor ke dinas pendidikan.
48. Jika ada kompetensi/jurusan
dari tahun sebelumnya akan ditutup, apakah perlu lapor kedinas pendidikan ?
Penutupan jurusan/kompetensi
dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdasmen oleh sekolah (dengan cara tidak perlu
memilih jurusan tersebut di pembelajaran rombel).
49. Jika ada pendirian SMK
baru, bagaimana cara pengisian jurusan/kompetensi keahlian terkait bisnis
proses yang baru ini ?
Untuk pemilihan jurusan/ kompetensi
bagi sekolah SMK yang baru berdiri dilakukan melalui Admin Dinas pada Manajemen
dapdoikdasmen. Dengan kata lain, sekolah SMK baru harus menambahkan
jurusan/kompetensi, PTK baru dan siswa di dinas pendidikan sebelum melakukan
registrasi/ prefill di apliaksi dapodik sekolah.
Demikian
Artikel Terbaru Terkait 49 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi Terbaru, Semoga Ada Manfaatnya.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "49 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi Terbaru"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.