Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar
DAOPODIK.co.id - Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar. Salam
dunia pendidikan Indonesia, pendidikan saat ini bertujuan untuk menghasilkan insan
Indonesia yang cerdas dan berkarakter.
Insan yang dimaksud
adalah lulusan yang
memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan
yang optimal sesuai
dengan taraf perkembangan
dan jenjang pendidikan
masing-masing.
Selain
itu, lulusan diharapkan memperoleh kecakapan abad ke-21 yang mampu menjadikan
setiap insan Indonesia hidup dalam tantangan abad ke-21 dan berkontribusi secara memadai terhadap pengembangan
peradaban dunia. Kecakapan-kecakapan
yang dimaksud mencakup kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah, berinovasi dan berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
Lebih jauh
lulusan juga ditargetkan
mempunyai kemampuan literasi
digital (literasi informasi, media,
dan teknologi) di
samping kecakapan-kecakapan hidup
lainnya seperti fleksibilitas
dan adaptabilitas, produktivitas
dan akuntabilitas, dan kepemimpinan
serta tanggungjawab.
Tujuan-tujuan
tersebut akan dapat dicapai dengan efektif dan efisien apabila proses pembelajaran
dirancang dan dilaksanakan dengan baik.
Pertama, pendidik merancang pembelajaran
berdasarkan hasil analisis
kebutuhan peserta didik, misalnya
kondisi awal
peserta didik alam hal pengetahuan,
keterampilan, dan sikap.
Kedua, pendidik memfasilitasi
peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui kegiatan pembelajaran
aktif baik di
dalam maupun di
luar kelas.
Ketiga,
pendidik bersama-sama dengan peserta didik, selama pelajaran berlangsung,
memantau/ mengecek perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik untuk mengetahui apakah setiap peserta didik mencapai penguasaan/perkembangan
sebagaimana yang diharapkan, dan apakah proses
pembelajaran perlu perbaikan (penyesuaian).
Apabila pemantauan
kemajuan penguasaan kompetensi
menunjukkan bahwa setiap peserta didik telah mencapai kemajuan yang
ditargetkan secara optimal, proses pembelajaran
dapat dilanjutkan tanpa perlu adanya perbaikan/penyesuaian. Apabila sebaliknya, pendidik perlu melakukan
perbaikan (penyesuaian) terhadap proses pembelajaran yang telah dirancang
untuk memastikan bahwa
setiap peserta didik mencapai
kemajuan yang maksimal.
Kegiatan pendidik
(bersama-sama dengan peserta didik) memantau/mengecek kemajuan penguasaan kompetensi yang diikuti dengan upaya perbaikan dan/atau
penyesuaian kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi setiap peserta
didik mencapai penguasaan yang
diharapkan biasa disebut penilaian formatif (formative assessment) atau yang juga
disebut penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).
Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar
Sejalan
dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad ke 21, kegiatan pembelajaran dirancang
dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik pada setiap tahapan belajar.
Pelaksanaan
pembelajaran merupakan kegiatan yang dinamis, menyesuaikan dengan perkembangan penguasaan kompetensi oleh peserta didik, selain motivasi da gaya
belajar peserta didik
serta aspek-aspek lain yang berpengaruh dalam proses pembelajaran.
Penilaian
formatif memungkinkan pendidik memperoleh informasi mengenai perkembangan
penguasaan kompetensi peserta didik pada
setiap tahap pembelajaran yang berguna untuk mengambil
tindakan-tindakan, memastikan bahwa setiap peserta didik mencapai penguasaan
yang optimum.
Buku
Model Penilaian Formatif
pada Pembelajaran Abad
ke 21 ini
disusun untuk memberi inspirasi kepada para
pendidik SD dalam melaksanakan penilaianformatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya.
Diharapkan pendidik dapat mempelajari dan melaksanakan penilaian formatif sehingga
penguasaan kompetensi peserta
didik tercapai.
Selengkapnya,
Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah
Dasar, Terima Kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.