Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis
DAPODIK.co.id - Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis. Penilaian hasil belajar peserta didik merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian
pembelajaran peserta didik.
Penilaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar baik
dalam penyiapan bahan tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan hasil tes. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah umumnya
mengukur ketercapaian hasil belajar aspek pengetahuan dan menggunakan
bentuk soal yang secara teknis mudah untuk dilakukan penskoran misalnya bentuk
soal pilihan ganda.
Oleh karena itu, penilaian hasil belajar yang
dilakukan pemerintah belum mewakili seluruh aspek yang dimiliki peserta
didik yakni aspek
pengetahuan, keterampilan, dan
sikap. Selain itu, penggunaan bentuk soal pilihan ganda
belum maksimal menggali kemampuan mendalam dan kemampuan mengungkapkan
pengetahuan peserta didik.
Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis
Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi
Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis
Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik
meliputi:
1. Perancangan strategi penilaian oleh pendidik
dilakukan pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) berdasarkan silabus.
Dalam hal ini,
termasuk penentuan bentuk penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar
yang ada di dalam kurikulum.
2. Penyusunan
instrumen penilaian mengikuti
langkah-langkah pengembangan instrumen yang standar yaitu menentukan tujuan,
menyusun kisi-kisi, menyusun soal, analisis kualitatif, uji coba, dan analisis
kuantitatif.
3. Perakitan butir soal yang akan digunakan dalam
penilaian sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
4. Pelaksanaan penilaian oleh pendidik dan hasilnya
ditafsirkan sebagai bahan laporan.
5. Hasil
penilaian pencapaian pengetahuan
peserta didik disampaikan
dalam bentuk angka dan/ atau deskripsi.
Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi
Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis
Buku ini berisi
panduan bagi pendidik
dalam melakukan penilaian
tertulis sehingga pendidik dapat
lebih mudah melaksanakan proses penilaian dan dapat lebih memfokuskan bentuk
tes yang lebih otentik dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti
bentuk tes uraian.
Isi
panduan ini disusun
secara praktis dengan
mengaitkan teori dan
konsep -konsep penilaian tertulis yang diimplementasikan pada konteks kehidupan
sehari-hari.
Selengkapnya, Unduh Panduan Penilaian Tes Tertulis
Terbaru - Panduan Bagi Pendidik
Dalam Melakukan Penilaian
Tertulis Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Terkait Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi
Pendidik Dalam Melakukan
Penilaian Tertulis, Semoga Ada
Manfaatnya.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.