Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru
DAPODIK.co.id - Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru. Pemahaman tentang penilaian portofolio merupakan pendekatan yang
relatif baru dan
belum banyak digunakan dalam
dunia pendidikan di Indonesia. Penilaian
portofolio dapat digunakan untuk tujuan formatif dan sumatif. Di beberapa
negara, portofolio telah digunakan dalam dunia
pendidikan secara luas,
baik untuk penilaian
di kelas, daerah,
maupun untuk penilaian secara
nasional.
Istilah portofolio pertama kali dipergunakan oleh
kalangan fotografer dan seniman untuk menunjukkan hasil kerja dalam suatu periode
waktu tertentu. Melalui portofolio seorang fotografer dapat menunjukkan prospektif pekerjaan
kepada pelanggan dengan menunjukkan koleksi pekerjaan yang
dimilikinya. Dalam dunia
kerja, secara umum portofolio dimaknai sebagai suatu
kumpulan atau berkas pilihan yang dapat memberikan informasi tentang
performa atau kemampuan individu.
Dalam dunia pendidikan, portofolio merupakan kumpulan
hasil kerja siswa dari pengalaman belajarnya selama periode waktu tertentu.
Didunia pendidikan terdapat berbagai macam portofolio.
Portofolio dapat berbeda dari segi isi, apakah seluruh hasil
kerja siswa ataukah
hasil kerja tertentu
saja. Selain itu,
portofolio dapat berbeda dari
segi fungsi, apakah untuk penilaian
formatif atau sumatif. Untuk penilaian formatif atau diagnostik, pada umumnya
hasil kerja yang dimasukkan semua hasil kerja siswa baik yang masih berupa draf
atau setengah jadi maupun hasil akhir. Untuk sumatif, tidak semua
hasil dimasukkan, hasil
kerja yang relevan
untuk penilaian saja
yang dimasukkan dalam portofolio.
Pada era ini penguasaan soft skills
dan hard skills sama pentingnya. Siswa
perlu dilatih tidak saja
supaya mereka kompeten secara
akademis tetapi juga supaya mereka mempunyai karakter
yang berkualitas. Penilaian
portofolio yang digunakan
di kelas merupakan satu
alternatif untuk meningkatkan
kompetensi siswa secara
menyeluruh.
Penggunaan portofolio secara tepat tidak saja
meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu tetapi juga kompetensi yang
bersifat umum yang diperlukan dalam kehidupan seperti berpikir kritis, berpikir reflektif,
memahami kelebihan dan kelemahan diri,
menemukan strategi untuk
meningkatkan kompetensi, gigih,
dan menjadi pembelajar yang mandiri.
Tujuan Buku
Penilaian Portofolio ini adalah disusun untuk
memberi wawasan kepada
guru dalam melakukan penilaian portofolio baik untuk kepentingan penilaian
formatif atau diagnostik maupun sumatif. Semoga buku ini dapat
menginspirasi guru dalam melakukan penilaian portofolio yang berkualitas
sehingga membantu berkembangnya potensi siswa secara optimal dan menyeluruh.
Selengkapnya, Unduh Gratis Panduan Penilaian
PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Terkait Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi
Guru, Semoga Ada Manfaatnya.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini.
Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan,
terima kasih.
Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.