Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD
DAPODIK.CO.ID
– Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD. Pada 15 tahun terakhir,
terdapat 46.648 sekolah yang terdampak, sedangkan untuk PAUD masih belum ada
data yang akurat. Data ini hanya dihimpun berdasarkan skala bencana menengah
dan besar yang memberikan dampak signifikan pada sektor pendidikan Indonesia.
Semua
orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana, sehingga penanganan bencana
merupakan urusan semua pihak. Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan, baik anak,
remaja, dan dewasa, seperti yang telah dilakukan di Jepang, untuk menumbuhkan
kesadaran kesiapsiagaan bencana.
Bencana
alam merupakan kejadian yang menimbulkan pengalaman traumatik bagi setiap
manusia namun mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda. Meskipun
demikian, terdapat reaksi emosi dan prilaku yang khas pada beberapa kelompok
usia tertentu, misalnya pada anak usia dini.
Anak
usia dini lebih mengalami kesulitan dalam menghadapi peristiwa traumatik karena
memiliki keterbatasan dalam hal pengalaman hidup, keterampilan dalam
penyelesaian masalah, kemampuan untuk mengekspresikan perasaan maupun
kebutuhannya sehingga kehadiran orang dewasa.
Dengan
banyaknya potensi bencana yang terjadi di Indonesia, maka menjadi penting
pendidikan kebencanaan ini dilakukan sejak dini, dan hal ini bisa kita lakukan
dengan mendidik para guru PAUD tentang pendidikan kebencanaan yang nantinya
dapat disampaikan pada anak melalui kegiatan main sesuai prinsip pembelajaran
di PAUD.
Upaya pemberian pendidikan kebencanaan sejak dini merupakan tindakan
penting dan mendasar yang bukan hanya sebagai tindakan pengembangan atau
pengayaan kurikulum semata, tetapi juga merupakan tindakan preventif bagi
kehidupan setiap anak dalam menghadapi fenomena tersebut di masa yang akan
datang, sehingga ketika dihadapkan
pada kejadian nyata setiap anak telah memiliki kesiapan yang optimal
dalam menghadapinya.
BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN
KEBENCANAAN DI SATUAN PAUD
Agar
penyelenggaraan Pendidikan Kebencanaan di PAUD sesuai arah kebijakan dan tepat
sasaran, efisien, efektif dan optimal, maka disusunlah buku “Pedoman Pendidikan
Kebencanaan di Satuan PAUD”.
Tujuan
Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Paud:
1.
Tujuan
Umum
Menjadi
acuan dalam penyelenggaraan dan operasional Pendidikan Kebencanaan yang
dilaksanakan di setiap satuan PAUD, sehingga sesuai dengan arah dan kebijakan
yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD
dan Dikmas, Kemdikbud.
2.
Tujuan
Khusus
- Memberikan acuan dalam penetapan arah dan tujuan dalam penyelenggaran pendidikan kebencanaan yang dilaksanakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
- Memberikan acuan dalam penyusunan dan pengintegrasian kurikulum pendidikan kebencanaan yang akan dikembangkan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
- Memberikan acuan dalam penyusunan dan pengintegrasian RPP yang akan dilaksanakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
- Memberikan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran melalui bermain dan aktivitas lainnya terhadap peserta didik dalam pendidikan kebencanaan yang di selenggarakan satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
- Memberikan acuan dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran dan perkembangan anak dalam pendidikan kebencanaan yang di selenggarakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
- Memberikan acuan dalam pelibatan mitra terkait yang mendukung pelaksanaan pendidikan kebencanaan yang diselenggarakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
Berikut
Ini Adalah Paparan Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD:
Demikian Artikel Terbaru Terkait Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD, Semoga Ada Manfaatnya.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.