Kriteria Ideal Guru TK PAUD Idaman
DAPODIK.CO.ID - Kriteria Ideal Guru TK
PAUD Idaman. Guru-Guru Taman kanak-kanak, Pendidikan Anak Usia Dini (TK-PAUD)
selain harus memiliki modal kerja untuk mendidik murid, juga idealnya memenuhi
kriteria tertentu. Soal perlunya modal kerja ini, silakan pembaca memeriksa
artikel lain dalam laman ini juga berjudul Modal Kerja Guru .
Berikut kriteria ideal guru TK PAUD yang admin coba adaptasikan dari buku Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak,
karya Agus F. Tangyong dkk., terbitan Gramedia, 1988.
Guru TK PAUD yang paling
ideal adalah seorang profesional yang terdidik dan terlatih baik, serta
memiliki pengalaman yang kaya di bidangnya. Pengertian terdidik adalah mereka
yang memiliki bekal pendidikan formal. Idealnya, guru TK PAUD minimal
berpendidikan strata 1 dalam bidang apa pun.
Namun tak berarti mereka
yang berpendidikan setingkat SMP atau SMA tak dibolehkan mengajar murid TK PAUD,
karena pada dasarnya yang dibutuhkan adalah kemampuannya yang setingkat sarjana
Strata 1, bukan ijazahnya.
Memang faktanya sebagian
besar guru pendidikan anak usia dini, termasuk di dalamnya guru TK, belum
sarjana. Berdasarkan data yang diungkapkan Direktur Pembinaan PAUD Direktorat
Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Ella
Yulaelawati seperti dikutip laman beritasatu.com, jumlah tenaga
kependidikan PAUD saat ini sebanyak 588.475.
Dari jumlah itu, sebanyak
22.972 berlatar belakang pendidikan SMP dan 289.762 SMA. Kemudian, lulusan
diploma sebanyak 75.678 dan S1 sebanyak 196.181 orang. Selanjutnya, guru dan
tenaga kependidikan lulusan S2 terdapat 3.882 orang.
Kriteria lain, terlatih
dengan baik. Guru TK PAUD haruslah seorang yang menguasai tehnik mendidik,
memiliki pengetahuan tentang cara-cara mendidik, maupun membuat rancangan
kegiatan (mingguan dan harian) dan mampu mengorganisasikan kelas. Ia juga
mengetahui cara menghadapi berbagai macam permasalahan anak, mulai dari
perkelahian antar anak sampai dengan menggiatkan kelompok belajar.
Guru-guru TK PAUD niscaya
membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mampu mendidik anak-anak usia TK PAUD.
Pelatihan-pelatihan ini menyangkut penguasaan kurikulum, pengetahuan tentang
kompetensi dasar yang mesti dibekalkan ke anak didik, metode-metode yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan kurikulum, dan lain-lain.
Pelatihan yang paling
dibutuhkan tentu saja materi bermain sebagai metode untuk penanaman nilai-nilai
yang diharapkan disemaikan dalam jiwa anak-anak TK PAUD.
Kriteria lain,
pengalaman yang kaya di bidangnya.
Mereka yang sudah lama
menjadi guru TK PAUD pasti akan lebih lihai dalam menghadapi murid-murid yang
masih berusia dini ini, dibanding para guru pemula. Bagaimana cara menangani
anak yang pemberontak, perengek, pengganggu dan lain-lain? Pengalaman yang
panjang karena itu diharapkan meningkatkan kompetensi guru TK PAUD untuk
menjalankan tugasnya.
Kriteria lain, kecintaan
yang tulus pada anak, berminat pada perkembangan anak, bersedia mengembangkan
potensi yang dimiliki anak, hangat dalam bersikap dan bersedia bermain dengan
anak. Kata kuncinya di sini: mencintai anak.
Jika rasa cinta pada
anak-anak sudah muncul di dalam hatinya, maka sikap-sikap berikutnya akan
mengikut, seperti memperhatikan, memedulikan, bersimpati, berempati, sikap
hangat, dan seterusnya.
Guru TK PAUD adalah guru
yang konsisten sekaligus luwes dan lincah dalam menghadapi kebutuhan, minat dan
kemampuan anak.
Kriteria guru yang ideal
belum tentu dapat dipenuhi oleh seorang guru TK, namun yang penting adalah
usaha ke arah itu. *
Posting Komentar untuk "Kriteria Ideal Guru TK PAUD Idaman "
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.