Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013
DAPODIK.CO.ID - Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat dua dimensi kurikulum. Dimensi pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Kurikulum
2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup pengembangan pada aspek struktur
kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifi k, dan penilaian yang
bersifat autentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran
konstruktivisme yang lebih bersifat fl eksibel dalam pelaksanaan sehingga
memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakatnya. Model
pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta
jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah.
Keajegan model pendekatan di semua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap,
pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal
sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia
yang memiliki kompetensi sikap beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing
dalam lingkup yang lebih luas.
Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan
Anak Usia Dini Kurikulum 2013
Sebagai
jenjang paling dasar, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan
menjadi fundamen bagi penyiapan peserta didik agar lebih siap dalam memasuki
jenjang pendidikan lebih tinggi. Mengantarkan anak usia dini yang siap
melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada kemampuan anak membaca,
menulis, dan berhitung, tetapi juga dalam keseluruhan aspek perkembangan.
Tanggung jawab ini harus dipikul bersama antara pemerintah, pengelola dan
pendidikan PAUD, orang tua, serta masyarakat.
Untuk
menyamakan langkah, khususnya bagi para pelaksana layanan program PAUD, guna
perlu diberikan pedoman, pelatihan, dan acuan-acuan yang dapat dijadikan
sebagai rujukan para pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini di satuan pendidikannya.
Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum 2013 PAUD merupakan suatu keniscayaan jika dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh komponen.
Pedoman
ini sesungguhnya mengukuhkan keyakinan kita semua bahwa menanamkan sikap sejak
usia dini seperti mengukir di atas batu, walaupun sulit, hasilnya akan terpatri
lama. Oleh karena itu, penanaman sikap menjadi tanggung jawab bersama, antara
orang tua, pendidik, pengasuh, masyarakat, dan pemerintah. Untuk itu
kebersamaan, keselarasan, dan kemitraan harus selalu digalang untuk mencapa
hasil yang diharapkan. Melalui tangan bapak ibu guru, pengelola dan pemerhati
PAUD harapan melahirkan anak cerdas diperkokoh dengan sikap tangguh semoga
segera terwujud.
Paparan Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013:
Demikian Artikel Tentang Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013. Semoga Ada Manfaatnya, Terima Kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Unduh
Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013 Di Sini
Posting Komentar untuk "Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.