Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran
DAPODIK.CO.ID - Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.
Terdapat
dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi
matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi
yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan
bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta
keterampilan memilah serta mengolah informasi.
AKM
menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu
diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi
yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam,
tidak sekedar penguasaan konten.
Asesmen
Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan
hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia.
Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untuk
memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada
gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.
Salah
satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah
literasi membaca serta literasi matematika (numerasi). Asesmen ini disebut
sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar
atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di
masyarakat. Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasil
belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasar
yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran.
Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang
diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan
berpartisipasi positif pada masyarakat.
Tujuan
buku saku ini disusun untuk memberikan informasi dan wawasan mengenai soal-soal
AKM serta implikasinya dalam pembelajaran lintas mata pelajaran. Penjelasan
mengenai tingkat kompetensi dari hasil AKM juga diharapkan memantik beragam
strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan murid: “teaching at the
right level”.
Paparan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya dalam Pembelajaran:
Unduh Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya dalam Pembelajaran Disini.
Demikian Artikel Terbaru Terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Posting Komentar untuk "Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.