Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Soal Dan Jawabannya
DAPODIK.CO.ID - Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Soal Dan Jawabannya.
Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum
1. Pernyataan yang benar
mengenai Asesmen Nasional yaitu….
·
Digunakan
sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
·
Digunakan
sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
·
Diberikan
di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
·
Diberikan
untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
2. Dalam Asesmen Nasional
pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan
melalui….
·
Survei
karakter
·
Survei
lingkungan belajar
·
Asesmen
Kompetensi Minimum
·
Survei
kualitas sekolah
3. Salah satu instrumen Asesmen
Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki
tujuan utama yaitu….
·
Mengukur
kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
·
Mengukur
hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai
pancasila
·
Mengukur
hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan
numerasi
·
Mengukur
kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu
kualitas sekolah
4. Perbedaan Asesmen Nasional
dengan Ujian Nasional adalah….
·
Ujian
Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional
untuk tingkat akhir
·
Ujian
Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama
4 hari
·
Ujian
Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa
sampel
·
Ujian
Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen
Nasional dilakukan secara daring
5. Pernyataan yang tepat
mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum
yaitu….
·
Jumlah
butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
·
Semua
siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat
kesulitan sama
·
Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda,
menjodohkan, isian singkat, dan uraian
·
Kompetensi
mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya
6. Dalam pelaksanaan Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
·
Teks informasi dan teks fiksi
·
Teks
prosedur dan teks prosedur kompleks
·
Teks
observasi dan teks deskripsi
·
Teks
wacana dan teks argumentasi
7. Kompetensi minimum yang
dimaksudkan dalam AKM adalah….
·
Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi
apapun
·
Kompetensi
dasar yang harus dimiliki sekolah
·
Kompetensi
matematika dan Bahasa Indonesia siswa
·
Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa
8. Asesmen Kompetensi Minimum
dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal.
Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen
Kompetensi Minimum?
·
Konteks
masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
·
Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
·
Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
·
Dalam
soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam
9. Manakah dalam pernyataan
berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan
dengan soal Ujian Nasional?
·
Mutu
pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran
tertentu
·
Penentuan
dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
·
Kemampuan
kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
·
Menekankan
pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
10. Dari yang sudah dipelajari
mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
·
Asesmen
Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
·
Dengan
Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
·
Hasil
Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
·
Asesmen
Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap
konten
11. Perhatikan komponen berikut:
(a) Konten
(b) Proses kognitif
(c) Proses non kognitif
(d) Konteks
Manakah yang mencakup tiga
komponen penilaian asesmen literasi membaca?
·
(a),
(b), (c)
·
(a), (b), (d)
·
(a),
(c), (d)
·
(b),
(c), (d)
12. Guru Anwar memberikan soal
teks bacaan sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa,
mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?
·
Menemukan
informasi tersurat
·
Membandingkan
hal-hal utama dalam teks
·
Menilai
kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
·
Mengidentifikasi
kejadian yang dihadapi tokoh cerita
13. Pada soal-soal literasi
yang diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru
Rani membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi
komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?
·
Menilai
kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
·
Menyimpulkan
perasaan dan sifat tokoh pada teks
·
Mengidentifikasi
kejadian yang dihadapi tokoh cerita
·
Menyusun
inferensi (kesimpulan) terkait isi teks
14. Guru Aziz meminta
siswa untuk memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan.
Kompetensi apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?
·
Menyimpulkan
perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain
·
Membandingkan
hal-hal utama dalam teks sastra
·
Merefleksi
pengetahuan baru yang diperoleh dari teks
·
Mengidentifikasi
perubahan dalam elemen intrinsik pada teks
15. Pada asesmen numerasi tingkat
SD, hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level
pembelajaran 2 yaitu….
·
Mengenal
segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran
·
Mengenal
limas kerucut dan bola
·
Mengenal
prisma dan tabung
·
Mengenal
balok dan kubus
16. Menyelesaikan soal mengenai
persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi
yaitu….
·
Bilangan
·
Geometri
dan pengukuran
·
Aljabar
·
Data
dan ketidakpastian
17. Asesmen literasi membaca
tingkat SD dilaksanakan dalam….
·
1
level pembelajaran
·
2
level pembelajaran
·
3 level pembelajaran
·
4
level pembelajaran
18. Analisis soal berikut dan
temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!
·
Andi
memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan
maka beratnya menjadi …. kilogram.
·
Perhatikan
kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling
sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?
·
KPK
dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….
·
Diketahui
sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?
19. Bagaimana dampak Asesmen
Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional
sebelumnya?
·
Asesmen
Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi
beban tambahan
·
Asesmen
Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD/MI untuk memasuki jenjang
SMP/MTS
·
Asesmen
Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai
pencapaian siswa
·
Asesmen
Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa,
melainkan berfokus pada proses
20. Pada tingkat SD asesmen
literasi maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang
menunjukkan penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?
·
Pada
level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan
pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi
dan fungsi bilangan.
·
Pada
level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun
desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan
pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi.
Mempelajari data dengan representasinya.
·
Pada
level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun
desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan
pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi.
Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.
·
Pada level pembelajaran 3, siswa akan
merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian,
perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan
pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi
bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.
21. Salah satu ciri
pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
·
Berpusat
pada materi pembelajaran
·
Belajar
untuk cakupan materi
·
Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
·
Berorientasi
pada nilai akhir
22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran
berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:
- Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
- Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
- Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
- Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi
- Berorientasi pada nilai akhir
- Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks
Manakah pernyataan yang
menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
·
1),
3), 5)
·
2),
4), 5)
·
3),
5), 6)
·
1),
4), 6)
23. Dari hasil AKM ditemukan
bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang
lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
·
Perlu
intervensi khusus
·
Dasar
·
Cakap
·
Mahir
24. Guru Cleo memberikan soal
teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks
pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam
kelompok….
·
Perlu
intervensi khusus
·
Dasar
·
Cakap
·
Mahir
25. Bagaimana keterkaitan
antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
·
Asesmen
Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
·
Asesmen
Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara
keseluruhan
·
Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang
seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
·
Asesmen
Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
26. Soal dalam asesmen literasi
menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena
terdapat proses baru yaitu….
·
Mencari,
mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
·
Memahami
informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
·
Memadukan
interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
·
Mengevaluasi
dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
27. Bagaimana hasil Asesmen
Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun
strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
·
Menyesuaikan
pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
·
Melakukan
penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
·
Menyusun
pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
·
Menyesuaikan
pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa
28. Dalam asesmen numerasi
siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan
solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong
siswa untuk….
·
Menyelesaikan
soal sesuai konsep matematika
·
Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami
data dalam bentuk tabel maupun grafik
·
Memahami
fakta, prosedur, serta alat matematika
29. Apa tindak lanjut yang
dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
·
Memetakan
pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang
sekolah yang lebih tinggi
·
Menyusun
dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih
baik lagi
·
Mendorong
siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak
relevan dengan AKM
·
Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga
guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
30. Bagaimana keterkaitan
antara pelaksanaan AKM dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi
yang dihadapi guru?
·
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum
dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada
kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
·
Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik
utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir
berupa nilai akhir berupa nilai
·
Pelaporan
Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran
untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
·
Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus
dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan
Yang berwarna merah merupan jawaban dari setiap pertanyaan - pertanyaan
Demikian Postingan Terbaru Terkait Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Soal Dan Jawabannya. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Soal Dan Jawabannya"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.