Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Tingkat SD, Ini Penjelasannya
DAPODIK.CO.ID - Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Tingkat SD Ini Penjelasannya
Bimtek
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Tingkat SD
Selamat datang dan selamat bergabung dalam Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Semoga Anda
telah dalam keadaan siap untuk mengikuti program ini!
Orientasi Guru Belajar Seri
AsesmenKompetensi Minimum
Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum untuk Tingkat SD Orientasi Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum
IN PROGRESS
Selamat dating dan selamat
bergabung dalamOrientasi Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum. Program
ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bagaimana kabar Anda? Semoga Anda
telah dalam keadaan siapuntuk mengikuti program ini!
Guru Belajar Seri
AsesmenK ompetensi Minimum terdiri dari dua tahap, Orientasi dan Bimtek serta Pengimbasan.
Saatini, Anda berada pada tahap pertama, Orientasi dan Bimtek. Pada taha pini,
peserta akan mendapatkan pemahaman terkait latar belakang, tujuan umum,
kebijakan, danalur Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Program
ini bertujuan untuk menjawab berbagai persoalan guru dalam menghadapi Asesmen Kompetensi
Minimum, diantaranya:
1. Berkembangnya miskonsepsi
tentang asesmen nasional
Latar
Belakangdan Kebijakan Asesmen Nasional
Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum untuk Tingkat SD Orientasi Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Latar Belakang dan Kebijakan Asesmen Nasional
IN PROGRESS
Hasil PISA membuktikan
kemampuan belajar siswa pada pendidikan dasar dan menengah kurang memadai.
Padatahun 2018, sekitar 70% siswa memiliki kompetensi literasi membaca di bawah
minimum. Samahalnya dengan keterampilan matematika dan sains, 71% siswa berada
di bawah kompetensi minimum untuk matematika dan 60% siswa di bawah kompetensi
minimum untuk keterampilan sains. Skor PISA Indonesia stagnan dalam 10-15 tahun
terakhir. Kondisiini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang
konsisten dengan peringkat hasil PISA yang terendah. Bagaimana pendapat Anda?
Menanggap ikondisi tersebut,
reformasi asesmen diperlukan guna mendorong peningkatan kualitas pembelajaran.
Pemetaan mutu pendidikan secara menyeluruh dibutuhkan. Untuk itu pada tahun
2021 mendatang, Asesmen Nasional (AN) akan resmi diterapkan oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan dan Ujian Nasional (UN) sudah tidak lagi diberlakukan. Kebijakan
ini ditetapkan berdasarkan hasil koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
dengan sejumlah dinas dan lembaga terkait.
Dalamhalini, AN
diterapkan untuk mengevaluasi kinerja dan mutu system pendidikan. Nantinya,
hasil Asesmen Nasional tidak memiliki konsekuensi apapun pada pencapaian proses
belajar siswa namun memberikan umpan balik untuk tindak lanjut pembelajaran dan
kompetensi siswa.
Kebijakan terkait penerapan
Asesmen Nasional (AN) ini telah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Anda dapat mendengarkan penjelasannya lebih detail dengan menyaksikan video
yang disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.
Silakan cermati dengan seksama dan mencatat poin penting yang Anda peroleh.
2. Adanya malpraktik pembelajaran
dalam melakukan persiapan menghadapi asesmen nasional
3. Guru belum mengetahui
cara membaca hasil asesmen nasional
4. Guru belum memahami
bagaimana menindak lanjuti hasil asesmen nasional
Anda akan melakukan serangkaian
kegiatan pembelajaran secara mandiri melalui program pembelajaran otomatisasi dengan
alokasi waktu selama 32 jam pertemuan yang dapat Anda atur secara fleksibel.
Program Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum disusun dengan memadukan
tahapan dam pendekatan modular yang memfasilitasi peserta melakukan personalisasi
pembelajaran. Selainitu, program ini dapat mendorong guru untuk saling belajar dengan
guru yang lain dalamhal berbagi praktik baik pembelajaran. Selamat belajar!
Apa Pentingnya Asesmen Nasional?
Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum untuk Tingkat SD Orientasi Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Apa Pentingnya Asesmen Nasional?
IN PROGRESS
Pada aktivitas sebelumnya,
telah dijelaskan bahwa Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu
pendidikan. Pertanyaannya, mutu pendidikan seperti apa yang diharapkan? Apakah mutu
pendidikan dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional sajaseperti yang selama ini terjadi?
Peningkatan mutu system pendidikan tidak hanya berorientasi pada pencapaian siswa dalam menguasai materi pelajaran dan nilai ujian akhir, apapun sebutannya. Keberhasilan system pendidikan lebih difokuskan pada pencapaian kompetensi siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Terlebih pada era transformasi pendidikan abad ke-21, dimana arus perubahan menuntut siswa menguasai berbagai kecakapan hidup yang esensial untuk menghadapi berbagai tantangan abad ke-21 dimana siswa memiliki kecakapan belajar dan beri novasi, kecakapan menggunakan teknologi informasi, kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat.
Selain tuntutan kecakapan
abad 21, profil pelajar Pancasila juga menjadi rujukan pencapaian karakter bagi
seluruh siswa di Indonesia. Bahkan profil pelajar pancasila ini sudah merangkum
serangkaian kecakapan hidup abad 21. Karakter pelajar Pancasila yang ingin dicapai
oleh siswa yaitu:
1.
Beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
2.
Berkebhinekaan global
3.
Mandiri
4.
Bernalarkritis
5.
Kreatif
6.
Gotong royong
Silakan membaca penjelasan lebih rinci mengenai profil pelajar
Pancasila melalui tautan beri kutini Profil Pelajar Pancasila
Untuk itu, penting bagi
guru dan siswa untuk mengadopsi proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan
kompetensi. Pencapaian kompetensi siswa dapat diukur dari pemahaman konsep, dan
keterampilan menerapkan konsep dalam berbagai konteks. Dengan demikian, siswa tidak
hanya menguasai konten semata, tetapi lebih menguasai pemahaman secara mendalam
terhadap konsep yang dapat diterapkan di berbagai konteks kehidupan. Hal ini
yang diharapkan sebagai peningkatan hasil pembelajaran siswa. Capaian kompetensi
siswa secara holistic inilah yang ingin dievaluasi melalui Asesmen Nasional.
BagaimanaketerkaitanAsesmen
Nasional dengankecakapanabad 21 danprofilpelajar Pancasila?
Simakpenjelasannyapadamateri yang telahdisediakanberikutini.
RefleksiOrientasi
Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum untuk Tingkat SD Orientasi Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Refleksi Orientasi
IN PROGRESS
Aktivitas sebelumnya merupakan
aktivitas terakhir pada tahapan orientasi ini. Selamat! Itu artinya, Anda telah
mempelajari seluruh materi pada topik orientasi program.
Sebelum melanjutkan ketahapan
Bimtek, mari merefleksi kenapa yang telah Anda pelajari. Silakan Anda memulai
kuis refleksi yang telah tersedia.
Terimakasih! Anda telah
berkomitmen menyelesaikan topik ini hingga selesai. Setelah ini, Anda dapat melanjutkan
proses belajar ketahap berikutnya, yaitu Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum sesuai dengan jenjang pendidikan yang Bapak dan Ibu ampu.
Selamat belajar!
Quizzes
Refleksi Orientasi
Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi
Minimum untuk Tingkat SD Orientasi Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Refleksi Orientasi Refleksi Orientasi
1. Menurut Anda, apa informasi penting yang Anda peroleh
setelah mempelajari materi pada topik orientasi program? Apaharapan Anda mengenai
Asesmen Nasional? Anda dapat menuliskan refleksi pada kolom dibawahini
2. Jawaban
Informasipenting yang sayaperolehsetelahmempelajarimateripadatopikorientasi program? Dengangsayamempelajarimateritopikorientasi program sedikitnyasayamengertitentangkegiatanini.
Apa harapan Anda mengenai Asesmen Nasional?
Terobosan baru dalam dunia pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman. Semoga pada saat pelaksanaannya nanti untuk satuan pendidikan yang mengalami kendala berkaitan dengan sarana dan prasarana serta jaringan diberikan bantuan oleh kemdikbud.
Demikian
Informasi Terkait Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Untuk
Tingkat SD Ini Penjelasannya. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel
Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Tingkat SD, Ini Penjelasannya"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.