Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca
Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca
Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
Konsep
Literasi Membaca
Bimtek
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD Asesmen
Literasi Membaca Tingkat SD Konsep
Literasi Membaca
IN PROGRESS
Literasi membaca
termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam
Asesmen Kompetensi Minimum. Sebelum membahas lebih jauh mengenai asesmen
Literasi membaca dalam AKM, Bapak dan Ibu perlu meninjau kembali apa yang
dimaksud dengan literasi membaca dan menulis.
Literasi baca dan
tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari,
menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi,
dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman
dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.
Literasi membaca dan
menulis, tidak seperti sebutannya, mencakup kemampuan yang lebih dari sekedar
mampu mengeja kalimat dan menuliskannya. Literasi membaca dan menulis, perlu
dikembangkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih bermakna terkait berbagai
cakupan dan konteks kehidupan. Di dalam lingkungan satuan pendidikan,
kompetensi literasi yang terus berkembang memungkinkan siswa untuk dapat
menggunakannya dalam berbagai mata pelajaran.
Selanjutnya Bapak dan
Ibu dapat melanjutkan ke aktivitas berikutnya untuk mengenali bagaimana Asesmen
Kompetensi Minimum literasi membaca diterapkan. Jangan lupa tandai selesai lalu
lanjutkan.
Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
Bimtek
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD Asesmen
Literasi Membaca Tingkat SD Mengenal
Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
IN PROGRESS
Asesmen Kompetensi
Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua
siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada
masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi
membaca dan numerasi.
Pada topik ini, Bapak
dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen Literasi Membaca yang
berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam
penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten
tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat
proses kognitif.
Konten pada Literasi
Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam
dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Kemudian, tingkat proses
kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat
menyelesaikan masalah atau soal. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah
menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi.
Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang
digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial
budaya, dan saintifik.
Untuk mempermudah
Bapak dan Ibu memahami penilaian asesmen literasi membaca silakan cek
infografis berikut:
Silakan melanjutkan ke
aktivitas berikutnya. Jangan lupa tandai selesai lalu lanjutkan.
Menganalisis
Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
Bimtek
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD Asesmen
Literasi Membaca Tingkat SD Menganalisis
Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
IN PROGRESS
Selanjutnya Bapak dan
Ibu akan berlatih menganalisis tahap asesmen pada tingkat SD.
Pada tingkat SD
terdapat 3 level pembelajaran, mari kita pelajari setiap level pembelajaran
yang ada pada tingkat SD.
Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 1 dan 2, siswa akan
menemukan informasi dengan cara mengakses dan mencari informasi dalam teks.
Selain itu siswa akan memahami teks secara literal, kemudian menyusun
inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak.
Siswa juga akan mengevaluasi dan merefleksi dengan menilai format penyajian
dalam teks. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap
melalui link
Level
Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level
Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Informasi
Pada level pembelajaran 2 untuk kelas 3 dan 4, sama seperti
level pembelajaran 1 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada
literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 3 dan 4 akan menggunakan konten
yang sesuai dengan jenjangnya. Siswa akan mengevaluasi menilai format penyajian
dalam teks, selain itu siswa juga merefleksi isi wacana untuk pengambilan
keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman
pribadi. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap
melalui link Level
Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level
Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Informasi
Pada level pembelajaran 3 untuk kelas 5 dan 6, sama seperti
level pembelajaran 2 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada
literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 5 dan 6 akan menggunakan konten
yang sesuai dengan jenjangnya. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang
lebih lengkap melalui link Level
Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level
Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Informasi
Silakan melanjutkan ke
aktivitas berikutnya. Jangan lupa tandai selesai lalu lanjutkan.
Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
Bimtek Guru Belajar Seri
Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD Asesmen Literasi Membaca
Tingkat SD Contoh Butir Soal Asesmen
Literasi Membaca Tingkat SD
IN PROGRESS
Pada aktivitas sebelumnya,
Bapak dan Ibu telah belajar menganalisis tahap asesmen literasi membaca pada
tingkat SD. Pada topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir
asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi tingkat SD.
Berikut ini merupakan salah
satu contoh teks fiksi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2:
Melalui teks tersebut, Bapak
dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan. Kompetensi apa saja
yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?
1.
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Contoh soalnya:
Hewan apa yang Sukma dan
Trisna tangkap?
A |
Kupu-kupu |
B |
Capung |
C |
Belalang |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-Contoh Butir Soal
Kompetensi Level 1
2. Mengidentifikasi kejadian
yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya
Contoh soalnya:
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Sukma dan
Trisna mendapat tugas sains dari Ibu Guru untuk mengamati serangga. |
|
|
Trisna
mengatakan bahwa salah satu contoh serangga adalah capung. |
|
|
Mereka
pergi ke taman yang terdapat banyak capung. |
|
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-Contoh Soal
Kompetensi Level 2
3. Menyimpulkan perasaan dan
sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya
Contoh soalnya:
Bagaimana perasaan Sukma dan
Trisna setelah menyelesaikan tugas dari Bu guru?
Ketik jawabanmu!
Gembira |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-contoh soal kompetensi 3 Level
1
4. Membandingkan hal-hal
utama dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya
Contoh soalnya:
Klik pada pilihan jawaban yang tepat!
Apa kegiatan Sukma dan Trisna sebelum pergi ke lapangan untuk mencari serangga?
A |
Berencana
untuk menangkap capung. |
B |
Membuat
jaring laba-laba. |
C |
Pergi ke
halaman sekolah. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-contoh soal
kompetensi 4 Level 1
5. Menilai kesesuaian antara
ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat
sesuai jenjangnya
Contoh soalnya:
Perhatikan Gambar!
Gambar 1.
Gambar 2.
Gambar 3.
Pada gambar nomor berapa
Sukma dan Trisna berhasil menangkap capung?
A |
Gambar
nomor 1. |
B |
Gambar
nomor 2. |
C |
Gambar
nomor 3. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-contoh soal
kompetensi 5 Level 1
Level Pembelajaran 1 Teks Informasi untuk kelas 1 dan 2.
Anda dapat melihat salah
satu contoh teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2.
1.
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Mela mempunyai teman baru di kelasnya
Namanya Arini
Mela ingin mengajak Arini bermain sepeda di taman kota
Sayangnya, Arini belum tahu letak taman kota
Kemudian, Mela membuat sebuah denah untuk Arini
Klik pada satu pilihan
jawaban!
Menurut denah tersebut, di
mana letak taman kota?
A |
Di samping
rumah Mela |
B |
Di
seberang masjid |
C |
Di
seberang toko buku |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-contoh butir soal
kompetensi 1 level 1
2. Mengidentifikasi topik
atau fokus pembahasan pada teks informasi yang sesuai jenjangnya.
Klik pada beberapa pilihan
jawaban!
Menurut kamu, mana judul
yang paling cocok untuk tulisan itu?
|
Denah
Menuju Taman Kota |
Mencari
Taman Kota |
|
|
Denah Kota
Kita |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:
Contoh-contoh butir soal
kompetensi 2 level 1
3. Menyimpulkan kejadian
pada teks informasi sesuai jenjangnya.
Mela mempunyai teman baru di kelasnya. Namanya Arini.
Mela ingin mengajak Arini
bermain sepeda di taman kota.
Sayangnya, Arini belum tahu letak taman kota.
Mela membuat sebuah denah untuk Arini.
Ketik jawabanmu!
Mengapa Mela membuat denah
untuk Arini?
Untuk
memberitahu Arini letak taman kota. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 3 level 1
Dari teks tersebut, Bapak
dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks informasi untuk level ini?
4. Membandingkan hal-hal
utama dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Perhatikan gambar di bawah
ini!
Ini adalah salah satu contoh
akibat mencairnya es di Kutub Selatan terhadap kehidupan beruang kutub.
Gambar 1: Sebelum es di
kutub mencair Gambar 2: Setelah es di kutub mencair
Kasihan beruang kutub, jika
es di sana mencair
Yuk, kita jaga bumi kita!
Jangan sampai es di kutub mencair!
Kamu bisa klik beberapa
pilihan!
Menurutmu, mana yang
menyebabkan suhu bumi naik?
|
Penebangan
pohon |
Penangkapan
ikan |
|
|
Polusi
udara |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 4 level 1
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks fiksi untuk level ini?
5. Menilai kesesuaian antara
ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat
sesuai sesuai jenjangnya.
Perhatikan gambar di atas!
Apakah tindakan yang dilakukan anak itu tepat?
A |
Tepat.
Kita harus berbagi makanan dengan hewan di kebun binatang. |
B |
Tidak
tepat. Kita tidak boleh memberi makan hewan di kebun binatang. |
C |
Tidak
tepat. Makanan yang diberikan seharusnya bukan buah-buahan. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5
level 1
Level Pembelajaran 2 Teks Fiksi untuk kelas 3 dan 4.
Anda dapat melihat salah
satu contoh teks fiksi untuk pembelajaran level 2 kelas 3 dan 4.
1.
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks fiksi
yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Siapa itu pasukan
biru?
Pasukan
biru adalah sekelompok ibu yang kerja bakti memeriksa dan membersihkan
lingkungan agar tidak ada sarang nyamuk. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 1 level 2
2. Mengidentifikasi dan
menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai
jenjangnya.
Apa yang terjadi jika ada
jentik dalam bak mandi rumah Nuha? Kamu dapat memilih lebih dari satu
jawaban.
Pernyataan |
|
Rumah Nuha
akan mendapat kartu kuning. |
|
Banyak
nyamuk yang akan bersarang di rumah Nuha. |
|
Nuha dan
keluarga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 2 level 2
3. Menyimpulkan perasaan dan
sifat tokoh serta elemen intrinsik lain berdasarkan informasi rinci di dalam
teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Bagaimana perasaan Nuha saat
Mbak Nurul mengacungkan jari jempolnya setelah memeriksa kamar mandi di rumah
Nuha?
A |
Sedih,
karena terdapat jentik di rumah Nuha. |
B |
Senang,
karena kamar mandi rumah Nuha bebas jentik. |
C |
Terkejut,
karena akan ada gerebek jentik. |
D |
Heran,
karena tim pasukan biru boleh masuk kamar mandi. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 3 level 2
4. Menyusun inferensi
(kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/
pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks
informasi.
Apakah pernyataan berikut benar atau salah?
Mbak Nurul dan pasukan biru mengecek kebersihan kamar mandi rumah
warga.
A |
Benar |
B |
Salah |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 4 level 2
5. Membandingkan hal-hal
utama dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Berdasarkan wacana tersebut,
apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah nyamuk bersarang di suatu tempat
atau di rumahmu? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Membersihkan
halaman rumah. |
|
|
Menanam
pohon serai. |
|
|
Menguras
bak mandi. |
|
|
Memakai
seragam biru |
|
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 5 level 2
6. Menilai kesesuaian antara
ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat
sesuai sesuai jenjangnya.
Ilustrasi puisi di atas
menggambarkan isi puisi “Siti dan Udin di Jalan”.
Apakah kamu setuju? Jelaskan
jawabanmu.
Setuju,
karena gambar tersebut menunjukkan dua orang anak yang sedang memainkan alat
musik di jalan dengan wajah riang sehingga sesuai dengan teks puisi. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 6 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks fiksi untuk level ini?
7. Mengaitkan isi teks
sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya.
Mengapa bermain di lapangan
lebih seru daripada bermain gim dalam telepon seluler?
bertemu
dengan banyak teman atau bisa bermain berbagai macam permainan |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 7 level 2
Level Pembelajaran 2 Teks Informasi untuk kelas 3 dan 4.
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks informasi untuk level ini?
1.
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Apa yang menyebabkan mata
kita terlihat seperti mata panda?
Mata
terlihat seperti mata panda karena kurang tidur. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 1 level 2
2. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang
terus meningkat sesuai jenjangnya.
Cara yang dapat kita lakukan
agar bisa tidur dengan nyenyak adalah .…
A |
belajar
sebelum tidur |
B |
berolahraga
sebelum tidur |
C |
mandi
sebelum tidur |
D |
mematikan
lampu sebelum tidur |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 2 level 2
3. Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi
rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya.
Andi adalah seorang anak
kelas 5 SD. Menurut artikel di atas, berapa lama waktu tidur yang diperlukan
Andi setiap harinya? Mengapa?
Andi perlu
tidur selama 9–11 jam karena usia Andi adalah usia anak sekolah. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 3 level 2
·
·
4. Membandingkan hal-hal utama
dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Cermati
pernyataan-pernyataan berikut! Kemudian, klik pada kolom Benar jika sesuai
dengan isi bacaan, dan klik pada kolom Salah jika tidak sesuai dengan isi
bacaan tersebut!
PERNYATAAN |
BENAR |
SALAH |
Kuda laut
memiliki bentuk kepala seperti kuda dan moncong yang pipih. |
|
|
Semua kuda
laut memiliki ukuran tubuh yang sama, yaitu sepanjang 35 cm. |
|
|
Kuda laut
berkembang biak dengan cara bertelur. |
|
|
Kuda laut
memiliki kemampuan berenang yang buruk. |
|
|
Kuda laut
betina dan kuda laut jantan membawa telur-telur mereka kemana saja mereka
pergi. |
|
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir
soal kompetensi 4 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks informasi untuk level ini?
5. Menilai kesesuaian antara
ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat
sesuai sesuai jenjangnya.
Perhatikan gambar pada teks!
Tuliskan satu hal yang membuat gambar tersebut tidak sesuai dengan isi teks!
Jumlah
atau Warna |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir
soal kompetensi 5 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks infromasi untuk level ini?
6. Mengaitkan isi teks
sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya.
Menurutmu, apakah kolibri
dapat kamu pelihara di rumahmu?
Mengapa? Tuliskan bukti dari teks, yang mendukung jawabanmu!
Jawaban Ya
Kemungkinan Alasan:- Karena mudah dipelihara.- Karena makanannya mudah
ditemukan.- Karena tidak sulit untuk merawatnya.Bukti Kalimat:Selain madu dan
nektar ada makanan alternatif yang bisa diberikan ke burung kolibri yaitu
ulat dan kroto (telur semut). Kental manis merek apa saja juga bisa dijadikan
sebagai multivitamin tambahan untuk burung kolibri. Jawaban Tidak
Kemungkinan Alasan:- Karena kolibri bertubuh kecil sehingga akan ringkih. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 6 level 2
Level Pembelajaran 3 Teks Fiksi untuk kelas 5 dan 6.
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks fiksi untuk level ini?
1.
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks fiksii
yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Siapakah Pishi dan di mana
ia tinggal?
A |
Pishi
adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Hindia. |
B |
Pishi
adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Atlantik. |
C |
Pishi
adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia. |
D |
Pishi
adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Atlantik. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 1 level 3
2. Mengidentifikasi
perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur
cerita) pada teks sastra sesuai jenjangnya.
Pilihlah setiap kalimat yang
menyatakan latar tempat dalam wacana tersebut.
Pishi
harus segera mengobati lukanya. |
|
|
Ombak
besar membawa Pishi ke bawah kapal nelayan. |
Pishi
tidak bisa berenang dengan cepat karena tubuhnya berat. |
|
|
Pishi dan
teman-temannya sangat bahagia hidup di Samudra Hindia. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 2 level 3
3. Menyimpulkan perasaan dan
sifat tokoh serta elemen intrinsik lain, berdasarkan informasi rinci di dalam
teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Perubahan apa yang dialami
oleh Pishi pada akhir cerita?
A |
Pishi
membentur kapal nelayan sehingga perutnya terluka. |
B |
Semua ikan
berpencar menyelamatkan diri ketika kapal nelayan datang. |
C |
Ikan-ikan
kecil membersihkan luka di perut Pishi sampai lukanya sembuh. |
D |
Terjadi
badai besar yang membuat lautan menjadi gelap dan Pishi kehilangan arah. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 3 level 3
4. Menyusun inferensi
(kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung di dalam teks sastra atau teks
informasi sesuai jenjangnya.
Pesan apa yang terdapat
dalam teks tersebut?
Ikan-ikan
kecil membersihkan tubuh ikan pari sehingga ikan-ikan kecil menjadi kenyang
dan ikan pari menjadi bersih |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 4 level 3
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan
teks fiksi untuk level ini?
5. Membandingkan hal-hal
utama dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Apa perbedaan latar yang
terdapat dalam puisi tersebut?
Stasiun
kereta, tanah perbukitan desa |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 5 level 3
6. Merefleksi pengetahuan
baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan
yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Jika kamu membaca puisi
tersebut, sikap apa yang dapat ditiru dari tokoh dalam puisi tersebut?
|
Kerja
keras. |
Hemat. |
|
|
Rajin. |
Santai |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 6 level 3
Level Pembelajaran 3 Teks Informasi untuk kelas 5 dan 6.
1. Menemukan informasi
tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Pilihlah pernyataan Benar
atau Salah yang sesuai dengan isi bacaan!
PERNYATAAN |
BENAR |
SALAH |
Populasi
bekantan meningkat dengan pesat. |
|
|
|
|
|
Bekantan
merupakan satu-satunya hewan asli dari Kalimantan. |
|
|
Populasi
bekantan menurun karena perburuan liar dan kerusakan hutan. |
|
|
Bekantan
betina memiliki hidung yang lebih besar daripada bekantan jantan. |
|
|
Bekantan
betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan bekantan jantan. |
|
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi
1 level 3
2. Menjelaskan ide pokok dan
beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Ide pokok paragraf terakhir
pada wacana tersebut adalah …
A |
Hal
tersebut karena perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. |
B |
Saat ini,
populasi bekantan menurun drastis. |
C |
Hutan
tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan. |
D |
Pohon-pohon
yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang. |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 2 level 3
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks informasi untuk level ini?
3. Menyimpulkan perubahan
kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus
meningkat sesuai jenjangnya.
Berdasarkan infografik
tersebut, bagaimana cara penguraian kemacetan di Indonesia?
Meningkatkan
penggunaan transportasi publik |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 3 level 3
·
·
4. Membandingkan hal-hal
utama dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Berilah tanda (✓) untuk pernyataan yang
sesuai dengan teks.
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Awalnya
Abdul Aziz menangkap dan menjual ikan-ikan hias, seperti nelayan lainnya. |
|
|
Abdul Azis
menjual terumbu karang kepada para pengepul karena menghasilkan banyak uang. |
|
|
Semula
pengelola objek wisata Watudodol menyerahkan penyelamatan terumbu karang
kepada Abdul Aziz. |
|
|
Ikan hias
tampak indah berenang di objek wisata Watudodol berkat usaha Abdul Aziz
dan teman-temannya. |
|
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 4 level 3
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan poster untuk level ini?
5. Menilai kesesuaian antara
ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai
sesuai jenjangnya.
Menurutmu, pesan apa yang
ingin disampaikan dalam poster tersebut?
1 – Jika
siswa menjawab terkait “hemat air” (misal, “kita harus menghemat air untuk
menjaga bumi”). |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal
kompetensi 5 level 3
Dari teks tersebut Bapak dan
Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur
menggunakan teks informasi untuk level ini?
6. Merefleksi pengetahuan
baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan
yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Masyarakat di Tanah Datar
terus melestarikan tradisi Pacu Jawi sejak ratusan tahun silam. Jika kamu
adalah masyarakat Tanah Datar, mengapa kamu harus melestarikan tradisi
tersebut?
Pedoman
penskoran:-Menjawab dengan kata-kata kunci berikut: Hiburan bagi masyarakat
setempat, menjadi daya tarik turis, meningkatkan harga jual sapi,
meningkatkan perekonomian peternak, atau jawaban lain yang relevan (nilai 1) |
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi
ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir
soal kompetensi 6 level 3
Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD
Bimtek
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD Asesmen
Literasi Membaca Tingkat SD Latihan
Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD
IN PROGRESS
Dari penjelasan pada
aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal
asesmen literasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan
melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan
soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan
dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas.
Anda telah mengenali
level-level perkembangan kompetensi siswa SD. Pada aktivitas ini, Bapak dan Ibu
akan berlatih membuat butir soal literasi yang akan membantu siswa Anda untuk
berlatih menggunakan kompetensi literasi untuk bernalar dalam pembelajaran di
kelas. Bagaimana langkahnya? Mari kita berlatih.
1.
Pertama, pahami
kompetensi literasi membaca siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih
teks yang sesuai. Misalnya, dari ketiga teks berikut ini manakah yang paling
sesuai dengan level yang anda ampu, Apakah teks 1, teks 2 atau teks 3?
Jelaskan.
Teks fiksi 1: Aku
Sayang Ayah
Teks Fiksi 2: Belajar
Memasak
Teks Fiksi 3:
Gara-gara Nenek Lupa
2.
Kedua, setelah memilih
teks bacaan sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah
satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi.
3.
Ketiga, dari
kompetensi literasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang
berbeda-beda berdasarkan teks yang Anda pilih tadi.
Pertanyaan-pertanyaan
yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata,
memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar
literasinya dalam penalaran. Kompetensi literasi sendiri tidak dapat
berkembang dengan baik dengan hanya melalui latihan soal. Namun diperlukan
strategi pembelajaran yang lebih berbasis kompetensi.
Nah, sekarang Bapak
dan Ibu dapat mengunggah contoh soal yang telah dibuat pada kuis berikut ini.
Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
Tingkat SD
Bimtek
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD Asesmen
Literasi Membaca Tingkat SD Latihan
Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD Latihan
Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD
1. Teks bacaan mana yang Anda pilih. Mengapa?
Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur? Silakan menuliskan 3 butir soal
yang telah Anda buat disini.
o
Saya memilih cergam " Belajar Memasak" . Cergam belajar memasak memiliki cerita yang mengasyikkan. Literasi yang saya ukur adalah literasi membaca siswa.
1. Pernyataan Benar salah
a. Coreng dan Cidut tidak menginap di rumah Nenek Lily Palopa
b. Setelah selesai mencabut rumput liar di kebun meraka merasa capek, lapar dan mengantuk
2. Pilihlah setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam cergam " Belajar Memasak"
3. Menurutmu, apakah Coreng dan Cidut merasa senang belajar memasak ?
Mengapa? Tuliskan bukti dari teks, yang mendukung jawabanmu!
Demikian
Informasi Terbaru Terkait Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep
Literasi Membaca. Semoga Ada Manfaatnya
Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol
Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.