Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca

Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca

 


Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Konsep Literasi Membaca

 

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD  Konsep Literasi Membaca

IN PROGRESS

Literasi membaca termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Sebelum membahas lebih jauh mengenai asesmen Literasi membaca dalam AKM, Bapak dan Ibu perlu meninjau kembali apa yang dimaksud dengan literasi membaca dan menulis. 

Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Literasi membaca dan menulis, tidak seperti sebutannya, mencakup kemampuan yang lebih dari sekedar mampu mengeja kalimat dan menuliskannya. Literasi membaca dan menulis, perlu dikembangkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih bermakna terkait berbagai cakupan dan konteks kehidupan. Di dalam lingkungan satuan pendidikan, kompetensi literasi yang terus berkembang memungkinkan siswa untuk dapat menggunakannya dalam berbagai mata pelajaran.

Selanjutnya Bapak dan Ibu dapat melanjutkan ke aktivitas berikutnya untuk mengenali bagaimana Asesmen Kompetensi Minimum literasi membaca diterapkan. Jangan lupa tandai selesai lalu lanjutkan.


Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD  Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca

IN PROGRESS

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan numerasi. 

Pada topik ini, Bapak dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen Literasi Membaca yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 

Konten pada Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik. 

Untuk mempermudah Bapak dan Ibu memahami penilaian asesmen literasi membaca silakan cek infografis berikut:

Silakan melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Jangan lupa tandai selesai lalu lanjutkan.

Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD  Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

IN PROGRESS

Selanjutnya Bapak dan Ibu akan berlatih  menganalisis tahap asesmen pada tingkat SD. 

Pada tingkat SD terdapat 3 level pembelajaran, mari kita pelajari setiap level pembelajaran yang ada pada tingkat SD. 

Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 1 dan 2, siswa akan menemukan informasi dengan cara mengakses dan mencari informasi dalam teks. Selain itu siswa akan memahami teks secara literal, kemudian menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak. Siswa juga akan mengevaluasi dan merefleksi dengan menilai format penyajian dalam teks. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link
Level Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Informasi

Pada level pembelajaran 2 untuk kelas 3 dan 4, sama seperti level pembelajaran 1 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 3 dan 4 akan menggunakan konten yang sesuai dengan jenjangnya. Siswa akan mengevaluasi menilai format penyajian dalam teks, selain itu siswa juga merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Informasi

Pada level pembelajaran 3 untuk kelas 5 dan 6, sama seperti level pembelajaran 2 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 5 dan 6 akan menggunakan konten yang sesuai dengan jenjangnya. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Informasi

Silakan melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Jangan lupa tandai selesai lalu lanjutkan.


Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD  Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

IN PROGRESS

Pada aktivitas sebelumnya, Bapak dan Ibu telah belajar menganalisis tahap asesmen literasi membaca pada tingkat SD. Pada topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi tingkat SD. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh teks fiksi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2:

·        

·        

·        

Melalui teks tersebut, Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini? 

1.       Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. 

Contoh soalnya:

Hewan apa yang Sukma dan Trisna tangkap?

A

Kupu-kupu

B

Capung

C

Belalang

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-Contoh Butir Soal Kompetensi Level 1

2. Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya 

Contoh soalnya:

Pernyataan

Benar

Salah

Sukma dan Trisna mendapat tugas sains dari Ibu Guru untuk mengamati serangga.

Trisna mengatakan bahwa salah satu contoh serangga adalah capung.


Mereka pergi ke taman yang terdapat banyak capung.


Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-Contoh Soal Kompetensi Level 2

3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya

Contoh soalnya:

Bagaimana perasaan Sukma dan Trisna setelah menyelesaikan tugas dari Bu guru?

Ketik jawabanmu!

Gembira

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-contoh soal kompetensi 3 Level 1

4. Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya

Contoh soalnya:
Klik pada pilihan jawaban yang tepat!
Apa kegiatan Sukma dan Trisna sebelum pergi ke lapangan untuk mencari serangga?

A

Berencana untuk menangkap capung.

B

Membuat jaring laba-laba.

C

Pergi ke halaman sekolah.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-contoh soal kompetensi 4 Level 1

5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya

Contoh soalnya:

Perhatikan Gambar!

Gambar 1.

Gambar 2.


Gambar 3.

Pada gambar nomor berapa Sukma dan Trisna berhasil menangkap capung?

A

Gambar nomor 1.

B

Gambar nomor 2.

C

Gambar nomor 3.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-contoh soal kompetensi 5 Level 1

Level Pembelajaran 1 Teks Informasi untuk kelas 1 dan 2.

Anda dapat melihat salah satu contoh teks informasi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2.

1.       Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Mela mempunyai teman baru di kelasnya

Namanya Arini

Mela ingin mengajak Arini  bermain sepeda di taman kota

Sayangnya, Arini belum tahu letak taman kota

Kemudian, Mela membuat sebuah denah untuk Arini

Klik pada satu pilihan jawaban!

Menurut denah tersebut, di mana letak taman kota?

A

Di samping rumah Mela

B

Di seberang masjid

C

Di seberang toko buku

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 1

2. Mengidentifikasi topik atau fokus pembahasan pada teks informasi yang sesuai jenjangnya.

Klik pada beberapa pilihan jawaban!

Menurut kamu, mana judul yang paling cocok untuk tulisan itu?

Denah Menuju Taman Kota

Mencari Taman Kota

Denah Kota Kita

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut:

Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 1

3. Menyimpulkan kejadian pada teks informasi sesuai jenjangnya.

Mela mempunyai teman baru di kelasnya. Namanya Arini.

Mela ingin mengajak Arini 

bermain sepeda di taman kota.

Sayangnya, Arini belum tahu letak taman kota.

Mela membuat sebuah denah untuk Arini.

Ketik jawabanmu!

Mengapa Mela membuat denah untuk Arini?

Untuk memberitahu Arini letak taman kota.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 1

Dari teks tersebut, Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?

4. Membandingkan hal-hal utama dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Ini adalah salah satu contoh akibat mencairnya es di Kutub Selatan terhadap kehidupan beruang kutub.

Gambar 1: Sebelum es di kutub mencair Gambar 2: Setelah es di kutub mencair

Kasihan beruang kutub, jika es di sana mencair

Yuk, kita jaga bumi kita! Jangan sampai es di kutub mencair!

Kamu bisa klik beberapa pilihan!

Menurutmu, mana yang menyebabkan suhu bumi naik?

Penebangan pohon

Penangkapan ikan

Polusi udara

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?

5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.

Perhatikan gambar di atas!
Apakah tindakan yang dilakukan anak itu tepat?

A

Tepat. Kita harus berbagi makanan dengan hewan di kebun binatang.

B

Tidak tepat. Kita tidak boleh memberi makan hewan di kebun binatang.

C

Tidak tepat. Makanan yang diberikan seharusnya bukan buah-buahan.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1

Level Pembelajaran 2 Teks Fiksi untuk kelas 3 dan 4.

Anda dapat melihat salah satu contoh teks fiksi untuk pembelajaran level 2 kelas 3 dan 4.

·        

·        

·        

1.       Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks fiksi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 Siapa itu pasukan biru? 

Pasukan biru adalah sekelompok ibu yang kerja bakti memeriksa dan membersihkan lingkungan agar tidak ada sarang nyamuk.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2

2. Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya.

Apa yang terjadi jika ada jentik dalam bak mandi rumah Nuha? Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.  

Pernyataan

 

Rumah Nuha akan mendapat kartu kuning. 

Banyak nyamuk yang akan bersarang di rumah Nuha. 

Nuha dan keluarga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. 

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2

3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Bagaimana perasaan Nuha saat Mbak Nurul mengacungkan jari jempolnya setelah memeriksa kamar mandi di rumah Nuha? 

A

Sedih, karena terdapat jentik di rumah Nuha.

B

Senang, karena kamar mandi rumah Nuha bebas jentik.

C

Terkejut, karena akan ada gerebek jentik.

D

Heran, karena tim pasukan biru boleh masuk kamar mandi.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2

4. Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/ pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks informasi.

Apakah pernyataan berikut benar atau salah?

Mbak Nurul dan pasukan biru mengecek kebersihan kamar mandi rumah warga.

A

Benar

B

Salah

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2

5. Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Berdasarkan wacana tersebut, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah nyamuk bersarang di suatu tempat atau di rumahmu? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Pernyataan

Benar

Salah

Membersihkan halaman rumah.

Menanam pohon serai.

Menguras bak mandi. 

Memakai seragam biru

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2

6. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.

Ilustrasi puisi di atas menggambarkan isi puisi “Siti dan Udin di Jalan”.

Apakah kamu setuju? Jelaskan jawabanmu.

Setuju, karena gambar tersebut menunjukkan dua orang anak yang sedang memainkan alat musik di jalan dengan wajah riang sehingga sesuai dengan teks puisi.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2

·        

·        

·        

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?

7. Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya.

Mengapa bermain di lapangan lebih seru daripada bermain gim dalam telepon seluler?

bertemu dengan banyak teman atau bisa bermain berbagai macam permainan

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 2

Level Pembelajaran 2 Teks Informasi untuk kelas 3 dan 4.

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?

1.       Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Apa yang menyebabkan mata kita terlihat seperti mata panda?

Mata terlihat seperti mata panda karena kurang tidur.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2


2. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Cara yang dapat kita lakukan agar bisa tidur dengan nyenyak adalah .…

A

belajar sebelum tidur

B

berolahraga sebelum tidur

C

mandi sebelum tidur

D

mematikan lampu sebelum tidur

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2


3. Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya.

Andi adalah seorang anak kelas 5 SD. Menurut artikel di atas, berapa lama waktu tidur yang diperlukan Andi setiap harinya? Mengapa?

Andi perlu tidur selama 9–11 jam karena usia Andi adalah usia anak sekolah.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2

·        

·        

4. Membandingkan hal-hal utama dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Cermati pernyataan-pernyataan berikut! Kemudian, klik pada kolom Benar jika sesuai dengan isi bacaan, dan klik pada kolom Salah jika tidak sesuai dengan isi bacaan tersebut!

PERNYATAAN

BENAR

SALAH

Kuda laut memiliki bentuk kepala seperti kuda dan moncong yang pipih.

Semua kuda laut memiliki ukuran tubuh  yang sama, yaitu sepanjang 35 cm.

Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur.

Kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk.

Kuda laut betina dan kuda laut jantan membawa telur-telur mereka kemana saja mereka pergi.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?

5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.

Perhatikan gambar pada teks!
Tuliskan satu hal yang membuat gambar tersebut tidak sesuai dengan isi teks!

Jumlah atau Warna

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks infromasi untuk level ini?

6. Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya.

Menurutmu, apakah kolibri dapat kamu pelihara di rumahmu?
Mengapa? Tuliskan bukti dari teks, yang mendukung jawabanmu!

Jawaban Ya Kemungkinan Alasan:- Karena mudah dipelihara.- Karena makanannya mudah ditemukan.- Karena tidak sulit untuk merawatnya.Bukti Kalimat:Selain madu dan nektar ada makanan alternatif yang bisa diberikan ke burung kolibri yaitu ulat dan kroto (telur semut). Kental manis merek apa saja juga bisa dijadikan sebagai multivitamin tambahan untuk burung kolibri. Jawaban Tidak Kemungkinan Alasan:- Karena kolibri bertubuh kecil sehingga akan ringkih.
– Karena burung kolibri sebagian besar hidup di Amerika.Bukti Kalimat:Kolibri adalah burung terkecil di dunia dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Beratnya 6 gram dan panjangnya 6,35 cm.Jawaban Tidak Kemungkinan alasan:- Karena kalau dipelihara kolibri tidak akan hidup dengan bebas.
– Karena burung kolibri sangat kecil dan harus selalu terbang jadi tidak mungkin tinggal di dalam sangkar.Bukti Kalimat:Kaki-kaki kolibri amat kecil sehingga ia tidak dapat berjalan atau melompat. Ia harus terbang untuk bepergian ke mana pun. Pedoman Jawaban: Skor 2: Siswa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan yang mendukung jawaban disertai bukti kalimat yang tepat.Skor 1: Siswa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan yang kurang tepat, tetapi menyertakan bukti kalimat yang tepat. Atau siswa menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan yang tepat, tetapi tidak menyertakan bukti kalimat yang tepat.Skor 0: Siswa hanya menjawab “Ya” atau “Tidak” dengan alasan dan bukti kalimat yang tidak tepat. Atau siswa hanya menjawab “Ya” atau “Tidak” tanpa alasan dan bukti kalimat. Catatan: Untuk bukti kalimat masing-masing ada 2, siswa menyertakan salah 1 saja tidak masalah.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2

Level Pembelajaran 3 Teks Fiksi untuk kelas 5 dan 6.

·        

·        

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?

1.       Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks fiksii yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Siapakah Pishi dan di mana ia tinggal?

A

Pishi adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Hindia.

B

Pishi adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Atlantik.

C

Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia.

D

Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Atlantik.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3

2. Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra sesuai jenjangnya.

Pilihlah setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam wacana tersebut.

Pishi harus segera mengobati lukanya.

Ombak besar membawa Pishi ke bawah kapal nelayan.

Pishi tidak bisa berenang dengan cepat karena tubuhnya berat.

Pishi dan teman-temannya sangat bahagia hidup di Samudra Hindia.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3

3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain, berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Perubahan apa yang dialami oleh Pishi pada akhir cerita?

A

Pishi membentur kapal nelayan sehingga perutnya terluka.

B

Semua ikan berpencar menyelamatkan diri ketika kapal nelayan datang.

C

Ikan-ikan kecil membersihkan luka di perut Pishi sampai lukanya sembuh.

D

Terjadi badai besar yang membuat lautan menjadi gelap dan Pishi kehilangan arah.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3

4. Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya.

Pesan apa yang terdapat dalam teks tersebut? 

Ikan-ikan kecil membersihkan tubuh ikan pari sehingga ikan-ikan kecil menjadi kenyang dan ikan pari menjadi bersih

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?

5. Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Apa perbedaan latar yang terdapat dalam puisi tersebut?  

Stasiun kereta, tanah perbukitan desa

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3

6. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Jika kamu membaca puisi tersebut, sikap apa yang dapat ditiru dari tokoh dalam puisi tersebut?

Kerja keras.

Hemat. 

Rajin.

Santai

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3

Level Pembelajaran 3 Teks Informasi untuk kelas 5 dan 6.

·        

·        

1. Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Pilihlah pernyataan Benar atau Salah yang sesuai dengan isi bacaan! 

PERNYATAAN

BENAR

SALAH

Populasi bekantan meningkat dengan pesat.

 

 

 

Bekantan merupakan satu-satunya hewan asli dari Kalimantan.

Populasi bekantan menurun karena perburuan liar dan kerusakan hutan. 

Bekantan betina memiliki hidung yang lebih besar daripada bekantan jantan.

Bekantan betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan bekantan jantan.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3

2. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Ide pokok paragraf terakhir pada wacana tersebut adalah …

A

Hal tersebut karena perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. 

B

Saat ini, populasi bekantan menurun drastis.

C

Hutan tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan. 

D

Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3

·        

·        

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?

3. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Berdasarkan infografik tersebut, bagaimana cara penguraian kemacetan di Indonesia? 

Meningkatkan penggunaan transportasi publik

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3

·        

·        

4. Membandingkan hal-hal utama dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Berilah tanda () untuk pernyataan yang sesuai dengan teks.

Pernyataan

Benar

Salah

Awalnya Abdul Aziz menangkap dan menjual ikan-ikan hias, seperti nelayan lainnya.

Abdul Azis menjual terumbu karang kepada para pengepul karena menghasilkan banyak uang.

Semula pengelola objek wisata Watudodol menyerahkan penyelamatan terumbu karang kepada Abdul Aziz.

Ikan hias tampak indah berenang di objek wisata Watudodol berkat usaha Abdul Aziz dan  teman-temannya.

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan poster untuk level ini?

5. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya.

Menurutmu, pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?

1 – Jika siswa menjawab terkait “hemat air” (misal, “kita harus menghemat air untuk menjaga bumi”).
0 – Jika siswa menjawab salah atau tidak relevan

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3

·        

·        

Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?

6. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Masyarakat di Tanah Datar terus melestarikan tradisi Pacu Jawi sejak ratusan tahun silam. Jika kamu adalah masyarakat Tanah Datar, mengapa kamu harus melestarikan tradisi tersebut?

Pedoman penskoran:-Menjawab dengan kata-kata kunci berikut: Hiburan bagi masyarakat setempat, menjadi daya tarik turis, meningkatkan harga jual sapi, meningkatkan perekonomian peternak, atau jawaban lain yang relevan (nilai 1)
-menjawab tidak relevan (nilai 0)

Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3


Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD  Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD

IN PROGRESS

Dari penjelasan pada aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal asesmen literasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas. 

Anda telah mengenali level-level perkembangan kompetensi siswa SD. Pada aktivitas ini, Bapak dan Ibu akan berlatih membuat butir soal literasi yang akan membantu siswa Anda untuk berlatih menggunakan kompetensi literasi untuk bernalar dalam pembelajaran di kelas. Bagaimana langkahnya? Mari kita berlatih.

1.       Pertama, pahami kompetensi literasi membaca siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih teks yang sesuai. Misalnya, dari ketiga teks berikut ini manakah yang paling sesuai dengan level yang anda ampu, Apakah teks 1, teks 2 atau teks 3? Jelaskan.

Teks fiksi 1: Aku Sayang Ayah

·        

Teks Fiksi 2: Belajar Memasak

·        

·        

Teks Fiksi 3: Gara-gara Nenek Lupa

·        

·        

·        

2.       Kedua, setelah memilih teks bacaan sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi. 

3.       Ketiga, dari kompetensi literasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan teks yang Anda pilih tadi. 

Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar literasinya dalam penalaran. Kompetensi literasi sendiri tidak dapat berkembang dengan baik dengan hanya melalui latihan soal. Namun diperlukan strategi pembelajaran yang lebih berbasis kompetensi.

Nah, sekarang Bapak dan Ibu dapat mengunggah contoh soal yang telah dibuat pada kuis berikut ini.

Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD

Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD  Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD  Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD  Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD

1.       Teks bacaan mana yang Anda pilih. Mengapa? Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur? Silakan menuliskan 3 butir soal yang telah Anda buat disini.

o     

Saya memilih cergam " Belajar Memasak" . Cergam belajar memasak memiliki cerita yang mengasyikkan. Literasi yang saya ukur adalah literasi membaca siswa.

 

1. Pernyataan Benar salah

a. Coreng dan Cidut tidak menginap di rumah Nenek Lily Palopa

b. Setelah selesai mencabut rumput liar di kebun meraka merasa capek, lapar dan mengantuk

 

2. Pilihlah setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam  cergam " Belajar Memasak"

 

3. Menurutmu, apakah Coreng dan Cidut merasa senang belajar memasak ?

Mengapa? Tuliskan bukti dari teks, yang mendukung jawabanmu!

 

Demikian Informasi Terbaru Terkait Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca.  Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

Posting Komentar untuk "Buku Panduan Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD Konsep Literasi Membaca"