Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP Terbaru
DAOPDIK.CO.ID
- Buku Panduan Penilaian Berbasis
Kelas/Teknik-teknik
Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP Terbaru. Pendidikan saat
ini bertujuan untuk
menghasilkan insan Indonesia
yang cerdas dan kompetitif. Insan
yang dimaksud adalah
lulusan yang memiliki
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
optimal sesuai dengan
taraf perkembangan dan
jenjang pendidikan
masing-masing. Selain itu,
lulusan diharapkan memperoleh
kecakapan abad ke-21
yang mampu menjadikan setiap
insan Indonesia hidup
dalam tantangan abad
ke-21 dan berkontribusi secara
memadai terhadap pengembangan
peradaban dunia.
Kecakapankecakapan
yang dimaksud mencakup kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah,
berinovasi dan berkreasi,
berkomunikasi, dan berkolaborasi. Lulusan
juga ditargetkan mempunyai
literasi digital (literasi informasi, media, dan teknologi) di samping
kecakapankecakapan hidup lainnya
seperti fleksibilitas dan
adaptabilitas, produktivitas dan akuntabilitas, dan kepemimpinan dan
tanggungjawab.
Tujuan pendidikan
tersebut akan dapat
dicapai dengan efektif
dan efisien apabila
proses pembelajaran
dirancang dan dilaksanakan
dengan baik. Pertama,
guru merancang pembelajaran berdasarkan
hasil analisis kebutuhan
siswa, misalnya pengetahuan, keterampilan, dan
sikap awal mereka.
Kedua, guru memfasilitasi
siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan,
dan sikap serta kecakapan-kecakapan lainnya melalui kegiatan pembelajaran aktif
baik di dalam
maupun di luar
kelas. Ketiga, selama
pelajaran berlangsung, guru bersama-sama
dengan siswa memantau/ mengecek perkembangan penguasaan kompetensi siswa
untuk mengetahui apakah setiap siswa mencapai penguasaan sebagaimana diharapkan,
dan apakah proses
pembelajaran perlu perbaikan
(penyesuaian).
Apabila pemantauan kemajuan penguasaan kompetensi menunjukkan bahwa setiap siswa telah mencapai kemajuan yang ditargetkan secara optimal, proses pembelajaran dapat dilanjutkan tanpa perlu adanya perbaikan/penyesuaian. Apabila sebaliknya, guru perlu melakukan perbaikan (penyesuaian) terhadap proses pembelajaran yang telah dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai kemajuan yang maksimal. Kegiatan guru (bersama-sama dengan siswa) memantau/ mengecek kemajuan penguasaan kompetensi yang diikuti dengan upaya perbaikan dan/atau penyesuaian kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi setiap siswa mencapai penguasaan yang diharapkan disebut penilaian formatif (formative assessment) atau yang juga disebut penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).
Setiap guru profesional perlu melakukan
penilaian formatif dengan
baik karena untuk memperoleh informasi
dari pemantauan kemajuan
penguasaan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran
yang menjamin pencapaian
optimal bagi setiap
siswa.
Walaupun pada
umumnya, baik secara
sadar atau tidak,
guru telah melakukan
penilaian formatif, sebagian besar dari mereka belum melakukannya secara
terencana dan konsisten dengan
frekuensi dan kualitas
yang memadai karena
beberapa alasan. Di
antara alasanalasan tersebut
adalah karena terbatasnya
pengetahuan mengenai berbagai
macam teknik penilaian formatif.
Penilaian-penilaian yang biasa
dilakukan oleh guru
adalah penilaian sumatif dengan
tujuan untuk mengukur
pencapaian belajar siswa
yang digunakan untuk membuat
keputusan apakah siswa
lulus atau tidak
lulus, naik atau
tidak naik kelas,
atau lanjut atau tidak ke kompetensi berikutnya.
Penulisan
buku ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran yang
efektif agar pencapaian belajar semua siswa optimal. Sejalan dengan
prinsip-prinsip pembelajaran abad
ke-21, kegiatan pembelajaran
dirancang dan dilaksanakan
dengan memperhatikan
kebutuhan siswa pada
setiap tahapan belajar
(student-centered learning).
Pelaksanaan
pembelajaran merupakan kegiatan
yang dinamis, menyesuaikan
dengan perkembangan penguasaan
kompetensi oleh siswa, selain motivasi dan gaya belajar siswa serta aspek-aspek
lain yang berpengaruh
dalam proses pembelajaran.
Penyesuaian-penyesuaian kegiatan
pembelajaran tersebut hanya akan dapat dilakukan apabila penilaian formatif
yang menyatu dengan proses pembelajaran dilakukan. Penilaian formatif
memungkinkan guru memperoleh informasi
mengenai perkembangan penguasaan
kompetensi siswa pada
setiap tahap pembelajaran.
Informasi tersebut sangat berguna bagi guru untuk mengambil tindakantindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai penguasaan yang optimum.
Semua
guru diharapkan mempelajari berbagai macam teknik penilaian formatif agar dapat melaksanakan penilaian
formatif dengan baik untuk memastikan bahwa pembelajaran yang disajikan efektif
bagi setiap siswa sehingga penguasaan kompetensi siswa optimum.
Paparan Buku Panduan Penilaian Berbasis
Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif
Kelas Untuk SMP Terbaru:
Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Untuk Sekolah Menengah Pertama ini disusun untuk memberi inspirasi kepada para guru SMP dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya. Secara singkat dalam buku ini disajikan konsep penilaian formatif yang disertai contoh-contoh yang diambilkan dari praktik sehari-hari agar para guru memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melaksanakan penilaian formatif.
Link
Unduh Buku Panduan Penilaian Berbasis
Kelas/Teknik-teknik
Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP Terbaru (Klik Disini).
Demikian
Informasi Terbaru Terkait Buku Panduan Penilaian Berbasis
Kelas/Teknik-teknik
Penilaian Formatif Kelas
Untuk SMP Terbaru. Semoga Ada
Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan
Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP Terbaru"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.