CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
DAPODIK.CO.ID - CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Sistem pendidikan harus mendorong tumbuhnya praktik belajar-mengajar yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh.
Pencanangan kebijakan
”Merdeka Belajar” oleh
pemerintah memberikan peluang
yang seluas-luasnya pada guru dan sekolah untuk mengembangkan kreativitas dan
inovasi dalam mendesain
sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran dan
penilaian yang bertanggungjawab, sehingga
pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif, baik pada ranah sikap
pengetahuan, dan keterampilan siswa
semakin meningkat. Untuk
mencapai kompetensi yang
diharapkan tersebut, tentu saja harus dapat dibuktikan melalui penilaian
(asesmen) pendidikan secara akuntabel.
Penilaian
yang dimaksud di atas, dapat dilakukan
oleh internal guru yang bersangkutan selama proses pembelajaran
atau dapat disebut juga sebagai ”Penilaian Berbasis Kelas” untuk
semua mata pelajaran, baik yang bersifat formatif maupun
sumatif. Hasil penilaian tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu
indikator hasil pencapaian kompetensi siswa atas materi yang telah
diajarkan, yang selanjutnya
dapat dijadikan dasar
penentuan tindak lanjut proses pembelajaran.
Sebagai
bentuk akuntabilitas pembelajaran yang telah dilakukan guru, maka
satuan pendidikan dapat
melakukan penilaian internal
satuan pendidikan, dengan mekanisme
penetapan standar minimal
pencapaian kompetensi siswa yang ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing.
Bentuk penilaian
ini dapat dikatakan
sebagai ”Penilaian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan”.
Penilaian oleh Satuan Pendidikan ini diselenggarakan secara sumatif,
dengan tujuan untuk mengukur
sejauh mana ketercapaian kompetensi yang telah diajarkan guru kepada para
siswa. Sehingga secara fungsional hasil penilaian tersebut dapat digunakan
sebagai bagian pengambilan keputusan terhadap siswa sekaligus gambaran kualitas hasil belajar
mengajar di sekolah (asessment of learning).
Pada
saat penilaian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan ini dilaksanakan di
akhir jenjang SMP
(Kelas IX), maka
yang diukur adalah ketercapaian Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
melalui Ujian Sekolah (US).
Sesuai dengan Peraturan
Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan RI Nomor 43
Tahun 2019, tentang
Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan
Pendidikan dan Ujian
Nasional, khususnya pada Pasal
5 ayat (1)
yang menyatakan bahwa
“Bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 berupa: a. portofolio; b. penugasan; c. tes
tulis; dan/atau d. bentuk kegiatan lain
yang ditetapkan Satuan
Pendidikan sesuai dengan
kompetensi yang diukur
berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)”.
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai bentuk penilaian tersebut di
atas, diperlukan contoh-contoh
inspirasi yang diharapkan dapat
membantu guru dalam
memahami konsep dan melaksanakan kebijakan
penilaian dimaksud. Buku
ini dimaksudkan Direktorat Sekolah
Menengah Pertama (SMP),
Direktorat Jenderal Pendidikan
Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan contoh-contoh inspiratif bagi guru
dan sekolah untuk menerapkan bentuk -bentuk penilaian yang diselenggarakan oleh
satuan pendidikan.
Selengkapnya,
Paparan Serta Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN
PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Sebagai Berikut:
Link
Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (klik disini)
Posting Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.