CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
DAPODIK.CO.ID - CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah) merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik (siswa) dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.
KONSEP
UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN MATAPELAJARAN PENDIDIKAN
JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Ujian
yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah) merupakan proses pengumpulan
informasi/data tentang capaian
pembelajaran peserta didik (siswa)
dalam aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
yang dilakukan secara terencana
dan sistematis dalam
bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan
ujian satuan pendidikan.
Penilaian Akhir
Semester (PAS) digunakan
sebagai salah satu pertimbangan untuk pengisian laporan
hasil belajar. Penilaian Akhir Tahun (PAT) digunakan untuk salah satu
pertimbangan penentuan kenaikan kelas.Ujian
yang diselenggarakan oleh
Satuan Pendidikan/ Ujian
Sekolah (US) merupakan penilaian
hasil belajar oleh
Satuan Pendidikan yang
bertujuan untuk menilai pencapaian
standar kompetensi lulusan
untuk semua mata pelajaran. US
digunakan untuk salah
satu ertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari
jenjang pendidikan tertentu.
PAS mengukur
hasil belajar dengan
materi semua KD
pada semester tertentu. PAT
dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester
genap.
US mengukur
dan menilai kompetensi
peserta didik terhadap
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
sesuai Permendikbud Nomor
21 Tahun 2016 dan SKL tambahan yang ditetapkan
sekolah. Dengan demikian, kompetensi yang diujikan dalam PAS, PAT, dan US meliputi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Selain itu, PAS,
PAT, dan US
seharusnya mampu
mengungkapkan kecakapan literasi,
berpikir kritis, berpikir
kreatif, dan kemampuan komunikasi
peserta didik.
Adapun bentuk-bentuk dokumen Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang telah berhasil disusun tersebut antara lain berupa manual, pedoman, panduan, dan contoh-contoh inspirasi di bidang pembelajaran dan penilaian. Penyiapan dokumen-dokumen NSPK tersebut dilakukan dalam rangka memberikan fasilitasi layanan dan penjaminan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang SMP.
Prinsip-prinsip Pelaksanaan Ujian
Pelaksanaan
ujian mengikuti prinsip penilaian secara umum, yakni:
1. Sahih
Untuk memperoleh
data yang dapat
mencerminkan kemampuan yang diukur,
Ujian harus digunakan
instrumen yang sahih,
yaitu instrumen yang mengukur apa
yang seharusnya diukur.
2. Objektif
Penilaian
saat ujian tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai. Karena itu perlu
dirumuskan pedoman penilaian
(rubrik) sehingga dapat menyamakan persepsi penilai dan
meminimalisir subjektivitas.
3. Adil
Perbedaan hasil
ujian semata-mata harus
disebabkan oleh berbedanya capaian belajar peserta didik pada
kompetensi yang dinilai, bukan latar belakang
agama, suku, budaya,
adat istiadat, status
sosial ekonomi, gender, dan
hal-hal lain.
4. Terbuka
Prosedur
penilaian dan kriteria penilaian harus jelas dan dapat diketahui oleh siapapun,
termasuk peserta didik.
5. Menyeluruh
Instrumen ujian
yang digunakan secara
konstruk harus merepresentasikan aspek
yang dinilai secara
utuh, mencerminkan keutuhan KD-KD
yang akan diukur.
6. Sistematis
Ujian dilakukan
secara berencana dan
bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku sesuai POS.
Instrumen dikembangkan mengikuti langkah-langkah pengembangan instrumen.
7. Beracuan Kriteria
Penilaian pada
ujian menggunakan acuan
kriteria. Penentuan seorang peserta didik telah kompeten atau
belum bukan dibandingkan terhadap capaian
teman-teman atau kelompoknya,
melainkan dibandingkan terhadap
kriteria minimal yang ditetapkan.
8. Akuntabel
Ujian dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari
segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
9. Efisien
Ujian perlu dirancang dan dilaksakan secara cermat, sehingga pelaksanaan ujian tidak menjadi beban berlebih pada peserta didik dan orang tua/wali.
Selengkapnya,
Paparan Serta Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN
PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Sebagai berikut:
Link
Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (klik disini).
Posting Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.