Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa
DAPODIK.CO.ID
– Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada
Siswa. Secara umum tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada
siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih
menyenangkan kepada siswa. Menciptakan situasi belajar yang tidak mudah
dilupakan oleh siswa.
Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa
Penggunaan Media
Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi
Pelajaran Kepada Siswa
1. Prinsip-Prinsip Umum Penggunaan
Media
Dalam memilih media untuk pembelajaran, pengajar sebenarnya tidak hanya cukup
mengetahui tentang kegunaan, nilai, serta landasannya , tetapi juga harus
mengetahui bagaimana cara menggunakan media tersebut. Adapun
prinsip-prinsip umum pengunaan media sebagai berikut :
a.
Penggunaan
media pemeblajaran hendaknya dipandang sebagai bagian intergral dalam sistem
pembelajaran.
b.
Media
pembelajaran hendaknya dipandang sebagai sumber dana.
c.
Pengajar
hendaknya memahami tingkat hirarki (sequence) dari jenis alat dan kegunaannya.
d.
Pengujian
media pembelajaran hendaknya berlangsung terus , sebelum , selama , dan sesudah
pemakaiannya.
e.
Penggunaan
multi media akan sangat menguntungkan dan memperlancar proses pembelajaran.
2. Langkah-Langkah Penggunaan Media
a.
Persiapan
sebelum menggunakan media
1. Mempelajari petunjuk penggunaan media yang akan digunakan atau mungkin
diperlukan buku-buku khusus tentang cara penggunaan media yang akan digunakan
tersebut, terutama bila dibutuhkan perangkat keras seperti berbagai jenis
pesawat proyektor (media elektronik). Periksalah voltase alat untuk disesuaikan
dengan listrik setempat sebelum menghidupkan alat . Setelah itu , ikuti
pentunjuk –petunjuk khusus tiap alat. Misalnya OHP ada petunjuk khusus
penempatan layer, pemakaian pesawat yang menghemat lampu OHP , cara meletakkan
alat , tempat berdiri gur dll.
2. Semua peralatan yang akan digunakan perlu disiapkan sebelumnya , sehingga
dalam pelaksanaan pembelajaran tidak akan terganggu oleh hal-hal yang bersifat
teknis.
Perhatikan pengaturan ruang maupun pebelajar , bila media akan digunakan secara
kelompok, penempatan media diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan semua
pebelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
b. Pelaksanaan
penggunaan media
Pada saat kegiatan belajar dengan menggunakan media berlangsung, hendaknya
dijaga agar suasana tetap terjaga . Keadaan tenang tidak berarti pebelajar
harus duduk diam , yang penting perhatian pebelajar tetap terjaga.
Bila hendak menggunakan pesawat proyektor yang memerlukan kegelapan ruang ,
usahakan agar pebelajar masih dapat menulis , sehingga masih mungkin membuat
catatan yang perlu . Kalau misalnya dalam proses pembelajaran pengajar masih
perlu menambahkan penjelasan yang harus ditulis dipapan tulis atau di
transparansi , usahakan agar pebelajar tidak terhalang oleh posisi berdiri
pengajar. Di samping itu , pengajar jangan sampai terlampau lama membelakangi
pebelajar, sehingga kelas kacau karena perhatian pengajar berkurang.
Kalau media akan digunakan secara kelompok , usahakan setiap kelompok secara bergantian
dipantau. Dengan demikian , pengajar dapat membantu pebelajar bila mendapat
kesulitan. Selain itu, dapat menjaga ketertiban kelas (antar kelompok tidak
saling terganggu) . Selama sajian media berlangsung dapat diselingi dengan
pertanyaan, meminta pebelajar melakukan sesuatu , misalnya mengerjakan soal .
3. Evaluasi
Tahap ini merupakan tahap penyajian apakah tujuan pembelajaran telah tercapai,
selain untuk memantapkan pemahaman materi yang disampaikan melalui media. Untuk
itu perlu disediakan tes yang harus dikerjakan oleh pebelajar sebagai umpan
balik . Kalau ternyata tujuan belum tercapai, maka pengajar perlu mengulangi
sajian program media tersebut.
4. Tindak Lanjut
Dari umpan balik yang diperoleh , pengajar dapat meminta pebelajar untuk
memperdalam sajian dengan berbagai cara , misalnya : diskusi tentang hasil tes
, mempelajari referensi dan membuat rangkuman , melakukan suatu percobaan ,
observasi dll.
Dari
uraian di atas merupakan suatu prinsip penggunaan media secara umum dalam
pemebelajaran .
Demikian
Penyampaian Penggunaan Media
Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi
Pelajaran Kepada Siswa. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel
Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
mohon izin admin cara mengatasi masalah dengan perintah : harap menginstal aplikasi dapodik terlebih dahulu menggunakan installer yang telah tersedia ( pindah laptop di laptop lama sudah di un install dan di laptop baru dengan peritah diatas)
BalasHapus