CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) JURUSAN PERHOTELAN DOC TERBARU
LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) JURUSAN PERHOTELAN DOC TERBARU
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI HOTEL ARTHA
TANGGAL 24 AGUSTUS 2020 S/D 19 DESEMBER
DISUSUN
O
L
E
H
NAMA
: NOVITA CLARA NOMA
KELAS
: XII
BIDANG
STUDI KEAHLIAN : AKOMODASI
PERHOTELAN
PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
UPT WILAYAH X (SUMBA BARAT, SUMBA TENGAH, SUMBA BARAT DAYA)
SMK NEGERI 1 WAIKABUBAK
JLN. BHAYANGKARA NO.60 TELP/ FAX: (0387) 21190
LEMBARAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DI HOTEL ARTHA
TANGGAL
24 AGUSTUS 2020 S/D 19 DESEMBER
Disusun
Oleh:
NOVITA CLARA NOMA
Pemmbimbing
DUDI Pembimbing
Sekolah
(Timotius
B. Pingge) (Felix
Djangu, S.Pd)
MENGETAHUI
KEPALA SMK NEGERI 1 WAIKABUBAK WAKIL KEPALA URUSAN HUMAS
(Bernardus Ngongo Naru, S.Pd) (Noviana Tamo Ina, S.Pd)
NIP. 197209232001121002 NIP.
198411262009042005
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan
rahmat serta karunia - Nya sehingga saya diberikan kesehatan sehingga dapat
melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (PRAKERIN) di Hotel Artha dengan
baik dan juga mendapat data - data maupun informasi - informasi untuk menyusun
laporan sesuai dengan pedoman yang diberikan sehingga laporan ini dapat
terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Laporan
yang dibuat saya ini menjelaskan tentang informasi yang telah didapatkan oleh
saya setelah melakukan praktek kerja industri di Hotel Artha selama kurun
waktu empat bulan.
Laporan
ini juga bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan
dapat membantu para pembaca untuk mengetahui kegiatan - kegiatan yang dilakukan
oleh saya selama menjalankan praktek kerja industri di Hotel Artha.
Penulis
senantiasa ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak - pihak yang telah
membantu dalam mewujudkan laporan yang telah diperintahkan, pihak - pihak yang
bersangkutan adalah :
- Bapak Bernadus Ngongo, S.Pd
- Felix Djangu, S.Pd
- Timotius B. Pingge
- Bapak/ Ibu Guru beserta seluruh staf tata usaha SMK
Negeri 1 Waikabubak
Serta semua pihap yang tidak dapat
saya sebutkan satu persatu yang telah membantu saya pada saat pelaksanaan
praktek kerja lapangan maupun dalam proses laporan ini.
Saya menyadari bahwa laporan ini
jauh dari kata sempurna, masih banyak terdapat kekurangan maupun kesalahan
dalam penyusunan, maka dari itu sayamengharapkan saran beserta kritik.
Demikian yang dapat saya sampaikan
dalam kata pengantar ini. Akhir kata saya mengucapkan terimakasih semoga
laporan ini bermanfaat bagi saya dan khususnya untuk jurusan perhotelan pada
SMK Negeri 1 Waikabubak.
Waikabubak, 24 Agustus 2020
Penyusun
(Novita Clara Noma)
DAFTAR ISI
HALAMAN
LEMBARAN PENGESAHAN …….……….……………………………………………………
i
KATA PENGANTAR ………………………………………...…………………..…………….. ii
DAFTAR ISI ……………………………………………...…………………..………...………
iii
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang …………………………………...……………………….………….
1
B.
Tujuan Praktek ………………….…………………...………….……...…………….
1
C.
Manfaat Praktek ………………………………...………………..…….…………….
2
D.
Waktu Pelaksanaan (PKL) ………………………………...…………………………
2
BAB II. GAMBARAN UMUM
A.
Sejarah Instansi/ DUDI
……………………………………...……...……….….…… 3
B.
Visi/ Misi ……………………………………………………………..……………...
3
C.
Struktur Organisasi ……………………………………………….…………...….….
4
BAB III. LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
A.
Pelaksanaan Kegiatan …………………………………………….………..…...……
5
B.
Hasil Kegiatan ……………..…………………………………….…..…………..….
11
1.
Faktor Pendukung ……………………………….……………………….……..
11
2.
Faktor pendukung ........…………………………………….….…..……………
11
3.
Pengembangan di Masyarakat
……………………………………...………….. 11
BAB IV. PENUTUP
A.
Kesimpulan ……………...…………………………………………..……...………
13
B.
Saran ……………………………………………………………….…..……..…….
13
1.
Saran Untuk Pihak Sekolah ….…..……………………………………….…….
13
2.
Saran Untuk Instansi/ DUDI ………………………….…………….………….
14
BAB.
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seperti
yang kita ketahui dunia pariwisata di Indonesia semakin maju dan banyak
pembangunan hotel-hotel yang memiliki kualitas tinggi, sehingga memerlukan
Sumber Daya Manusia yang kompeten di bidang perhotelan.
SMK
Negeri 1 Waikabubak melahirkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas
tinggi dan kompeten, Salah satu program yang mendukung lahirnya Sumber Daya
Manusia yang kompeten maka diadakan Praktek Kerja Industri. Praktek
ini merupakan sarana untuk menjembatani pemahaman teoritis
di Sekolah dengan kondisi dunia nyata di industri yang akan
meningkatkan mutu lulusan serta dapat memenuhi kebutuhan didunia pariwisata
khususnya dunia perhotelan.
Praktek
kerja Industri merupakan suatu kegiatan kerja siswa yang ditempatkan pada suatu
tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu
tertentu. Selain itu, Praktek Kerja Industri yang dilakukan dapat membantu
siswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya. Siswa akan
belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di
Sekolah dengan permasalahan di dunia industri sebenarnya, yang memerlukan
teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.
SMK
Negeri 1 Waikabubak memberikan keleluasaan kepada siswa untuk memilih tempat
untuk Praktek Kerja Industri sesuai dengan keinginan masing-masing, Penulis
memilih Hotel Artha sebagai tempat Praktek Kerja Industri karena Hotel Artha
merupakan hotel yang teletak di kota Waikabubak yang juga merupakan hotel
teertua di kabupaten Sumba Barat.
B.
TUJUAN PRAKTEK
PKL
1.
Adapun
Tujuan Pelaksanaan Praktek PKL yaitu :
a.
Menambah
wawasan tentang perhotelan.
b.
Mengenal
ruang lingkup pekerjaan di bidang perhotelan secara langsung.
c.
Sebagai
pengalaman kerja awal untuk siswi sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang
nyata.
d.
Memiliki
rasa tanggung jawab.
e.
Memiliki
sifat disiplin.
2.
Tujuan
Pembuatan Laporan
a.
Sebagai
salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seluruh siswa yang mengikuti
prakerin yang menyelesaikan akhir masa prakerin.
b.
Laporan
ini menjadi persyaratan untuk dapat mengikuti ujian praktek kompetensi
kejuruan, dan sebagai salah satu tugas yang di syaratkan untuk menempuh ujian
akhir sekolah (UAS) dan ujian AKhir Nasional (UN).
C.
MANFAAT PRAKTEK
PKL
1.
Menambah
wawasan dan pengetahuan dalam dunia kerja.
2.
Menambah
pengalaman kerjabagi siswa sebelum terjun langsung kedunia kerja.
3.
Mengenal
lingkungan dunia kerja.
4.
Meningkatkan
rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
5.
Dapat
membandingkan kemampuan yang diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di
dunia kerja.
6.
Prakerin
membuat siswa menjadi tau sejauh mana kemampuan dia, jadi semacam uji kemampuan
secara nyata, bukan hanya dalam bentuk nilai. Kemampuan tentang bekerja
tentunya.
D.
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN PKL
1.
Waktu
pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang dilaksanakan selama empat
bulan terhitung pada tanggal 24 Agustus 2020 sampai dengan tanggal 19 Desember
2020.
2.
Tempat
Pelaksanaan PKL di Hotel Artha, Jln. Veteran No.11 – Waikabubak – Sumba Barat.
BAB.
II
GAMBAR
UMUM
A.
SEJARAH INSTANSI
DUDI
Hotel
Artha beralamat di jalam Veteran No. 11 Kota Waikabubak – Sumba Barat –
Provinsi Nusa Tenggara Timur, berasal dari sebuah ide untuk memulai sebuah
usaha dibidang jasa,maka situlah dibangun sebuah hotel yang sejak awal bernama
“HOTEL ARTHA”, tepatnya pada tahun 1990 mulai dibangun dalam jenjang waktu tiga
tahun selesai dibangun dan pada tahun 1993 mulai beroperasi dengan menyediakan
15 kamar yang terbagi menjadi dua tipe yaitu tujuh kamar VIP dan delapan kamar
standar. Sejak awal beroperasi sampai sekarang tidak ada perubahan baik kamar
maupun nama hotel.
B.
VISI MISI DUDI
1.
Visi Instansi Dudi
Menjadikan hotel
yang berkualitas unggul dalam pelayanan
2.
Misi Instansi Dudi
· Menjadi tempat
yang menyenangkan bagi para pengunjung
· Menjadi tempat
kenyamanan bagi para tanu hotel
· Memberi kepuasan
kepada para pengunjung hotel dengan melakukan pelayanan yang baik.
C. STRUKTUR ORGANISASI
STRUKTUR
ORGANISASI
HOTEL ARTHA
|
||||||||||
|
|
|
|
|
Penjelasan
dari masing-masing yang ada di Hotel Artha
- Manager/ Pemiik adalah pemilik hotel dan sebagai
pemimpin utama dalam hotel yang bertugas memberikan arahan serta mengawasi
pelaksanaan seluruh kegiatan dilapangan baik menyangkut operasional hotel
itu sendiri maupun sistem pelaporan dan hal-hal administrative lainnya
sekaligus sebagai pengambil keputusan. Manager/ pemilik bertanggungjawab
kepada pihak pemegang saham Hotel Artha.
- Asisten Manager, bertugas membantu Manager/
pemilik khususnya dalam hal administrasi. Asisten juga bertugas
menemani/mendampingi Manager di saat tugas-tugas eksteren yang
bertanggungjawab terhadap Manager.
- Administrasi, bertugas dan bertanggung jawab
atas efektivitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang
disusun setiap hari. Ia akan dimintai pendapat dan pandangannya dalam hal
keuangan hotel Artha.
- Marketing bertugas sebagai pemasar dan menjual
produk-produk yang ada dalam Hotel Artha, sehingga mampu meningkatkan
omzet perusahan serta menangani keluhan-keluhan konsumen tentang pelayanan
konsumen.
BAB.
III
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
A. PELAKSANAAN KEGIATAN
No |
Hari
Tanggal |
Waktu
|
Kegiatan
|
Keterangan |
|
25/ 08/ 2020 |
07.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
26/ 08/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
27/ 08/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
28/ 08/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
29/ 08/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
30/ 08/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
31/ 08/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
01/ 09/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
02/ 09/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
03/ 09/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
04/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
05/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
06/09/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
07/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
08/ 09/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
09/ 09/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
10/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
11/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
12/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
13/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
14/ 09/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
15/ 09/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
16/ 09/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
17/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
Makan dan minum. |
|
|
18/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
19/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
20/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
21/ 09/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
22/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
23/ 09/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
24/ 09/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
25/ 09/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
26/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
27/ 09/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
28/ 09/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
29/ 09/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
30/ 09/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum.. |
|
|
01/ 10/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
02/ 10/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
03/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
04/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
05/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
06/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
07/ 10/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
08/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum |
|
|
09/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
10/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
11/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
12/ 10/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
13/ 10/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
14/ 10/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
15/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
16/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
17/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
18/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
19/ 10/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
20/ 10/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
21/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
22/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
23/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
24/ 10/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
25/ 10/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
26/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
27/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
28/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
29/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
30/ 10/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
31/ 10/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
01/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
02/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
03/ 11/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
04/ 11/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
05/ 11/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
06/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
07/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
08/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
09/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
10/ 11/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
11/ 11/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
12/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
13/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
14/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
15/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
16/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
17/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
18/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
19/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
20/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
21/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
22/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
23/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
24/ 11/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
25/ 11/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
26/ 11/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
27/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum |
|
|
28/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
29/ 11/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
30/ 11/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
01/ 12/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
02/ 12/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
03/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum |
|
|
04/ 12/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
05/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
06/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
07/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
08/ 12/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
09/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
10/ 12/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
11/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
12/ 12/ 2020 |
|
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
13/ 12/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
14/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
15/ 12/ 2020 |
08.00 |
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
16/ 12/ 2020 |
08.00 |
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
17/ 12/ 2020 |
08.00 |
|
|
|
18/ 12/ 2020 |
08.00 |
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
19/ 12/ 2020 |
08.00 |
Melayani tamu,
makan dan minum |
|
|
20/ 12/ 2020 |
08.00 |
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
21/ 12/ 2020 |
|
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
22/ 12/ 2020 |
|
Bersih, bersih
kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung
bantal, menata barang-barang yang ada di meja. |
|
|
23/ 12/ 2020 |
|
Sebelum tamu
check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman,
setelah tamu chech out membersihkan,
sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja. |
|
|
24/ 12/ 2020 |
|
Membersihkan
kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja. |
|
|
25/ 12/ 2020 |
|
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
26/ 12/ 2020 |
|
Bersihkan kamar,
sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu
di losmen dan barang-barang tamu yang check out. |
|
|
27/ 12/ 2020 |
|
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
28/ 12/ 2020 |
|
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
|
29/ 12/ 2020 |
|
|
|
|
30/ 12/ 2020 |
|
Melayani makan
dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel). |
|
|
31/ 12/ 2020 |
|
Melayani tamu,
makan dan minum. |
|
B.
HASIL KEGIATAN
1.
Faktor
Pendukung
·
Fasilitan
peralatan yang sangat mendukung.
·
Ruangan
yang cukup luas.
·
Pembimbingan
kepada PKL oleh pihak usaha sangat baik.
·
Karyawan
sangat baik dengan system kerja sama.
·
Managernya
yang mampu bertanggung jawab dan bijaksana.
·
Karyaman
yang ramah.
2.
Factor
Penghambat
·
Ditempat
praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan.
·
Jumlah
karyawan yang banyak.
·
Terkadang
tidak mendapatkan tamu yang kunjungi.
·
Kadang
tamu komplin dengan keterlambatannya penyiapan makanan/ minuman.
·
Terkadang
system yang digunakan entri, transaksi error, hal tersebut menghambat proses
saat bekerja.
·
Computer
terkadang shutdown dengan sendirinya pada saat sedang melakukan entri transaksi.
·
Cuaca
yang terkadang tidak mendukung.
3.
Pengembangan
di masyarakat
·
Akan
mengembangkan lagi disekolah sesuai dengan apa yang didaatkan didunia usaha dan
industry.
·
Akan
mengamalkan apa yang didapatkan di tempatkat praktek kepada teman-teman.
·
Mengusulakan
kepada sekolah agar meningkatakan lagi kemapuan siswa dalam menghadapi
pelaksanaan prakerin.
·
Praktek
lapangan sangat perlu dan terus mencoba berlatih untuk menjadi yang terbaik.
·
Mengembangkan
dan meningkatkan untuk bertindak secara kolekyif.
·
Mengambil
tindakan kolektif dan hasil, bahwa tindakan untuk perbaikan dalam sebuah
komunitas seluruh masyarakat.
·
Upaya
pengembangan masyarakat akan mengalami kendala dan kemungkinan gagal sangat
besar jika masyarakat tidak dilibatkan dalam upaya tersebut.
C. DAFTAR HADIR
Hasil |
Jam Masuk |
Jam
Istirahat |
Jam
Pulang |
|||
Shift 1 |
Shift 2 |
Shift 1 |
Shift 2 |
Shift 1 |
Shift 2 |
|
Senin |
|
|
|
|
|
|
Selasa |
07.00 |
|
10.00 |
|
01.00 |
|
Rabu |
07.00 |
|
10.00 |
|
12.00 |
|
Kamis |
07.00 |
|
11.32 |
|
12.00 |
|
Jumat |
08.00 |
|
11.00 |
|
12.00 |
|
Sabtu
|
08.00 |
|
10.00 |
|
12.00 |
|
D.
TATA TERTIP
PESERA PKL
- Peserta
Didik Wajib
·
Mengikuti
aturan waktu dari persiapan sampai pelaksanaan Prakerin
·
Berpakaiaan
bersi dan rapi, memakai pakaian prakerin, tidak berpakaian ketat dan tertutup.
·
Memakai
tnda pengenal praktek kerja industri.
·
Harus
hadir sesuai dengan jadwal jam kerja
·
Dilarang
merokok dan minuman keras.
·
Menjaga
kebersihan, keindahan dan kerapian.
·
Menjaga
etika, sopan santun, ketenangan dan ketentraman tempat praktek.
·
Mematuhi
tata tertib tempat prakerin.
·
Mengisi
jumlah kegiatan setiap hari kerja dan diketahui pembimbing industri.
·
Peserta
yang tidak hadir, disampaikan ke sekolah dan dunia usaha/ dunia industri/
lembaga tempat prakerin.
- Peserta
Didik Dilarang
·
Peserta
PKL dilarang merokok baik di dalam hotel maupun diluar jam kerja.
·
Peserta
PKL dilarang keluar pada saat jam kerja, kecuali setelah mendapat izin dari
instruktur DUDI.
·
Peserta
PKL dilarang pulang atau meninggalkan hotel sebelum jam pulang kerja, kecuali
ada kekepentingan dan itupun harus mendapat izin dan restu dari instruktur
DUDI.
·
Peserta
PKL yang tidak masuk terus menerus dengan tanpa alas an dan tidak
memberitahukan kepada instruktur atau pembimbing, maka alas an diberi sansksi
oleh sekolah sesuai dengan hukuman yang berlaku dan akan diberikan nilai nol.
·
Peserta
PKL dilarang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan tata tertib di hotel
DUDI.
BAB.
IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya
Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis
dapat mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di industri,
sehingga saya dapat membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari
pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri tersebut.
Bahwa
dalam Praktek Kerja Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang
sangat besar bagi saya sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata
dan perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, saya bisa
mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan apa yang di lakukan di
hotel Artha.
Selain
itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat saya menjadi tahu bagaimana
cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus
diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri ini juga saya mengetahui
bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat. Dengan mengikuti Praktik
Kerja Industri ada pembekalan untuk masa depan dalam bekerja di dunia
Pariwisata dalam Bidang Akomondasi Perhotelan.
Selain
itu, saya dapat menambah wawasan yang luas dalam kegiatan Peraktik Kerja
Industri tersebut di dalam Perhotelan serta menambah pengalaman yang banyak
dari kegiatan tersebut.
B.
SARAN
Keberadaan
sekolah, hotel, dan siswa training adalah mata rantai yang tidak terpisah
kaitannya. Tentunya diharapkan sekolah memberikan pendidikan yang sesuai dengan
otoritas hotel dibarengi dengan kemampuan yang memadai dari siswa training dan
disokong dengan sarana dan prasarana yang lengkap dari pihak hotel untuk
mencapai tujuan yang terbaik. Berdasarkan dari penelitian selama training maka saya
dapat memberikan saran khusus yan berkaitan dengan prosedur kerja, dengan
harapan dapat di jadikan bahan pertimbangan. Untuk memajukan perosedur kerja
dalam melayani tamu.
Untuk Sekolah:
·
Sekolah
sudah cukup baik dalam mempersiapkan anak didiknya untuk terjun ke DUDI dalam
pelaksanaan prakrin.
·
Tingkatkan
lagi sarana dan prasarana penujang siswa yang akan digunakan sebelum diterjunkan
training.
·
Saya
berharap para staff dan guru produktif lebih sabar dalam mengajarkan hal-hal
baru bagi siswa.
Untuk
DUDI
·
Tingkatkan
produktivitas kerja secara maksimal.
·
Bagi
para staff senor agar lebih sabar dalam memberikan pengajaran
·
Bagi
para staff Hotel Artha agar selalu mempertahankan semangat kerja dan sukses selalu.
·
Para
staff Hotel Artha sudah sangat baik dalam memberikan pengajaran khususnya
kepada saya.
·
Terimakasih
atas kesempata dan ilmu 4 bulan masa prakerin.
Posting Komentar untuk "CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) JURUSAN PERHOTELAN DOC TERBARU"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.