PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU
DAPODIK.co.id - PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU. PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU. MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DENGAN MIKIR.
Mendampingi anak belajar dari rumah, sambil orangtuamengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan baik dari kantor atau harus bekerja dari rumah (work from home) atau karena pekerjaan rutin lainnya merupakan tantangan tersendiri. Perlu dingat bahwa orangtua dirumah bukan untuk menggantikan semua peran gurudi sekolah. Untuk ini mendampingi anak belajar dari rumah bisa dilakukan dengan:
PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU
![PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQXTfHfEAJv7giZvx6ueUQqAoXFsm5RjK0pCZPpZ35udx3m-LtR7ZbOAc3s0L90aKmB1u1pFD3xZVZ33pBJX7FIO4HeMRdc0ciqHumiO3lwtePVN9vipd_uBk3XFWO9LkL5z2csK1UBlCr/w400-h214/PANDUAN+ORANGTUA+MENDAMPINGI+ANAK+BELAJAR+DARI+RUMAH+PADA+TAHUN+AJARAN+BARU.png)
M
Membuat jadwal dan aturan bersama.
Ingatkan
anak tentang aturan dan jadwal
yang akan dibuat bersama merupakan tanggung jawab setiap anak dan tanggung
jawab bersama untuk mengikutinya.
I
Ide Kegiatan.
Bantu
anak dengan ide kegiatan bila anak bingung menuliskan kegiatan apa yang akan
dilakukan pada hari berjalan.
K
Komunikasi positif.
Bangun hubungan yang positif dan selalu bertanya dengan positif terutama ketika anak akan memulai sebuah kegiatan.
I
Ingatkan waktu dan Introspeksi.
Ingatkan anak-anak tentang waktu yang mereka miliki untuk sebuah aktivitas. Ingatkan atau introspeksi diri kita sebagai orangtua tidak serba tahu.
R
Relasi dan Refleksi.
Orangtua bisa melakukan refleksi tentang apa yang sudah dilakukan bersama secara informal dengan mengobrol atau sambil makan malam atau cara lainnya.
M
MEMBUAT JADWAL KEGIATAN
Membantu anak membuat jadwal kegiatan bukan berarti membuatkan jadwal untuk
anak, namun memberikan kesempatan anak untuk membuat jadwal mereka sendiri. Hal
ini membantu anak bertanggung jawab terhadap semua rencana kegiatan yang akan
dilaksanakan pada hari berjalan.
Berikanlah waktu kepada anak untuk mengingat kembali apa yang harus dikerjakan
secara harian. Tuliskan dan tempelkan jadwal kegiatan yang sudah dibuat anak di
tempat yang mudah terlihat. Diskusikan atau beri kesempatan anak untuk membuat
dua opsi kegiatan sehingga ada pilihan kegiatan yang bisa dijalankan.
I
IDE KEGIATAN
Jika
anak kesulitan menemukan ide kegiatan, bantu mereka dengan menyebutkan beberapa
hal yang bisa dilakukan selain mengerjakan tugas dari sekolah, seperti:
Kegiatan Rutin Harian > Mandi
pagi, sarapan, dan berdoa;
Kegiatan Belajar > Mengingatkan
apa yang harus dikerjakan anak di rumah sesuai tugas yang diberikan guru;
Kegiatan Fisik > Olahraga ringan,
membersihkan halaman, membersihkan rumah atau kamar sendiri, membersihkan alat
pribadi (seperti mencuci piring dan gelas setelah makan);
Kegiatan Lain > Membaca buku,
bermain musik, menulis jurnal harian, bermain games, membantu orang lain di
tengah wabah Covid-19 seperti memberikan makanan untuk yang memerlukan, mengumpulkan
uang saku untuk sumbangan,
K
KOMUNIKASI
POSITIF SAAT MEMULAI
Tanyakan
kepada anak:
Apa yang bisa dibantu?
Bantulah anak untuk memahami apa yang harus dikerjakan.
Orangtua sangat penting untuk menanyakan sesuatu yang bisa dibantu sehingga
membangun hubungan positif dengan anak.
Bertanya tentang apa yang bisa dibantu bukan berarti mengerjakan semua
pekerjaan yang seharusnya dikerjakan anak.
Bantulah anak memahami apa yang harus dikerjakan dengan membaca kembali tugas
dari sekolah. Jika masih mengalami kesulitan, orangtua atau anak bisa
menghubungi kembali guru melalui telepon, SMS, atau WA untuk meminta penjelasan
tugas yang dimaksud.
I
INGATKAN WAKTU
Ingatkanlah jadwal kegiatan dan waktu yang akan, sedang, dan telah digunakan anak.
Mengingatkan
kegiatan yang sudah direncanakan bisa membantu mereka mencapai
target. Beberapa kegiatan yang sudah direncanakan kadang tidak bisa dikerjakan
karena anak mengubah jadwal yang sudah dibuat. Ingatkanlah bahwa mengubah
jadwal bisa dilakukan dengan menulis kembali perubahan pada jadwal yang sudah
dibuat sehingga target-target kegiatan bisa dicapai.
I
INTROSPEKSI
ORANGTUA SERBA TAHU
Ingatkan
diri kita masing-masing, orangtua bukan orang yang serba tahu segalanya.
Respons seperti ini bisa juga orangtua katakana kepada anak:
“Maaf Ayah (Bunda) belum punya jawaban untuk pertanyaan itu. Sekarang, mari
kita
cari bersama jawabannya dan kita diskusikan satu jam lagi dari sekarang?
Jika kita tidak mengerti tentang apa yang anak tanyakan, ingat banyak jalan
menuju Roma, ini beberapa idenya:
• Lihat WA grup,
• Tanya anak yang lain,
• Lihat internet,
• Tanya ke guru kelas, dan cara lainnya
R
REFLEKSI
HARIAN
Bantu
anak untuk melakukan refleksi tentang apa yang sudah dikerjakan pada hari itu.
Lakukanlah refleksi dengan anak dalam aktivitas santai;
sambil mengobrol di ruang keluarga, menjelang tidur, atau saat makan malam.
Jika anak diharuskan mengisi check list kegiatan atau semacamnya, bantu anak
untuk melengkapi sebelum tidur.
Refleksi bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan:
• Bagaimana perasaanmu hari itu?
• Apa yang sudah berhasil dilaksanakan dan apa yang belum berhasil?
• Apa yang membuatmu senang, sedih, kesal, atau bahagia?
Dengarkanlah cerita mereka. Pujilah capaian anak-anak hari ini dan berikan
komentar atau saran jika diperlukan.
R
RELASI
MEMBANGUN HUBUNGAN POSITIF
Ada enam hal penting dalam membangun hubungan yang positif mendampingi anak Belajar dari Rumah:
Ada
enam hal penting dalam membangun hubungan yang positif mendampingi anak Belajar
dari Rumah:
1. Membuat dan menerapkan aturan bersama;
2. Mengajukan pertanyaan positif jika adasesuatu yang ingin diketahui tentang
aktivitas
anak;
3. Memberikan apresiasi setiap hal baik yang sudah dilakukan anak;
4. Mengkonfirmasi, bukan menghakimi atau memarahi anak jika ada hal yang
menurut
orangtua perlu diperbaiki dari anak;
5. Memberikan waktu sepenuh hati untuk anak-anak;
6. Memasang hasil karya anak di dinding kamar atau tempat belajarnya sebagai
bentuk
apresiasi.
Demikian Postingan Terbaru Terkait PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU, semoga artikel yang di buat ini bermanfaat, dan memudahkan untuk keperluan dan tujuan saudara.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Selengkapnya, Paparan Serta Unduh PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU:
Link Unduh PANDUAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA TAHUN AJARAN BARU (Klik Disini)
BB agus
BalasHapusapa artinya
Hapus