11 Langkah Guru Mengajar Modern
DAPODIK.co.id - 11 Langkah Guru Mengajar Modern. Guru yang baik memang seharusnya memahami dan tahu cara mengajar yang baik kepada murid yang diajarnya. Apabila guru berada di dalam kelas, seorang guru melakukan pengendalian padas aktivitas yang akan dilakukan saat belajar . apbila murid memberikan tanggapan yang baik berarti mereka merasa senang untuk belajar bersama guru yang yang sedang mengajar tersebut, ini berarti guru tersebut menggunakan metode mengajar yang baik dan bervariasi .
Sebagian
guru masih ada yang mengajar dengan menggunakan metode konvensional , yang
seolah-olah hanya guru saja yang boleh aktif sementara murid-muridnya hanya mendengarkan
apa yang dikatakan oleh guru. Sekarang ini, anak-anak dituntut untuk lebih
aktif, sehingga cara mengajar guru juga harus berubah menjadi lebih baik dan
maksimal.
11 Langkah Guru Mengajar Modern
Khusus
untuk para guru, berikut ini admin dapodik.co.id telah merangkum 11 Cara
Mengajar yang baik di zaman modern kepada murid-murid agar mereka mampu
menyerap pelajaran apa yang diberikan dengan efektif dan efisien.
BerikutIni Adalah 11 Langkah Guru Mengajar
Modern
1. Berdiri
didepan kelas maksud tidak berdiri dengan lincah adalah seorang guru sebaiknya
bergerak ketika sedang mengajar, tidak hanya berdiri di depan kelas saja, atau
hanya duduk di meja guru. Lakukan teknik mobile teaching dengan cara guru
mencoba untuk mengajar secara lebih dekat dengan muridnya, dan berkeliling
untuk mengetahui situasi kelas dan murid-muridnya ketika sedang belajar. Jika
memang pelajaran hitungan sedang diberikan, cobalah guru untuk mendekati murid
di setiap baris tempat duduknya dan lihat perkembangan mereka ketika sedang mengerjakan
hitungan tersebut. Jika saja ada murid yang sedang melamun, atau merasa
bingung, maka guru akan dengan mudah mengetahuinya.
2. Mintalah
siswa memberikan komentar untuk mengetahui apakah murid-murid kita ini
memperhatikan kita saat mengajar pelajaran tertentu atau tidak, guru bisa
melakukan diskusi atau debat argumen supaya mereka mau mengeluarkan
pendapatnya. Memang tidak semua murid kita akan bisa berpendapat dengan baik,
beberapa ada yang terkendala masalah komunikasi. Namun, apapun respon mereka,
pancing terus mereka untuk berpendapat dan hargai setiap pendapat yang mereka
lontarkan. Selain materi pembelajaran dapat mudah mereka pahami, kita juga
mengajarkan mereka untuk berani berbicara dan menerima pendapat orang lain. Hal
ini merupakan dasar komunikasi yang baik untuk bekal murid-murid kita di masa
depan.
3. Mengajar
dengan multi metode melakukan variasi dalam metode mengajar ternyata akan
berpengaruh positif terhadap pemahaman murid-murid kita. Bisa dibayangkan jika
yang terjadi di kelas adalah hanya berbicara saja, dan mendengarkan tanpa ada
yang bertanya, maka pemahaman pelajaran akan terasa lebih sulit. Cobalah untuk
membuat variasi ketika mengajar. Sebelum masuk ke inti pelajaran, cobalah untuk
lebih rilexs dengan menyanyikan lagu yel-yel kelasnya, agar belajar tetap semangat.
Guru juga bisa menyisipkan games dalam setiap pelajaran yang sedang diberikan,
asalkan games ini berhubungan dengan mata pelajaranya yang anda mengajar. Lakukan
lebih banyak diskusi dengan murid-murid kita, agar mereka aktif dan lebih
memahami subjek pelajaranya.
4. Curahkan
perhatian penuh pada siswa pada saat mengajar, bukan saja memberikan materi
pelajaran untuk murid-murid kita agar mereka mengetahui dan mempelajarinya. Mengajar
juga harus memperhatikan keadaan murid-muridnya. Jika kembali ke masa sekolah
dulu, biasanya sang guru akan memperhatikan siswa-siswi tertentu saja, seperti
siswa yang paling sering bolos, yang paling pintar, paling cantik dan lain
sebagainya. Predikat inilah yang bisa membuat guru sangat mudah mengenali satu
persatu muridnya. Sebaiknya berikan perhatian kepada seluruh murid. Siap murid
memiliki talenta dan karakter yang berbeda, maka ketahuilah satu persatu dan
dukung mereka agar bisa berkembang menjadi lebih baik.
5. Gunakan
teknologi secara benar dan profesional karena sekarang sudah serba canggih,
metode mengajar kita juga harus disesuaikan dengan teknologi yang ada agar
mengajar semakin mudah. Manfaatkan komputer, laptop, croombook, tablet, HP dan
lainya untuk digunakan murid-murid dalam mempelajari sesuatu subjek. Agar tidak
bosan, ubahlah text book pelajaran menjadi bentuk gambar atau audio, dengan
begini murid akan menemukan sesuatu yang dianggap baru dan menyenangkan. Memanfaatkan
teknologi tentunya akan selalu berkaitan dengan internet. Saat ini ada banyak
website edukasi yang akan memberikan pengetahuan tentang mata pelajaran yang
sedang murid-murid bahas bersama gurunya ini. Mereka bisa mengakses video
pembelajaran atau membaca artikel terkait, untuk membuat mereka lebih paham.
6. Berinteraktiflah
dengan siswa secara proporsional cobalah untuk menggunakan metode belajar yang
interaktif dengan murid-murid kita. Seorang guru memang menguasai materi
pelajaran yang akan diberikan kepada anak muridnya, namun perkembangan anak
juga harus kita fikirkan. Mereka akan banyak memiliki rasa ingin tahu tentang
sesuatu, terhadap tentang issu yang mungkin sedang dibahas pada mata pelajaran
tertentu. Berikan kesempatan mereka untuk bertanya seputar pelajaran yang
dibahas. Guru bisa mengawali dengan menceritakan kisah pendek terkait pelajaran
tersebut. Buat mereka menjadi bertanya agar mereka lebih mudah mengerti dan
memahami sebenarnya bagaimana menyelesaikan pertanyaan dalam suatu pelajaran
tertentu
7. Gunakan
lingkungan sebagai sumber belajar beberapa guru ada yang suka menggunakan
metode ini, dimana murid-muridnya digiring ke luar kelas pada pagi hari, dan
mereka belajar di luar kelas. Metode seperti ini dianggap akan kembali
merefresh keadaan otak murid-murid kita yang sudah sering menerima pelajaran
setiap harinya. Lakukan pembelajaran yang cenderung menyenangkan, seperti
membuat pasangan kata pada sebuah kertas dan menyuruh mereka untuk mencari
maksud dari padanan kata tersebut, sesuai dengan buku pelajaran. Coba
perhatikan, murid-murid akan merasa lebih refresh dan lebih mudah untuk
menyerap pelajaran. Mereka akan lebih konsenstrasi, terlebih keadaan diluar
masih di jam pagi hari.
8. Materi
dengan format Animasi atau video dalam menyampaikan pelajaran kepada
murid-murid kita, sebaiknya kita tidak menghabiskan waktu dengan membahas point
yang kurang penting untuk disampaikan. Siapkan poin-poin dari materi pelajaran
utama dalam bentuk yang lebih animasi. Jika memang bisa disampaikan dengan
poin, kita bisa gunakan slide presentasi lewat power poin. Buatlah beberapa
slide tampilan materi pembelajaran dengan menyisipkan animasi lucu dan bergerak
di dalamnya. Hal ini akan berguna agar penyampaian materi tidak membosankan. Penjelasan
poin seperti ini juga lebih jelas dalam mengarahkan tujuan pembelajaran itu
sendiri. Sesekali sarankan juga murid-murid untuk belajar membuat presentasi
lewat power point. Selain itu, kita juga bisa gunakan Video pembelajaran agar
suasana belajar lebih baru.
9. Terapkan
reward dan punishment dengan bijaksana sebagai guru, kita juga harus bisa lebih
sabar untuk menghadapi berbagai respon anak murid kita, baik sabar dalam
pemahaman pembelajaran, maupun sabar dalam mendorong mereka untuk terus
semangat belajar. Respon anak murid kita akan berbeda-beda terhadap pelajaran,
sekalipun berbagai strategi yang unik sudah coba kita lakukan untuk membuat
suasana belajar lebih seru. Untuk lebih menyemangati anak murid kita, tidak ada
salahnya jika kita memberikan reward atau hadiah setiap anak murid kita
berhasil menjawab pertanyaan kuis atau test harian saat di kelas. Hadiah juga
merupakan salah satu motivasi untuk anak-anak murid kita agar lebih semangat
belajar.
10. Tutuplah
pelajaran dengan gembira saat pelajaran akan segera berakhir waktunya, maka
terapkan teknik closing belajar yang benar, agar murid-murid tidak mudah
melupakan poin apa saja yang telah mereka pelajari hari ini. Ulangi kembali
poin pembelajaran tadi, secara garis besar agar murid-murid kita tetap
mengingatnya dan juga mulai memahaminya. Setelah itu, coba untuk menarik
kesimpulan dari pembelajaran tersebut agar bisa melanjutkan ke materi
selanjutnya secara teratur, murid akan tetap mengingat materi sebelumnya, jika teknik
closingnya seperti ini. Beritahukan tentang materi yang akan dibahas selanjutnya
di pertemuan berikutnya. Sarankan murid-murid untuk membaca poin penting
pelajaran berikutnya sebelum kelas dimulai.
11. Setelah menutup
semua aktifitas belajar, guru meminta salah satu siswa ke depan kelas untuk
melakukan kegiatan doa, karena dengan berdoa maka semua kegiatan belajar kita
akan diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Menjadi
Guru yang baik tidak mudah, karena kita memiliki tanggung jawab untuk
menyampaikan materi pelajaran kepada murid-murid kita, serta kewajiban kita
selanjutnya adalah membuat mereka memahami tujuan pembelajaran tadi agar mereka
lebih cepat memahaminya. Respon murid terhadap pelajaran tentu berbeda-beda,
oleh karena itu kita harus menggunakan metode belajar yang lebih baru dan
modern agar murid-murid betah karena gurunya melakukan cara mengajar yang baik.
Demikianlah
11 cara mengajar yang modern dan Benar untuk Guru di Sekolah, semoga bisa
memberi pencerahan untuk metode belajar baru yang lebih menyenangkan.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini.
Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "11 Langkah Guru Mengajar Modern"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.