18 Kemampuan Dalam Kompetensi Profesional Guru
DAPODIK.co.id - 18 Kemampuan Dalam Kompetensi Profesional Guru. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, salam pengetahuan di dunia pendidikan.
18 Kemampuan Dalam Kompetensi
Profesional Guru
Menurut
Cooper ada 4 komponen kompetensi profesional, yaitu; (1) mempunyai pengetahuan
tentang belajar dan tingkah laku manusia, (2) mempunyai pengetahuan dan
menguasai bidang studi yang dibinanya, (3) mempunyai sikap yang tepat tentang
diri sendiri, sekolah, teman sejawat dan bidang studi yang dibinanya, dan (4)
mempunyai keterampilan dalam teknikl mengajar. Menurut (Johnson, 1980), kompetensi
profesional mencakup: (1) penguasaan materi pelajaran yang terdiri atas
penguasaan bahan yang harus diajarkan dan konsep-konsep dasar keilmuan yang
diajarkan dari bahan yang diajarkannya itu; (2) penguasaan dan
penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan; dan (3)
penguasaan proses-proses kependidikan, keguruan pembelajaran siswa. Menurut Depdikbud,
(1980) ada 10 kemampuan dasar guru, yaitu; (1) penguasaan bahan pelajaran
beserta konsep-konsep dasar keilmuannya, (2) pengelolaan program belajar
mengajar, (3) pengelolaan kelas, (4) penggunaan media dan sumber pembelajaran,
(5) penguasaan landasan-landasan kependidikan, (6) pengelolaan interaksi
belajar mengajar, (7) penilaian prestasi siswa, (8) pengenalan fungsi dan
program bimbingan dan penyuluhan, (9) pengenalan dan penyelenggaraan
administrasi sekolah, serta (10) pemahaman prinsip-prinsip dan pemanfaatan
hasil penelitian pendidikan untuk kepentingan peningkatan mutu pengajaran.
18 Kemampuan Dalam Kompetensi
Profesional Guru
Oleh
karena itu, berdasarkan pemaparan di atas, maka terdapat 18 kemampuan
profesional yang harus dimiliki guru antara lain adalah sebagai berikut:
1. Kemampuan
penguasaan materi/bahan bidang studi. Penguasaaan ini menjadi landasan pokok
untuk keterampilan mengajar.
2. Kemampuan
mengelola program pembelajaran yang mencakup merumuskan standar kompetensi dan
kompetensi dasar, merumuskan silabus, tujuan pembelajaran, kemampuan
menggunakan metode/model mengajar, kemampuan menyusun langkah-langkah kegiatan
pembelajaran, kemampuan mengenal potensi (entry behavior) peserta didik, serta
kemampuan merencanakan dan melaksanakan pengajaran redmedial.
3. Kemampuan
mengelola kelas. Kemampuan ini antara lain adalah; a) mengatur tata ruang
kelas, b) menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif.
4. Kemampuan
mengelola dan penggunaan media serta sumber belajar. Kemampuan ini pada
dasarnya merupakan kemampuan menciptakan kondisi belajar yang merangsang agar
proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Termasuk
dalam kemampuan ini adalah mampu membuat alat bantu pembelajaran, menggunakan
dan mengelola laboratorium, menggunakan perpustakaan.
5. Kemampuan
penguasaan tentang landasan kependidikan. Kemampuan menguasai landasan-landasan
kependidikan berkaitan dengan kegiatan sebagai berikut; a) mempelajari konsep,
landasan dan asas kependidikan, b) mengenal fungsi sekolah sebagai lembaga
sosial, c) mengenali kemampuan dan karakteristik fisik dan psikologis peserta
didik.
6. Kemampuan
menilai prestasi belajar peserta didik. Yang dimaksud dengan kemampuan ini
menilai prestasi belajar peserta didik atau siswa adalah kemampuan mengukur
perubahan tingkah laku siswa dan kemampuan mengukur kemahiran dirinya dalam
mengajar dan dalam membuat program. Dalam setiap pekerjaan evaluasi ada tiga
sasaran yang hendak dicapai, yaitu: a) Prestasi belajar berupa pernyataan dalam
bentuk angka dan tingkah laku, b) Prestasi mengajar berupa pernyataan
lingkungan yang mengamatinya melalui penghargaan atas prestasi yang dicapainya,
serta c) Keunggulan program yang dibuat guru, karena relevan dengan kebutuhan
peserta didik dan lingkungannya.
7. Kemampuan
memahami prinsip-prinsip pengelolaan lembaga dan program pendidikan di sekolah.
Di samping melaksanakan proses belajar mengajar, menurut Nawawi (1989),
diharapkan guru membantu kepala sekolah dalam menghadapi berbagai kegiatan
pendidikan lainnya yang digariskan dalam kurikulum, guru perlu memahami pula
prinsip-prinsip dasar tentang organisasi dan pengelolaan sekolah, bimbingan dan
penyuluhan termasuk bimbingan karier, program kokurikuler dan ekstrakurikuler,
perpustakaan sekolah serta hal-hal yang terkait
8. Kemampuan
menguasai metode berpikir. Metode dan pendekatan setiap bidang studi
berbeda-beda.
9. Kemampuan
meningkatkan dan menjalankan misi profesional. Ilmu pengetahuan dan teknologi
terus berkembang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi. Guru harus terus menerus mengembangkan dirinya agar wawasannya
menjadi luas sehingga dapat mengikuti perubahan dan perkembangan profesinya
yang didasari oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.
10. Kemampuan/terampil
memberikan bantuan dan bimbingan kepada peserta didik. Bantuan dan bimbingan
kepada peserta didik sangat diperlukan agar peserta didik dapat mengembangkan
kemampuannya melalui proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu, guru perlu
memahami berbagai teknik bimbingan belajar dan dapat memilihnya dengan tepat
untuk membantu para peserta didik.
11. Kemampuan
memiliki wawasan tentang penelitian pendidikan. Setiap guru perlu memiliki
kemampuan untuk memahami/melakukan penelitian sehingga mereka perlu memiliki
wawasan yang memadai tentang prinsip-prinsip dasar dan cara-cara melaksanakan
penelitian pendidikan. Khususnya penelitian tindakan kelas (classroom action
research).
12. Kemampuan
memahami karakteristik peserta didik. Guru dituntut memiliki pemahaman yang
lebih mendalam tentang ciri-ciri dan perkembangan peserta didik, lalu
menyesuaikan bahan yang akan diajarkan sesuai dengan karakteristik peserta
didik.
13. Kemampuan
menyelenggarakan administrasi sekolah. Di samping kegiatan akademis, guru harus
mampu menyelenggarakan administrasi sekolah.
14. Kemampuan
memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan. Seorang guru diharapkan berperan
sebagai inovator atau agen perubahan maka guru perlu memiliki wawasan yang
memadai mengenai berbagai inovasi dan teknologi pendidikan yang pernah dan
mungkin dikembangkan pada jenjang pendidikan. Wawasan ini perlu dimiliki oleh
setiap guru agar dalam melaksanakan tugasnya mereka tidak cenderung bertindak
secara rutin, tetapi selalu memikirkan cara-cara baru yang mungkin dapat
diterapkan di sekolah, yang sekaligus dapat meningkatkan kegairahan kerja
mereka.
15. Kemampuan/berani
mengambil keputusan. Guru harus memiliki kemampuan mengambil keputusan
pendidikan agar ia tidak terombang-ambing dalam ketidakpastian. Semua
tindakannya akan memberikan dampak tersendiri bagi peserta didik sehingga
apabila guru tidak berani mengambil tindakan kependidikan, siswa akan menjadi
korban kebimbangan.
16. Kemampuan
memahami kurikulum dan perkembangannya. Salah satu tugas guru adalah
melaksanakan kurikulum dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, guru perlu
memahami konsep-konsep dasar dan langkah-langkah pokok dalam perkembangan
kurikulum.
17. Kemampuan
bekerja berencana dan terprogram. Guru dituntut untuk dapat bekerja teratur,
tahap demi tahap, tanpa menghilangkan kreativitasnya. Rencana dan program
tersebut akan menjadi pola kerja guru sehingga tahap pencapaian pendidikan
dapat dinilai dan dijadikan umpan balik bagi kelanjutan peningkatan tahap
pendidikan. Keteraturan dan keterlibatan kerja ini pun akan memberikan warna
dalam proses pendidikan atau proses belajar mengajar.
18. Kemampuan
menggunakan waktu secara tepat. Makna tepat waktu di sini bukan sekedar masuk
dan keluar kelas tepat pada waktunya, melainkan juga guru harus pandai membuat
program kegiatan dengan durasi dan frekuensi yang tepat sehingga tidak
membosankan.
Kompetensi
profesional guru adalah sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan profesi
yang menuntut berbagai keahlian di bidang pendidikan atau keguruan. Kompetensi
profesional merupakan kemampuan dasar guru dalam pengetahuan tentang belajar dan
tingkah laku manusia, bidang studi yang dibinanya, sikap yang tepat tentang
lingkungan PBM dan mempunyai keterampilan dalam teknik mengajar.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang 18 Kemampuan Dalam Kompetensi Profesional Guru. Semoga
ada manfaatnya, terima kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini.
Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "18 Kemampuan Dalam Kompetensi Profesional Guru"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.