Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA
DAPODIK.co.id - Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. anduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini disusun untuk membantu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan ini diharapkan menjadi salah satu sumber informasi yang dapat dirujuk oleh pendidik dalam merancang dan melaksanakan projek.
Panduan
ini memuat prinsip-prinsip, komponen-komponen, tahapan, criteria output setiap
tahapan perencanaan dan pelaksanaan projek, strategi serta contohcontoh
pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran paradigma
baru.
Sebagai
salah satu sumber informasi, penjelasan mengenai strategi, contohcontoh serta
format dalam panduan ini hanya merupakan contoh, bukan sesuatu yang harus
diikuti sepenuhnya atau keseluruhan. Pendidik dapat menggunakan rujukan, strategi
dan format lain untuk merancang dan melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar
Pancasila, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan
dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan dalam
Kemendikbudristek-Dikti tentang satuan pendidikan Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.
Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan Pembelajaran Paradigma baru. Oleh karena itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma
Baru perlu diupayakan. Selain infomasi dari panduan ini, pendidik dapat mempelajari
kedua konsep tersebut dengan mengakses dokumen terkait lainnya
Panduan Pengembangan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA
“...
perlulah anak anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan
rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang
hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri , dan kemudian
tidak hidup berpisahan dengan rakyatnya.” Ki Hadjar Dewantara.
Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek ini,
peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting
seperti perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik bisa melakukan
aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan
kebutuhannya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.
Sejak
tahun 1990-an, pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai
menyadari bahwa mempelajari hal-hal di luar kelas dapat membantu peserta didik
mendapatkan pemahaman bahwa yang dipelajari di satuan pendidikan memiliki hubungan dengan
kehidupan sehari-sehari. Jauh sebelum itu, Ki Hajar Dewantara sudah menegaskan pentingnya peserta didik mempelajari hal-hal di luar kelas, namun sayangnya
selama ini pelaksanaan hal tersebut belum optimal.
Dunia
saat ini semakin modern dengan kemajuan berkelanjutan yang dicapai melalui
berbagai inisiatif projek yang sukses. Kegiatan seperti membuat masakan untuk keluarga, merapikan halaman rumah, atau mengadakan acara pentas seni satuan
pendidikan, adalah contoh projek-projek yang dapat dijalankan sehari-hari.
Bagi
pekerja di dunia modern, keberhasilan menjalankan projek akan menjadi prestasi
tersendiri dibandingkan dengan loyalitas atau lama bekerja dalam satu
perusahaan. Memecahkan masalah dunia nyata penting bagi orang dewasa, dan juga anak-anak.
Agar anak-anak dapat memecahkan masalah dunia nyata, kita harus mempersiapkan
mereka dengan pengalaman (pengetahuan) dan kompetensi yang sesuai dengan
tuntutan zaman. Dalam upaya mempersiapkan peserta didik agar mampu
mengembangkan kompetensi tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Panduan Pengembangan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA
Silahan
Dibaca dan Download Panduan Pengembangan
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA:
Link
Download Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang
SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA (Klik Di Sini).
Demikian
Artikel Terbaru Tentang Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.