Pandun Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
DAPODIK.co.id - Pandun Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang SMP -Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Panduan penguatan numerasi ini dibuat dalam rangka memberikan inspirasi kepada guru matematika maupun nonmatematika di jenjang Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan aktivitas pembelajaran dengan penguatan atau unsur numerasinya.
Panduan
ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada
Masa Pandemi Covid-19 yang telah dikembangkan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Kemendikbud) atau buku lainnya, namun bertujuan sebagai suplemen untuk
memberikan pedoman salah satu cara bagaimana penguatan numerasi dapat dilakukan. Melalui contoh yang diberikan, diharapkan guru dapat mengembangkan
aktivitas pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan numerasi dari peserta
didik. Perlu dicermati bahwa pendekatan yang disampaikan dalam panduan ini
bukan satu-satunya cara. Guru dapat menjajaki cara-cara lain untuk makin
memperkaya diri dalam berbagai pendekatan/ model/metode/teknik peningkatan
numerasi peserta didik.
Numerasi
sering kali diartikan secara sempit sebagai keterampilan yang hanya melibatkan
kecakapan dengan angka dan berhitung menggunakan kertas dan pensil atau
mencongak sehingga penggunaan kalkulator dianggap sebagai bukti seseorang tidak
memiliki numerasi. Namun, definisi “keterampilan dasar” dari numerasi semacam
ini sudah ketinggalan zaman di dunia abad ke- 21 yang kaya akan data dan
teknologi).
Numerasi,
disebut juga literasi numerasi dan literasi matematika, dapat diartikan sebagai
kemampuan untuk mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai ragam konteks kehidupan sehari-hari, misalnya,
di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai
warga negara (Kemendikbud). Selain itu, numerasi juga termasuk kemampuan untuk
menganalisis dan menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di
sekeliling kita yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.)
lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan
mengambil keputusan (Kemendikbud).
Berdasarkan
definisi di atas, numerasi merupakan kunci bagi peserta didik untuk mengakses
dan memahami dunia dan membekali peserta didik dengan kesadaran dan pemahaman tentang
peran penting matematika di dunia modern. Penekanan pada aplikasi dari matematika yang berhubungan dengan kehidupan memungkinkan
peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri untuk berpikir
secara numerik, spasial, dan data untuk menafsirkan dan menganalisis secara
kritis situasi sehari-hari dan untuk memecahkan masalah.
Menjadi numerat, yaitu memiliki keterampilan numerasi yang baik, melibatkan
lebih dari sekadar menguasai matematika dasar saja, tetapi dapat menghubungkan
matematika yang dipelajari di sekolah dengan situasi di luar sekolah yang juga
membutuhkan pemecahan masalah dan penilaian kritis dalam nonmatematika.
Pandun Numerasi Pada Mata
Pelajaran Matematika Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat
Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Selengkapnya,
Paparan Serta Download Pandun Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang
SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak
Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi:
Link
Download Pandun Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang SMP - Direktorat
Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi (Klik Disini).
Demikian
Artikel Terbaru Terkait Pandun Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang
SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak
Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "Pandun Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.