Peran Guru PAUD, Guru Pendidikan Anak Usia Dini
DAPODIK.co.id - Peran Guru PAUD, Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Menurut bahasa, guru diambil dari bahasa Arab yaitu „alima - ya‟lamu, yang artinya mengetahui. Dengan arti tersebut, maka guru dapat diartikan “orang yang mengetahui atau berpengetahuan”. Seorang guru tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi juga merupakan sosok yang menjadi panutan bagi anak-anak didiknya. Pekerjaan yang tidak mengenal tanda jasa ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia, yang hanya mengharap kepada anak-anak didiknya untuk menjadi generasi penerus yang unggul.
Peran Guru PAUD, Guru Pendidikan
Anak Usia Dini
Seorang
guru adalah sosok pridadi yang bisa menjadi panutan dan teladan, karena dari
setiap perkataan, perbutan, dan tingkah lakunya akan menjadi sorot pandang bagi
anak didiknya. Banyak yang mengatakan bahwa guru itu adalah seseorang yang
“digugu dan ditiru”. Artinya orang yang memiliki kharisma dan wibawa yang perlu
ditiru dan diteladani. Seorang guru Paud yang ideal selain memiliki kemampuan
professional sesuai standar yang ditetapkan semestinya juga membekali diri
dengan berbagai wawasan dan pengetahuan tentang anak didiknya.
Wawasan
tersebut sangat diperlukan agar guru dapat mengenali karakteristik anak
didiknya dengan baik, meliputi pengenalan tentang perkembangan fisik motorik,
kognitif, bahasa, sosial emosional, moral keagamaan, seni dan kreativitas
termasuk permasalahan yang ditemui dalam berbagai aspek perkembangan tersebut.
Tugas
guru PAUD bukan hanya mengajar tetapi yang lebih penting adalah bagaimana
memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan, juga belajar anak. Untuk dapat
berperan sebagai fasilitator tentunya guru PAUD harus memiliki pemahaman yang
jelas tentang belajar. Belajar terjadi karena ada proses yaitu interaksi antara
individu dengan lingkungan. Interaksi dengan lingkungan menimbulkan pengalaman,
sedangkan hasil yang dicapai setelah belajar adalah prilaku yang meliputi
pengetahuan sikap dan keterampilan.
Terdapat
beberapa unsur-unsur dalam belajar antara proses atau kegiatan, pengalaman,
perubahan prilaku sebagai seorang guru Paud harus pula memahami prinsip-prinsip
belajar anak. prinsip belajar merupakan ketentuan hukuman yang harus dijadikan
pegangan dalam pelaksanaan kegiatan belajar sebagai suatu hukum prinsip belajar
akan sangat menentukan proses dan hasil belajar.
Djaja
Djadjuri (1997) mengemukakan bahwa belajar anak berbeda dengan belajar orang
dewasa karena anak belajar setiap saat. Prinsip belajar anak akan memberikan
implikasi terhadap tugas guru, adapun prinsip belajar anak sebagai berikut:
Anak adalah pembelajaran aktif, belajar anak dipengaruhi pematangan. Belajar
anak dipengaruhi lingkungan anak belajar melalui kombinasi pengalaman fisik dan
interaksi sosial anak-anak belajar dengan gaya yang berbeda yaitu anak belajar
melalui bermain.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang Peran Guru PAUD, Guru Pendidikan Anak Usia Dini, terima
kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini.
Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "Peran Guru PAUD, Guru Pendidikan Anak Usia Dini"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.