MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
DAPODIK.co.id - MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Pendidikan Nasional memiliki fungsi dan tujuan yang mulia sebagaimana dirumuskan dalam Pasal 3 UU 20 Tahun 2003 yaitu Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional
menyusun Kurikulum yang diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik
menjadi kompetensi yang bersifat produktif dan kontributif dan pada akhirnya
menghasilkan warga negara yang tidak hanya mampu memberikan kehidupan layak
bagi dirinya tetapi juga mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat
dan bangsa.
Kurikulum
yang digunakan suatu di suatu satuan pendidikan tentunya akan mempengaruhi
strategi pemenuhan kebutuhan dan potensi peserta didik, dengan tetap
memperhatikan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan. Hal ini perlu
diakomodir dalam kurikulum satuan pendidikan untuk mengetahui lebih jelas
mengenai strategi pelaksanaan kurikulum yang mengedepankan pembelajaran fleksibel dan
penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila yang terintegrasi pada
semua mata pelajaran. Kurikulum satuan pendidikan dapat dilaksanakan dengan
baik apabila menjalin kerjasama dengan berbagai pihak antara lain kepala
sekolah, guru, konselor, dan tenaga pendidik lainnya sebagai mitra kerja. Guru
mengupayakan tercapainya pembelajaran melalui kegiatan belajar mengajar, konselor mengupayakan tercapainya
tugas perkembangan melalui kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling yang
memandirikan, sedangkan kepala sekolah dan tenaga pendidik memfasilitasi demi
lancarnya proses belajar mengajar.
Dalam
upaya memperoleh capaian pembelajaran, yang memiliki makna luas, Bimbingan dan
Konseling sebagai bagian integral dari system pendidikan di sekolah memiliki
karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran. Layanan Bimbingan dan
Konseling membantu peserta didik mencapai tugas perkembangannya melalui Capaian
Layanan Bimbingan dan Konseling yang merupakan dokumen utama dalam rangka
bagian dari pengembangan kurikulum satuan pendidikan.
Layanan
Bimbingan dan Konseling di SMP dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling/ konselor/Konselor sesuai dengan tugas pokoknya dalam upaya membantu
tercapainya tujuan pendidikan nasional, dan khususnya membantu peserta
didik/konseli mencapai perkembangan diri yang optimal, mandiri, sukses,
sejahtera dan bahagia dalam kehidupannya. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan melakukan kolaborasi
dan sinergitas kerja antara Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor, guru mata
pelajaran, pimpinan sekolah/madrasah, staf administrasi, orang tua, dan pihak
lain yang dapat membantu kelancaran proses dan pengembangan peserta
didik/konseli secara utuh dan optimal dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir.
MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN
DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Tujuan
Model Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP ini bertujuan untuk menginspirasi
Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan. Layanan pendidikan
psikoedukasi diberikan kepada peserta didik/konseli agar dapat mencapai
kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya. Tugas-tugas perkembangannya yang
mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, karir diharapkan dapat dikembangkan
secara utuh dan optimal.
Model
inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling ini merupakan panduan untuk Guru
Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan dalam menyusun program
Bimbingan dan Konseling. Selain itu, model ini diharapkan dapat menjadi pedoman
untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikan.
Model
inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling ini terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Pada bagian perencanaan, Guru Bimbingan dan
Konseling/konselor menyusun program Bimbingan dan Konseling atas dasar hasil
dari asesmen kebutuhan peserta didik. Penyusunan program Bimbingan dan
Konseling disampaikan kepada kepala sekolah dan dewan guru sebagai bentuk
membangun kerjasama dan menciptakan dukungan sistem yang kondusif di satuan
pendidikan.
Pelaksanaan program dalam bentuk alternatif-alternatif kegiatan yang akan
menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyusun kegiatan
layanan Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikannya.
Pengguna
MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP):
1. Guru
Bimbingan dan Konseling/konselor, dalam menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan
konseling;
2. Kepala
sekolah dalam memfasilitasi terselenggaranya layanan, supervisi, dan evaluasi
layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan;
3. Komite
sekolah dalam memberikan dukungan bagi penyelenggaraan bimbingan dan konseling;
4. Pengawas
sekolah dalam melaksanakan supervisi dan pembinaan penyelenggaraan program
pendidikan di sekolah, khususnya bimbingan dan konseling;
5. Dinas
pendidikan dalam menetapkan kebijakan yang mendukung penyelenggaraan bimbingan
dan konseling di sekolah;
6. Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan
Jasmani dan Bimbingan dan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) dalam mengembangkan
sebagai bahan sosialisasi, pelatihan, dan atau bimbingan teknis;
7. Lembaga
pendidikan calon Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyiapkan calon
Guru Bimbingan dan Konseling/konselor; dan
8. Organisasi
profesi bimbingan dan konseling dalam memberikan dukungan dalam pengembangan
profesionalisme anggotanya, terutama Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
Paparan
Serta Download MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP):
Link
Download MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP) Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.