Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru Zaman Sekarang
DAPODIK.co.id - Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru Zaman Sekarang . Guru pada zaman sekarang ini dituntut lebih profesional, lebih handal, lebih kompeten, itu sudah menjadi tuntutan masyarakat modern, maka wajar dan pantas bahwa sekarang ini menulis dalam bentuk publikasi ilmiah adalah sarana untuk meningkatkan kemmampuan guru dalam pengembangan profesi mereka lebih maju.
Publikasi ilmiah dapat dimaknai sebagai
upaya untuk menyebarluaskan suatu karya pemikiran atau gagasan seseorang atau
sekelompok orang dalam bentuk ulasan ilmiah dan laporan penelitian baik yang
sederhana seperti Penelitian Tindakan Kelas dan juga penelitian yang lebih
kompleks, makalah, buku atau artikel.
Publikasi
ilmiah yang dilakukan guru pada dasarnya
merupakan wujud dari profesionalisme guru. Steven R.Covey,
(BPSDM-Kemendikbud, 2012) menyebutkan bahwa kegiatan publikasi ilmiah adalah
salah satu bentuk upaya untuk memperbaharui mental.
Seiring dengan dikukuhkannya guru sebagai jabatan fungsional
(Kepmenpan No. 84/1993). Jika dikaji lebih dalam, Isi Keputusan Menteri
ini sebenarnya telah memberikan pesan tidak langsung kepada kita bahwa pada
dasarnya guru adalah seorang ilmuwan. Hal ini sejalan dengan pemikiran Oemar
Hamalik (2003) bahwa salah satu peran guru adalah sebagai ilmuwan, yang
berkewajiban tidak hanya menyampaikan pengetahuan yang dimiliki kepada
muridnya, akan tetapi juga berkewajiban mengembangkan pengetahuan itu dan terus
menerus memupuk pengetahuan yang dimilikinya. Dengan kata lain, guru
berkewajiban untuk membangun tradisi dan budaya ilmiah,
Kegiatan
publikasi ilmiah guru semakin diperkuat dengan hadirnya Permenpan dan RB No. 16
tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Semula
kewajiban publikasi ilmiah hanya dikenakan kepada guru yang akan naik pangkat
dari Golongan IV.a ke atas. Namun berdasarkan Permenpan dan RB ini, kegiatan
publikasi ilmiah guru harus dilakukan oleh guru yang akan naik ke golongan III.c
Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi
Guru Zaman Sekarang
Merujuk pada Permenpan dan RB No. 16
tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, berikut ini disajikan bentuk-bentuk kegiatan publikasi
ilmiah yang dapat
dilakukan guru dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan:
1. Presentasi pada forum ilmiah:
·
Menjadi
pemrasaran/nara sumber pada koloqium atau diskusi ilmiah.
2.
Melaksanakan publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan formal.
·
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan diedarkan
secara nasional atau telah lulus dari penilaian BNSP
·
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat
nasional yang terakreditasi.
·
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat
provinsi.
·
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah tingkat kabupaten/
kota.
·
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya,
diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan.
·
Membuat
makalah berupa tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran
pada satuan pendidikannya, tidak diterbitkan, disimpan di perpustakaan.
·
Membuat
Tulisan Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya.
·
Membuat
Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dimuat di media masa tingkat nasional.
·
Membuat
Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dimuat di media masa tingkat provinsi (koran daerah).
·
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya.
·
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang terakreditasi
·
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang tidak
terakreditasi/tingkat provinsi.
·
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/
sekolah/madrasah dst.nya).
3. Melaksanakan
publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru:
·
Membuat
buku pelajaran per tingkat/buku pendidikan per judul.
·
Buku
pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP.
·
Buku
pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN.
·
Buku
pelajaran dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN.
·
Membuat
modul/diktat pembelajaran per semester.
·
Digunakan
di tingkat Provinsi dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Provinsi.
·
Digunakan
di tingkat kota/kabupaten dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan
Kota/ Kabupaten.
·
Digunakan
di tingkat sekolah/madrasah setempat.
·
Membuat
buku dalam bidang pendidikan.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru Zaman Sekarang.
Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan.
Posting Komentar untuk "Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru Zaman Sekarang"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.