Panduan Pembelajaran & Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA SMA
DAPODIK.co.id – Panduan Pembelajaran & Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA SMA. Kebutuhan peserta didik dalam mengetahui, menghayati, dan melakukan hasil pembelajaran yang bermakna sering terkendala karena masing-masing mata pelajaran memiliki proyek dan target pembelajaran tersendiri. Beban peserta didik juga semakin bertambah berat dan melelahkan karena masing-masing guru menuntut berbagai tagihan kompetensi yang harus dikerjakan secara mandiri. Dalam situasi seperti ini, dibutuhkan sebuah model pembelajaran inovatif berupa proyek kolaborasi antarmata pelajaran yang bisa mengurangi beban kerja peserta didik tetapi tetap mencapai tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Proyek kolaborasi ini juga akan membawa ke arah positif dengan mengedepankan profesionalisme yang menunjang nilai sosial yang tinggi dan sesuai dengan karakter profil pelajar Pancasila yaitu: (1)beriman, bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) berkebinekaan global; (3) gotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif.
Panduan Pembelajaran & Penilaian
Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA SMA
Filosofi
pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, pamong atau pendidik harus mampu
membimbing, mengarahkan, memberi kebebasan berpikir, berkreasi, dan berpendapat
sehingga mampu mengembangkan potensi anak atau peserta didik yang dimiliki
sesuai dengan kodrat alam dan zaman (Ki Hajar Dewantara, 2009). Filosofi tersebut
sesuai dengan pembelajaran abad ke-21 yang menjamin peserta didik memiliki keterampilan
belajar dan berinovasi, termasuk keterampilan menggunakan teknologi dan media
informasi. Keterampilan abad ke-21 sangat diperlukan agar mampu bertahan dan
unggul dari pengaruh luar yang negatif, juga harus mampu menyaring hal positif
untuk diadaptasi dalam kehidupannya (Simarmata, 2020).
Pembelajaran
berbasis proyek merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam memenuhi tuntutan pembelajaran abad ke-21. Namun, pada kenyataannya terkadang kebutuhan anak dalam mengetahui, menghayati, dan melaksanakan hasil pembelajaran yang bermakna, terkendala dengan proyek tiap mata pelajaran yang
memiliki target dan tujuan pembelajaran tersendiri. Begitu pula guru dalam
mengadministrasikan tagihan beraneka kompetensi belajar siswa menambah beban
dan melelahkan jika dikerjakan secara individu. Selain aspek pengetahuan dan
keterampilan, diperlukan pula terobosan sebagai upaya dalam pembelajaran pada
aspek sikap untuk membentuk serta menguatkan karakter peserta didik yang sesuai
dengan profil pelajar Pancasila. Terdapat beberapa hal yang mencirikan profil
pelajar Pancasila yaitu (1) beriman, bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan
berakhlak mulia; (2) berkebhinekaan global; (3) gotong royong; (4) mandiri; (5)
bernalar kritis; dan (6) kreatif.
Pada
pembelajaran berbasis proyek permasalahan yang dikaji merupakan permasalahan
yang kompleks dan membutuhkan penguasaan berbagai konsep atau materi pelajaran dalam upaya penyelesaiannya, proyek yang dibuat dapat
merupakan proyek dari satu guru atau proyek bersama dari beberapa guru yang mengasuh
pelajaran yang berbeda (Abdullah Sani (2015:172)). Oleh sebab itu kegiatan
pembelajaran proyek tidak harus berdiri sendiri pada satu mata pelajaran
tertentu, melainkan gabungan atau kolaborasi dari berbagai mata pelajaran di
antaranya antarmata pelajaran pada rumpun IPA. Pembelajaran proyek kolaborasi
antarmata pelajaran pada rumpun IPA mendorong guru untuk bekerjasama dengan
guru lainnya pada rumpun IPA untuk mengukur kompetensi tertentu yang dianggap
menjadi inti (core) pembelajaran sehingga tercipta satu tagihan untuk melatih
berbagai kecakapan (one assignmet for various skills). Pembelajaran proyek
kolaborasi tersebut akan mempermudah peserta didik dalam pelaksanaan
pembelajaran dan penilaian karena lebih efektif dan tidak banyak menyita waktu.
Pembelajaran pengetahuan alam menjadi lebih bermakna dengan menghasilkan proyek
kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA.
Tujuan,
buku pembelajaran dan penilaian proyek kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA bertujuan sebagai berikut:
1. Menginspirasi dan
menstimulasi dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian proyek kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA;
2. Mengurangi beban siswa
dalam memenuhi tagihan proyek pada masing-masing pelajaran;
3. Meningkatkan kompetensi
guru dalam mengelola pembelajaran secara kolaboratif.
Ruang
Lingkup, buku ini memberikan gambaran secara utuh terkait pembelajaran dan
penilaian proyek kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA di SMA, yang
memuat hal-hal sebagai berikut:
1. Konsep pembelajaran
berbasis proyek kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA;
2. Implementasi pembelajaran
berbasis proyek kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA;
3. Penilaian berbasis proyek
kolaborasi antarmata pelajaran pada rumpun IPA.
Buku
ini dibuat untuk membahas pembelajaran dan penilaian proyek kolaborasi antarmata pelajaran di SMA khususnya pada rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Pada praktiknya, kolaborasi ini memerlukan komunikasi antar guru mata
pelajaran, peserta didik, dan kebijakan sekolah untuk mendukung keterlaksanaan
pembelajaran kolaborasi. Hal ini sangat menguntungkan bagi peserta didik baik
dari segi waktu, pemahaman konsep, maupun menghubungkan materi antarmata
pelajaran. Bagi guru, hal ini dapat menambah wawasan untuk saling mengaitkan
materi dengan mata pelajaran yang lain. Keuntungan model pembelajaran
kolaborasi adalah menumbuhkan kreativitas dan inovasi baik bagi guru mata
pelajaran maupun siswa.
Selengkapnya,
Paparam Serta Download Panduan Pembelajaran & Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata
Pelajaran pada Rumpun IPA SMA:
Link
Download Panduan Pembelajaran & Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata
Pelajaran pada Rumpun IPA SMA, Klik Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang, Panduan Pembelajaran & Penilaian Proyek Kolaborasi
Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA SMA. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan
Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun
www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di
dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Panduan Pembelajaran & Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA SMA"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.