Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
DAPODIK.co.id - Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Usia dini (0 - 6 tahun) atau yang dikenal dengan “golden period” merupakan periode yang sangat mendasar bagi perkembangan individu karena pada masa ini terjadi pembentukan kepribadian dasar individu, penuh dengan kejadian-kejadian penting dan unik yang meletakkan dasar bagi kehidupan seseorang pada masa dewasa. James J. Heckman, pemenang Nobel bidang ekonomi dalam studinya mengenai Human Capital Policy (2003) mengungkapkan bahwa “investasi yang diberikan pada kelompok penduduk yang berusia dini akan dipetik hasilnya pada tahap-tahap berikutnya dari siklus hidupnya.
Hal
ini terjadi karena kemampuan kognitif dan non kognitif yang diperoleh pada
tahap awal akan memudahkan seseorang untuk belajar”. Anak mempunyai posisi yang
strategis sebagai “cikal bakal” sebuah kelompok masyarakat baru dan menjadi
penentu nasib perjalanan kelompok tersebut. Dengan lingkungan yang mendukung,
anak-anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan berpotensi sebagai agen
perubahan untuk mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat baik di
lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Oleh karena itu, lembaga PAUD dan lembaga
pendidikan sederajat lainnya merupakan sasaran strategis untuk menanamkan
nilai-nilai positif kepada anak usia dini, serta memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.
Untuk mendukung proses pembiasaan hidup bersih dan sehat, lembaga PAUD harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai yang dapat diakses dengan mudah oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas, serta menciptakan lingkungan fisik dan non fisik yang aman, nyaman dan sehat bagi anak untuk tumbuh dan berkembang.
Pengembangan sanitasi di PAUD mengacu ke konsep
pengembangan sanitasi sekolah, yang terdiri dari tiga komponen, yakni :
1. Sarana
Sekolah memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi, terutama akses
terhadap sarana air minum yang aman dari pencemaran, sarana sanitasi (jamban)
yang terpisah antara laki-laki dan perempuan serta fasilitas cuci tangan pakai
sabun.
2. Perilaku
Hidup Bersih dan Sehat
Sekolah
melaksanakan kegiatan pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti
kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara rutin, BAB/BAK di jamban, membuang
sampah di tempatnya dan meminum air yang layak konsumsi.
3. Manajemen
Sanitasi
Adanya dukungan manajemen sekolah untuk mengalokasikan biaya operasional untuk pemeliharaan
dan perawatan sarana sanitasi dan biaya kegiatan PHBS, serta mendorong keterlibatan
masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk berpartisipasi.
Pedoman
Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Untuk
mendukung proses pembiasaan hidup bersih dan sehat, pengelola dan pendidik PAUD
harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mudah diakses oleh
semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas. Dengan prinsip
ketersediaan sarana dan prasarana yang aman, bersih, sehat dan nyaman harus
menjadi perhatian bagi pengelola dan guru Pendidikan Anak Usia Dini yang
sekaligus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan satuan
PAUD dalam mendukung tumbuh dan berkembang bagi peserta didik. Oleh karena itu,
satuan PAUD merupakan sasaran strategis dalam menanamkan nilai-nilai positif
kepada anak usia dini, serta memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih
dan sehat baik bagi peserta didik, keluarga maupun masyarakat.
Pedoman
Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD ini disusun untuk memberikan
acuan tentang bagaimana program dimaksud dapat dilaksanakan di tingkat Satuan PAUD.
Dalam pedoman ini menjelaskan bagaimana satuan PAUD dapat memenuhi sarana dan prasarana
sanitasi yang memadai, layak serta sesuai standar. Bagaimana pula mengenalkan dan
menerapkan PHBS kepada anak-anak PAUD, seperti buang air besar di jamban,
mencuci tangan menggunakan sabun, dan minum air yang sehat. Demikian pula
bagaimana menjaga sarana dan prasarana sanitasi agar bisa berkelanjutan melalui
manajemen program PHBS berbasis PAUD.
Selengkapnya,
Paparan Serta Download Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD):
Link
Download Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD), Klik Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang, Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD). Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke
Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun
www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di
dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.