Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kurikulum Merdeka
DAPODIK.co.id - Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen.
Panduan
Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan
Menengah Kurikulum Merdeka
Pembelajaran
yang dimaksud meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan
pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sementara asesmen adalah
aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran.
Dalam
panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen
memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian
asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang
diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan
kompetensi peserta didik.
Pemerintah
telah menetapkan Capaian Pembelajaran yang menjadi rujukan utama dalam
pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan -intrakurikuler1.
Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
yang dimulai dari menganalisis capaian pembelajaran , tujuan pembelajaran mengembangkan
alur tujuan pembelajaran, modul ajar, serta asesmen pada awal pembelajaran dan pembelajaran
terdiferensiasi.
Dokumen
ini juga memuat perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. PPA difokuskan
untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan
profil pelajar Pancasila disampaikan dalam dokumen terpisah.
Catatan
:
Cara
Menggunakan Panduan
Satuan
pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran,
perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta
didik, satuan pendidikan, dan daerahnya. Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk
menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen
berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.
Dalam
penggunaannya, dokumen ini perlu memperhatikan beberapa regulasi lain:
· Keputusan
Mendikbudristek tentang Kurikulum
Merdeka;
· Keputusan
Kepala BSKAP tentang Profil Pelajar
Pancasila; dan
· Keputusan
Kepala BSKAP tentang CapaianPembelajaran.
Selengkapnya,
Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,
dan Menengah Kurikulum Merdeka:
Link
Download Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan
Dasar, dan Menengah Kurikulum Merdeka, Klik Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Terkait Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia
Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kurikulum Merdeka, Semoga Ada Manfaatnya.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kurikulum Merdeka"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.